MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI PONDOK PESANTREN RAOUDHOTUT THOLIBIN REMBANG JAWA TENGAH

Nur Hasan*  -  , Indonesia

(*) Corresponding Author

Abstrack

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menemukan tentang penerapan model pembelajaran karakter di pondok pesantren Roudhotut Tholibin Kabupaten Rembang.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yakni lebih melihat seperti apa penerapan media belajar dan pembelajaran berbasis pondok pesantren di Pondok Pesantren. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan dan setelah selasai di lapangan.
Model pembelajaran pendidikan berbasis karakter di Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin terdapat beberapa upaya dan rencana pembentukan karakter pada siswa atau santrinya. Hal ini ditunjukkan tata tertib santri pada buku peraturan disiplin santri, tentang tata tertib disiplin santri seperti menyiapkan petugas piket, etika izin dan berbagai jenis pelanggaran dengan konsekuensi hukuman. Proses pendidikan di Pondok pesantern melalui tahapaan-tahapan pembelajaran dalam hal penguasaan baca tulis dan hafalan al-Qur’an.

Keywords: model pembelajaran, karakter siswa dan pondok pesantren.

  1. Bibiliography
  2. Amin Maswardi (2011) Pendidikan Karakter Anak Bangsa Jakarta Bedouse Jakarta
  3. Muslich Masnur (2011) Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan krisis multidimensional Jakarta Bumi aksara.
  4. Amrin sofan (2011) Implemetasi pendidikan karakter dalam pembelajaran, Presatso Pustaka.
  5. An Nahlawi. (2002) Abdurrohman. Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, di Sekolah dan di Masyarakat (Herry Noer Ali, Pentj) Bandung: CV diponegoroensi praktis Belajar
  6. Arifin, M (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
  7. Darajat, Sayuti. (2010) Studi Evaluatif Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Program Pendidikan Terpadu. (Tesis) Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia
  8. Darajat, Zakiyah. (1992) Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
  9. Ghazali Bahri. (2002) Pesantren Berwawasan Lingkungan. Prasasti. Jakarta.
  10. Haedari, Amir, (2004) Panorama Pesantren dalam Cakrawala Modern.: Diva Pustaka: Jakarta
  11. Heilimy Irfan, (2003) Modernisasi Pesantren: Nuansa :Bandung
  12. Ihsan, Hamdani, Dan Fuad Ihsan (2001) Filsafat Pendidikan Islam. Bandung : Pustaka Setia
  13. Kesuma Darma, (2011) Pendidikan Karakter, Bandung PT. Remaja Rosda karya.
  14. Langgulung, Hasan (1980) Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam. Bandung: Al Ma’arif
  15. Mardalis, (2007) Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: bumi aksara 2007
  16. Marimba, D Ahmad. (1981) Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT Al Ma’arif.
  17. Matta, Anis. (2002) Membentuk Karakter Muslim, Jakarta : Shoutul Haq Press
  18. Muhaimin, (2007) Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Grafindo Persada.
  19. Ramayulis. (2004) Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
  20. Sobur, Alex. (2003) Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia
  21. Sugiyono. (2011) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
  22. Sukardi. (2010) Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  23. Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  24. Surakhmad, Winarno (1994) Pengantar Penelitian Ilmiah ; Dasar, Metoda & Tehnik, Bandung: Tarsito

Open Access Copyright (c) 2016 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats
apps