PENGARUH PEMAHAMAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SMK PONTREN DARUSSALAM DEMAK

Riadi Slam Slamet Riadi*  -  Universitas Sultan Fatah Demak, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian tentang Pengaruh Pemahaman Bimbingan Konseling Terhadap Prestasi Belajar PAI SMK Pontren Darussalam Demak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman bimbingan konseling, untuk mengetahui prestasi belajar PAI, dan untuk mengetahui adakah pengaruh pemahaman bimbingan konseling terhadap prestasi belajar PAI SMK Pontren Darussalam Demak.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunkan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan pengambilan sampel metode random sampling dan teknik analisis data menggunakan rumus regresi dengan diakhiri menggunakan uji keberartian regresi.

Hasil dari penelitian pengaruh pemahaman bimbingan konseling terhadap prestasi belajar PAI SMK Pontren Darussalam Demak Tahun Pelajaran 2016/2017 ini yaitu kontribusi atau sumbangan pengaruh sebesar 31,4 %, sedangkan sisanya sebesar 68,6 % dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulan penelitian ini mengatakan bahwa ada pengaruh dan signifikan antara pemahaman bimbingan konseling terhadap prestasi belajar PAI.

Keywords: Pemahaman Bimbingan Konseling, Prestasi Belajar PAI.

  1. Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  2. Aqib, Zainal. 2014. Ikhtisar Bimbingan & Konseling di Sekolah, Bandung: Penerbit Yrama Widya.
  3. Buana Putra, Andi Riswandi, “Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kecenderungan Perilaku Agresif Peserta Didik di SMKN 2 Palangka Raya tahun pelajaran 2014/2015,” Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 1 No. 2 2460-1187.
  4. Daryono, 2014, “Model bimbingan Konseling Komprehensif di SMA,” Jurnal Bimbingan Konseling, 3 (2), 2252-6889
  5. Departemen Agama, 2007, Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan, Jakarta: Sekretariat Ditjen Pendidikan Islam.
  6. Departemen Agama, 2005, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: PT. Syamil Cipta Media.
  7. Fathor Rochman Utsman, 2015, Panduan Statistika pendidikan, Jogjakarta: Diva Press.
  8. Hidayat, Ara dan Imam Machali, 2010, Pengelolaan Pendidikan, Bandung: Pustaka Educa.
  9. Jalaludin, 2009, Psikologi Agama, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  10. Purwanto, 2010, Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk psikologi dan pendidikan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
  11. Rohman, Noer, 2013, Pengantar Psikologi Agama, Yogyakarta: Teras.
  12. Sudijono, Anas, 2012, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  13. Sudjana Nana, 2016, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  14. Singarimbun. Masri, 2001, Pendekatan Metode Penelitian, Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosda Karya.
  15. Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  16. W.S. Winkel dan M.M. Sri Hastuti, 2013, Bimbingan Konseling di Institusi Pendidikan, Yogyakarta: Media Abadi.

Open Access Copyright (c) 2019 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats
apps