The Effect Of Usability Perception And Easy Perception Of Real Use In Online Purchasing Transactions

Surya Adi Rahman*  -  STIE Bank BPD Jateng, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengguna Instagram dalam keperluan transaksi pembelian produk dengan meliputi variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, variabel penggunaan nyata dan variabel minat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna Instagram yang sudah pernah melakukan transaksi pembelian produk melalui Instagram di kalangan mahasiswa Kota Semarang, jumlah responden 65 Mahasiswa.

Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara langsung variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan berpengaruh secara langsung terhadap penggunaan nyata dan secara tidak langsung langsung persepsi kegunaan, persepsi kemudahan berpengaruh secara langsung terhadap penggunaan nyata melalui minat menggunakan.

Data dalam Tabel 4.30 menunjukkan nilai R Square sebesar 0,517, hal ini menunjukan bahwa 51,7% variabel independen dan variabel intervening mampu menjelaskan variabel dependen. Variabel persepsi kegunaan, variabel kemudahan dan variabel minat mampu menjelaskan variabel penggunaan nyata, sedangkan sisanya sebesar 49,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

  1. Arafat Shahed & Saba Tanzila. (2016). Social Media Marketing Vs Social Media Commerce: a Study of Social Media’s Effectiveness on Increasing Businesses’ Sales. Journal of Business and Technovation, 4(3(ISSN: 2414-245X), 134-145.
  2. Perangin-angin Widia Afriani, Agustini Dyah Respati dan Maharani Dhian Kusumawati. (2016). Pengaruh Perceived Usefullness dan Perceived Ease of Use terhadap Attitude Toward Using E-Faktur. Journal of Research in Ecomonics and Management, Volume 16, No. 2, 307-322.
  3. Alomary, A., & Woollard, J. (2015). How is Technology Accepted By Users? A Review of Technology Acceptance Models and Theories. Proceedings of The IRES 17th International Conference, London, United Kingdom, 1-4 978-93-85832-48-2.
  4. Arief Wibowo. (2018). Kajian Tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jakarta Selatan: Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur.
  5. Azuan Hashim Noor. (2017). Embracing the Instagram Waves – The New Business Episode to the Potential Entrepreneurs. Journal of Entrepreneurship and Business Innovation, 13-29.
  6. Bayu & Nugraha. (2012). Perilaku Komunikasi Pengguna Aktif Instagram.
  7. Davis Fred D. (1980). A Technology Acceptance model For Empirically Testing New End-User Information Systems: Theory and Results. Industrial Engineering, Wayne State University.
  8. Fischer E. (2011). Social interaction via new social media: how can interactions on Twitter affect effectual thinking and behaviour. Journal of Business Venturing, 26 (1), 1–18.
  9. Fishbein Martin & Ajzen Icek. (1975). Belief Attitude Intention and Behavior. Adisson Wesley Publishing Company.
  10. Ghozali Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  11. Hanggono Aditya Arie, Siti Ragil Handayani, Heru Susilo. (2015). Analisis atas Praktek TAM (Technology Acceptance Model) Dalam Mendukung Bisnis Online dengan Memanfaatkan Jejaring Sosial Instagram. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 26 No. 1, 1-9.
  12. Indrajit Richardus Eko. (2001). E-Commerce: Kiat dan Strategi Bisnis di Dunia Maya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
  13. Indrayana Bayu, Kudang Boro Seminar, dan Bagus Sartono. (2016). Faktor Penentu Minat Penggunaan Instagram Untuk Pembelian Online Menggunakan TechnologyAcceptance Model (TAM) dan TheoryofPlanned Behavior (TPB). Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 2 No. 2(E-ISSN: 2460-7819), 138-147.
  14. Jogiyanto. (2008). Sistem Indormasi Kperilakuan. Yogyakarta: Andi.
  15. Khakim Kharisma Nur. (2011). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerimaan dan Penggunaan Software Akuntansi MYOB Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.
  16. Magie, Anna Ashlock. (2008). An Analysis of Lifestyle, Shopping Orientations, Shopping Behaviors and Shopping Involvement Among Teens Aged 13 to 18 in The United States. ProQuest Dissertations and Theses.
  17. Mujiyana, Ingge Elissa. (2013). Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi. J@TI Undip, Vol VIII, No 3, 143-152.
  18. Nasri Wadie & Charfeddine Lanouar. (2012). Factors affecting the adoption of Internet banking in Tunisia: An integration theory of acceptance model and theory of planned behavior. The Journal of High Technology Management Research, Volume 23(1), 1-14.
  19. Novianti Astrid Widya, Dudi Pratomo, & Kurnia. (2017). Faktor Penentu Minat Penggunaan Instagram Untuk Pembelian Onine Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). e-Proceeding of Management, Vol.4, No.2(ISSN : 2355-9357), 1628-1636.
  20. Selwendri dan Rumyeni. (2016). Implementasi Technology Acceptance Model dalam Aktivitas Belanja Online Melalui Media Sosial Instagram di Kalangan Mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol. 7 No. 1, 76-103.
  21. Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
  22. Venkatesh Viswanath & Davis Fred D. (2000). A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies. Management Science, Vol. 46, No. 2, February(1526-5501 electronic ISSN), 186–204.
  23. Walker RH, LW Johnson, S Leonard. (2006). Re-thinking the conceptualization of customer value and service quality within the service-profit chain. Managing Service Quality, 23-36.
  24. Wida Putu Ayu Mira Witriyanti, Ni Nyoman Kerti Yasa,I Putu Gde Sukaatmadja. (2016). Aplikasi Model TAM (Technology Acceptance Model) Pada Perilaku Pengguna Instagram. Universitas Udayana.

Open Access Copyright (c) 2019 Journal of Digital Marketing and Halal Industry
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

apps