Supp. File(s): Research Instrument
Pascasarjana Pendidikan IPA, Universitas Negeri Semarang - Indonesia
ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6089-7372
Pengembangan e-book interaktif merupakan solusi karena menjadi sumber belajar buku yang berbasis digital. Pengembangan e-book dirancang menggunakan pendekatan saintifik dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book interaktif dengan pendekatan saintifik dan kontekstual serta mengukur tingkat kelayakan dan keterbacaan e-book. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan desain pengembangan model 4-D (Four D models) oleh S. Thiagarajan, Dorothy dan Melvyn I. Semmel. Hasil pengembangan e-book diuji kelayakan dan keterbacaan. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 84.1 % dengan kriteria layak sedangkan hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata 95,2 %. Hasil dari kelayakan e-book selanjutnya diujicobakan keterbacaan dan kepraktisan kepada guru dengan hasil 95 % dan 20 siswa dengan skala kecil memperoleh hasil 96% dengan kriteria sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa e-book memiliki kriteria sangat baik karena memenuhi indikator yang ditentukan sebagai dasar penilaian sebagai sumber belajar untuk SMA/MA yang layak, praktis, dan efektif.
Supplement Files
Keywords: E-Book Interaktif, Tumbuhan Berbiji, Kontekstual, Saintifik