Supp. File(s): Research Instrument
Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Medan - Indonesia
Pendidikan Biologi, FMIPA
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan untuk mendapatkan hasil dari Implementasi Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan di SMA Negeri 3 Medan. Sistem implementasi ini dilakukan dalam dua siklus, masing - masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan (observation) dan refleksi. Terdapat 13 Kelas XI MIA sebagai populasi penelitian, di mana siswa kelas XI MIA-8 yang berjumlah 42 orang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan sebagai subjek penelitian ini. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Peningkatan hasil belajar siswa mengalami perubahan yakni 85,71% pada siklus ke I dan 97,62% pada siklus ke II. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dan masuk ke dalam kategori tinggi.
Supplement Files
Keywords: discovery learning; hasil belajar; pembelajaran biologi