Universitas Wijaya Kusuma Surabaya - Indonesia
PERMODELAN POROSITAS TANAH BERBASIS FUZZY UNTUK PENDUKUNG SERIOUS GAME PENGOLAHAN TANAH
Pada pembuatan serious game bertemakan bajak singkal banyak faktor pendukung untuk memenuhi tujuan sebagai sarana pelatihan. sehingga dapat menampilkan gambaran keadaan senyata mungkin pada saat menjalankannya. Salah satunya porositas tanah, dalam jurnal ini mejelaskan perhitungan porositas tanah menggunakan fuzzy logic. Fuzzy logic sendiri Metode ini dipilih karena sifatnya yang fleksibel, dan memiliki toleransi pada data yang ada. Kelebihan dari metode ini yaitu lebih cepat dalam melakukan komputasi, lebih intuitif, diterima oleh banyak pihak. Oleh karena itu, model tersebut dapat digunakan untuk merancang game serius yang nyata berdasarkan teori dan data
Keywords: Serious Game, porositas tanah, Fuzzy Logic
- Adisusilo, A. K., Hariadi, M., Mulyanto, E., Purwantana, B., & Radi. (2018). Soil porosity modelling for immersive serious game based on vertical angle, depth, and speed of tillage. International Journal of Advances in Intelligent Informatics, 4(2), 107–119. https://doi.org/10.26555/ijain.v4i2.215
- Bagus, G., Budi, A., Tika, I. W., Sucipta, N., Studi, P., Pertanian, T., Pertanian, F. T., & Udayana, U. (2019). Pengolahan Tanah Menggunakan Bajak Singkal Lebih Sedikit Memerlukan Air Irigasi daripada Bajak Rotary The Preparation of Land Using Chisel Plow Requires Less Water Requirement than Rotary Plow Abstrak. Jurnal Beta, 7(1), 120–126.
- Hariyanto, R. D., & Industri. (2019). Penerapan Metode Fuzzy Logic Untuk Pembentukan Perilaku Non Player Charakter Pada Game Petualang Finding Chiko. 3(1), 251–256.
- Caraka, A. A., Haryanto, H., Kusumaningrum, D. P., & Astuti, S. (2015). Logika Fuzzy Menggunakan Metode Tsukamoto. Techno.COM, 14(4), 255–265.
- Indrajit, R. E. (2016). Kajian Penerapan Konsep Serious Games dalam Bingkai Pedagogis: Mencari Konteks Pemenuhan Kebutuhan Pembelajaran Moderen. Universitas Negeri Jakarta, 1–6.
- Adisusilo, A. K., Hariadi, M., Mulyanto, E., Purwantana, B., & Radi. (2018). Soil porosity modelling for immersive serious game based on vertical angle, depth, and speed of tillage. International Journal of Advances in Intelligent Informatics, 4(2), 107–119. https://doi.org/10.26555/ijain.v4i2.215
Copyright (c) 2022 Walisongo Journal of Information Technology
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.