KONSTRUKSI AYAT - HADITS EKONOMI DI MEDIA CETAK

Amelia Rahmi*  -  Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

According to Islam, poverty is a serious problem that should be given serious solution as well. Hence Islam explained the problem of poverty an social inequality in detil, both in the aspect of conception and real solution. The article examines the construction verses and hadiths about economiy contained in Nurul Hayat magazine. By applying semiotic analysis of Roland Barthes to study of Nurul Hayat magazine on February 2015, result show that Nurul Hayat implement Islamic pattern in constructing news and articles. Al-Qur’an verses that are relevant to the theme most of them written with Latin letters and explanation given meaning by Indonesia and simple style of delivery, but for economy hadith, besides written with Arabic letters plus the means. Accurate references, credible source in explaine that theme. Thus, seem that the message was not revealed various meaning, but focusing on the understanding. In addition Nurul Hayat wrote that news and article with prescriptive description, enriched with illustration of famous preacher like Syech Ali Jaber. Charity organized in the dawn of Islam have also been known since the first Java Community with “sedekah laut” and “sedekah bumi”. It was an expression of gratitude to the Almighty God of his success.

-----------------------------------------------------------------

Menurut ajaran agama Islam, kemiskinan merupakan problem serius yang harus diberikan perhatian secara serius pula. Karenanya, Islam menjelaskan masalah kemiskinan dan kesenjangan sosial ini secara detail, baik pada aspek konsepsi maupun solusinya. Artikel ini mengkaji tentang konstruksi ayat dan hadits tentang ekonomi yang terdapat dalam Majalah Nurul Hayat. Dari penelitian terhadap majalah Nurul Hayat edisi Februari 2015 dengan menerapkan analisis semiotik model Roland Barthes, diperoleh hasil, majalah Nurul Hayat dalam mengkonstruksi berita maupun artikel mengimplementasikan pola informasi Islami. Ini terlihat dari penggunaan sumber yang jelas, rujukan yang tepat dan gaya penyampaian yang santun. Selain itu dalam menuliskan tema headline dengan pilihan kombinasi antara  jenis Banner Headline dengan jenis Spread Headline yang diberi nuansa seni dan ukuran huruf yang mencerminkan sifat tegas/ kuat dan artistik. Ayat suci al Qur’an yang relevan dengan tema kebanyakan ditulis dengan huruf Latin dan diberikan penjelasan makna dalam Bahasa Indonesia, serta gaya penyampaian yang sederhana. Namun untuk hadits ekonomi juga ditulis dalam bentuk tulisan Arab (asli) ditambah terjemahan. Selain itu, berita diperkaya dengan ilustrasi tausiyah dai kodang yang kredibel,dan bersifat preskriptif. Sedekah subuh yang dianjurkan dalam Islam juga telah dikenal masyarakat Jawa secara luas dengan bentuk sedekah laut, sedekah bumi dan sejenisnya, sebagai ungkapan terima kasih kepada Tuhan Yang Esa atas rezeki yag diperoleh.

 

  1. Bowan, Stanley J.Jennis K Davis. Mass Communication Theory: Foundation, Ferment & Future (seventh edition). http://books.google. com/books?isbn=1285972643 . Diakses 25-2-15 pukul 12.10 WIB.
  2. Hendry, Sierin Hamelia. ”Pengaruh Tampilan Fisik Model Perempuan Majalah Gogirl Terhadap Body Image Kalangan Remaja Puteri SMA ST Thomas Aquino. http//books.google.com/ books?isbn=9791583056.Beyond Borders: Communications Modernity and History. Dalam Communication Research Conference Proceeding. Diakses 25-2-2015 pukul 11.45 WIB
  3. https://muslim.or.id/26166- majalah-gratis-kabar-dakwah-edisi- zulhijah.html, akses 27 Agustus 2016
  4. http://altajdidstain.blogspot. com/2011/02/majalah-sebagai-media- dakwah.html, akses 27 Agustus 2016
  5. Majalah Nurul Hayat (NH News)-suplemen. edisi 26. Februari
  6. Majalah Nurul Hayat edisi 133. Februari 2015
  7. Matta, M Anis. 2010. Dari Gerakan ke Negara: sebuah rekonstruksi negara Madinah yang dibangun dari bahan dasar sebuah gerakan.Bandung: Fitrah Rabani
  8. Morissan.2008. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi.Jakarta: Kencana
  9. Muladi, Edi. Semiotika Dalam Perancangan (modul 5). Pusat
  10. Pengembangan Bahan Ajar UMB. kk.mercubuana.ac.id//12017-5-891476954310.diakes 6 April 2015 pukul 09.53 WIB
  11. Mulyana, Dedy, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. 2008. Bandung: Remaja Rosda Karya http://www.nurulhayat.org. Raharjo, Turnomo.Memahami Media (makalah dalam Workshop Pola Penyiaran Agama Melalui Radio, diselenggarakan oleh Balitbang Kemenag Semarang, 10 Oktober 2015)
  12. Shobur, Alex.2001. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya
  13. Sudibyo. 2001. Politik Media dan Pertarungan Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  14. Sugiyono.2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
  15. Suhandang, Kustadi, 2016 (cetakan II) Pengantar jurnalistik: Seputar Organisasi, Produk dan Kode Etik, Bandung: Nuansa Cendekia
  16. Suwiknyo, Dwi.2010. Kompilasi Tafsir Ayat Ayat Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  17. Undang Undang No.40 tahun 1999 tentang Pers
  18. Vivian, John. 2008.Teori Komunikasi Massa ( edisi kedelapan). terjemahan Tri Wibowo.Jakarta: Kencana
  19. Warda, Ria. Majalah Sebagai Media Dakwah, Jurnal Al Tajdid STAIN Palopo,http://altajdidstain. blogspot.com/2011/02/majalah- sebagai-media-dakwah.html
  20. Yuliadi, Imamudin. 2010 Ekonomi Islam Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) UMY.

Open Access Copyright (c) 2017 Isamic Communication Journal

Islamic Communication Journal
Published by the Department of Islamic Communication and Broadcasting
Faculty of Da'wa and Communication UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 858-6727-8693 (Admin ICJ)
Website: https://fakdakom.walisongo.ac.id/

ISSN: 2541-5182 (Print)
ISSN: 2615-3580 (Online)


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 
apps