Pengembangan E-Book Interaktif Tumbuhan Berbiji dengan Pendekatan Saintifik dan Kontekstual

Rizka Okta Oktafiani    -  Pascasarjana Pendidikan IPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Amin Retnoningsih*  -  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Thalita Widiatiningrum  -  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Research Instrument

Pengembangan e-book interaktif merupakan solusi karena menjadi sumber belajar buku yang berbasis digital. Pengembangan e-book dirancang menggunakan pendekatan saintifik dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book interaktif dengan pendekatan saintifik dan kontekstual serta mengukur tingkat kelayakan dan keterbacaan e-book. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan desain pengembangan model 4-D (Four D models) oleh S. Thiagarajan, Dorothy dan Melvyn I. Semmel. Hasil pengembangan e-book diuji kelayakan dan  keterbacaan. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 84.1 % dengan kriteria layak sedangkan hasil validasi ahli media memperoleh  rata-rata 95,2 %.  Hasil dari kelayakan e-book selanjutnya diujicobakan keterbacaan dan kepraktisan kepada guru dengan hasil 95 % dan 20 siswa dengan skala kecil memperoleh hasil 96% dengan kriteria sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa e-book memiliki kriteria sangat baik karena memenuhi indikator yang ditentukan sebagai dasar penilaian sebagai sumber belajar untuk SMA/MA yang layak, praktis, dan efektif.

Supplement Files

Keywords: E-Book Interaktif, Tumbuhan Berbiji, Kontekstual, Saintifik

  1. Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara
  2. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Standar Isi Pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MS/SMK. Jakarta.
  3. Fitriani, I,. Rohayati, S. (2018). Pengembangan E-Book Berbasis Android Dengan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak Kelas Xii Akuntansi Di Smk Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Akuntansi; Volume 7 Nomor 1 Tahun
  4. Jannah N, Fadiawati N, Tania L. 2017. Pengembangan E-book Interaktif Berbasis Fenomena Kehidupan Sehari-hari tentang Pemisahan Campuran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, Vol. 6, No.1 Edisi April 2017, 186-198
  5. Jayanti, dkk. (2019). Pemanfaatan akses dan sumber belajar digital dalam mendukung peningkatan profesionalitas guru akuntansi di SMA N 3 Sukuharjo. Tesis magister.
  6. Marzuki, M. (2015). Pengembangan Modul Plantae Berbasis Guide Discovery Learning Terintegrasi Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Lombok Timur. Tesis Magister Pendidikan Sains Universitas Sebelas Maret
  7. Nurdin, A. 2016. Penerapan E-Book Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Pencemaran dan Perubahan Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Waled. Skripsi IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  8. Noviyanti, E. (2017). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Literasi Sains Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional.
  9. Puspitasri, A., Rakhmawati. L. (2013). Pengembangan e-Book interaktif pada mata kuliah elektronika digital.Jurnal pendidikan teknik elektro, vol 2 no 2.
  10. Retnoningsih, A. (2018). Kunci Determinasi Tumbuhan Untuk Sekolah Menengah Atas, Fakultas MIPA Unnes,
  11. Retnoningsih, A. (2018). Plantae Module Berpendekatan jelajah alam sekitar Materi klasifikasi tumbuhan untuk SMA kelas X.. Fakultas MIPA Unnes
  12. Restiyowati I, Sanjaya 1. 2012. Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA. Unesa Journal of Chemical Education.
  13. Rosida, Fadiawati,. Jalmo T,.( 2017). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar E-Book Interaktif Dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika Vol 5 No 1
  14. Shiratuddin, Norshuhada dkk. 2003. Ebook technology and its potential Application in Distance Education. Journal of Digital Information, Vol 3, No 4
  15. Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
  16. Sriwahyuni, I,. Risdianto E., & Johan H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Profesional pada Materi Alat – alat Optik di SMA. Jurnal Kumparan Fisika. Vol 2 (3): 145 – 152.
  17. Wahyu, S., Ismai., Abdul. G. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technologi
  18. Widhiarta P U. 2009. Pemanfaatan E-Learning Sebagai Alternatif Pengganti Pelatihan Tatap Muka Bagi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF - Vol. 4, No.2
  19. Yulianti, E., N. Fadiawati, dan L. Tania. 2015. Pengembangan E-book Interaktif Laju Reaksi Berbasis Representasi Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(2): 117-128.
  20. Yunianto, T. (019). Flip Builder: Pengembangannya Pada MediaPemebelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar. Vol 6 (2).
  21. Zahara N, Djufri,. Muhibbuddin. (2014). Optimalisasi Pembelajaran dengan Menggunakan E-Book dan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningktakan Hasil

Open Access Copyright (c) 2022 Bioeduca : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/index
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps