KONTRIBUSI KOMPETENSI PROFESIONAL, KEPUASAN KERJA, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU

Matori H*  -  , Indonesia

(*) Corresponding Author

Setiap guru wajib menunjukkan kinerjanya melalui optimalisasi tugas pokok guru merencanakan program, melaksanakan program pengajaran, dan melaksanakan hubungan pribadi siswa. Apabila ketiga hal tersebut dapat dilakukan guru maka akan meningkatkan kinerjanya. Kinerja guru mempunyai kedudukan yang penting dalam rangka peningkatan dan pengendalian mutu pendidikan. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah: 1) untuk mengetahui kontribusi kompetensi profesional terhadap kinerja guru; 2) untuk mengetahui kontribusi kepuasan kerja terhadap kinerja guru; 3) untuk mengetahui kontribusi motivasi terhadap kinerja guru; dan 4) untuk mengetahui kontribusi kompetensi profesional, kepuasan kerja, dan motivasi terhadap kinerja guru secara bersama-sama.

Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru sejumlah sebanyak 73 guru dari 12 sekolah MI se-Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang, dengan sampel yang digunakan sebesar 62 orang responden menggunakan teknik teknik simple random sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji asumsi klasik..

 

Kata kunci: kompetensi profesional, kepuasan kerja, motivasi kerja, dan kinerja guru

  1. Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan Berbasis Mutu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. As'ad, Mohammad. 2004. Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberty.
  4. Bacal, R. 2001. Performance Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  5. Budiyono, Amirullah Haris. 2004. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  6. Bye, Dorothea,. Pushkar, Dolores,. Conway, Michael. 2007. Motivation, Interest, And Positive Affect In Traditional And Nontraditional Undergraduate Students. Quebec, Canada : Concordia University.
  7. Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate: Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
  8. Handoko, T. Hani. 2003. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
  9. Hasibuan, Melayu SP. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gunung Agung.
  10. Jalal. 2001. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adi Cita.
  11. Kim, Inyoung., Loadman, William. E. Predicting Teacher Job Satisfaction. The Ohio State University.
  12. Kuncoro, Mudrajad 2001. Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
  13. Leonard, Lawrence J,. and Leonard, Pauline E. 2005. Achieving Professional Community In Schools: The Administrator Challenge. Planning and Changing; 2005; 36, 1/2; Academic Research Library
  14. Mulyasa. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  15. Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandu
  16. Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  17. Nurdin, Syarifuddin. 2005. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Quantum Teaching.
  18. Ololube, Nwachukwu Prince. 2005. Teacher Job Satisfaction And Motivation For School Effectiveness: An Assessment. University of Helsinki Finland.
  19. Pidarta. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
  20. Reis, Dayr & Pena, Leticia. 2001. Reenginering The Motivation To Work. Wisconsin: University of Winconsin.
  21. Rivai, Veithzal. 2004. Kiat Memimpin dalam Abad Ke-21. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  22. Robinson, Anjar. 2004. Asas-asas Praktik Mengajar. Jakarta: Bharata Niaga Media.
  23. Sedarmayanti. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Refika Aditama.
  24. Setiaji, Bambang. 2006. Panduan Riset dengan Pendekatan Kuantitatif. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
  25. Sulistiyani, Ambar Teguh dan Rosidah. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  26. Trianto & Titik Triwulan Tutik. 2007. Sertifikasi Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  27. Usman. Moh Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
  28. Van Voorhis Richard W, Levinson Edward M. 2006. Job Satisfaction Among School Psychologists: A Meta-Analisys. Canton City School, OH, Indianan University of Pennsylvania.
  29. Wexley, Kenneth N. dan Gary A. Yukl. 2004. Organizational Behaviour and Personnel Psychology. Penerjemah Muh. Shobaruddin. Jakarta: Rineka Cipta.

Open Access Copyright (c) 2016 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats
apps