PENGARUH LAYANAN PROMOSI TERHADAP MINAT MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT

Nur’l Yakin Mch  -  Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia
Isnaeni Nurul Jannah*  -  Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia
Dina Yustisi Yurista  -  Universitas Wahid Hasyim Semarang, Indonesia
Tali Tulab  -  Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh layanan promosi terhadap minat muzakki dalam membayar zakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan subjek penelitian ialah orang yang membayar zakat (muzakki) di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan ke 100 responden sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pedoman bagi Badan Amil Zakat dan Lembaga Amil Zakat dalam membuat program-program guna meningkatkan jumlah muzakkI dan penerimaan dana zakat.

Keywords: Minat, Muzakki, Lembaga Amil Zakat

  1. Ahmad, D. (2015). Bimbingan Penulisan Ilmiah Buku Pintar Menulis Skripsi. Semarang: Unissula Press.
  2. al-Utsaimin, S. M. (2011). Fatwa fi Ahkam al-Zakah: Fiqih Zakat Kontemporer. Surakarta: Alqowam.
  3. Aminuddin, M. (2013). Modul Praktikum Komputasi 3 Teknik Olahan Data Statistika Menggunakan SPSS 17 dan Ms. Excel 2010. Semarang: Unissula Press.
  4. Amir, M. b. (2013). Subulus Salam Syarh Bulughul Maram Jilid 2. Jakarta: Darus Sunnah Press.
  5. Anggraini, D. S. (2018). Peran Media Terhadap Strategi Fundraising via Online di LAZ Nurul Hayat Cabang Semarang. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.
  6. Aulia, T. R. (2008). Kompilasi Hukum Islam: Hukum Perkawinan, Kewarisan dan Perwakafan. Bandung: Nuansa Aulia.
  7. Erwin. (2019). Menyusun Penelitian Kuantitatif untuk Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Araska.
  8. Furqon, U. (2015). Manajemen Zakat. Semarang: CV Karya Abadi Jaya.
  9. Hafifuddin, D. (2008). Zakat dalam Perekonomian Modern . Jakarta: Gema Insani.
  10. Kartika, I. (2019). Pengaruh Religiusitas dan Pendapatan Terhadap Minat Membayar Zakat dengan Kesadaran membayar Zakat sebagai Variabel Intervening. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
  11. Mukhibad, H., Fachrurrozie, & Nurkhin, A. (2019). Determinants of The Intention of Muzakki to Pay Professional Zakat. Share Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 45-67.
  12. Nugroho, A. S., & Nurkhin, A. (2019). Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Pengetahuan, Zakat terhadap Minat Membayar Zakat Profesi melalui BAZNAS dengan Faktor Usia sebagai Viriabel Moderasi. Economic Education Analysis Journal, 866-1285.
  13. Nuha, A. N. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Muzakki dalam Membayar Zakat (Studi Kasus di Badan Amil Zakat Kota Yogyakarta). Yogyakarta: Universitas Islam negeri Sunan Kalijaga.
  14. Qardhawi, Y. (1983). Fikih al-Zakah . Kairo: Muassasah al-Risalah.
  15. Ritonga, A. A., & Zainuddin. (2002). Fiqh Ibadah. Jakarta: Gaya Media Pratama.
  16. Salmawati, & Fitri, M. (2018). Pengaruh Tingkat pendapatan, Religiusitas, Akuntabilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di Baitul Maal Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 64.
  17. Sangaji, Mamang, E., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian: PEndekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
  18. Santoso, S. (2018). Menguasai SPSS Versi 25. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.
  19. Setiawan, D. A. (2018). Analisis faktor Religiusitas, Kepercayaan dan Kesadaran Diri dalam Mempengaruhi Minat Muzakki untuk Membayar Zakat di Kota Surakarta. Surakarta: Institut Agama Islam Megeri Surakarta.
  20. Setiawan, F. (2018). Pengaruh Religiusitas dan Reputasi terhadap Minat Muzakki dalam Membayar Zakat Profesi. Jurnal Ilmu Manajemen, 13-21.
  21. Silalahi, u. (2017). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: PT Refika Aditama.
  22. Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Depok: Rajawali Press.
  23. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Open Access Copyright (c) 2022 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats
apps