RELEVANSI NILAI PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR’AN DI ERA MILENIAL
DOI:
https://doi.org/10.21580/wa.v9i2.11824Keywords:
Relevansi, Pendidikan Anak, Al-Qur’an, Era MilenialAbstract
Penelitian ini diilhami dengan masih banyaknya anak yang terjerumus kepada pergaulan bebas, merokok, terjerat narkoba, tawuran antar sesama, berani kepada orang tua, dan berkata kotor. Era digital membuat orang mudah memenuhi kebutuhannya, dengan berbagai layanan dapat lakukan dengan mudah lewat internet. Semua keuntungan dan kemudahan tersebut tentunya harus berbanding lurus dengan pendidikan agama. Al-Qur’an banyak menyebutkan tentang nilai pendidikan terutama nilai pendidikan anak.Banyak ayat yang menyebutkan nilai pendidikan anak seperti dalam QS. Luqman ayat 13-15, QS. Al-Ahqaf ayat 15, QS. Al-Isra’ ayat 23-24. Ayat ayat tersebut mengandung perintah tidak boleh menyekutukan Allah, berbuat baik kepada orang tua hingga berbuat baik ketika orang tua meninggal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) nilai pendidikan anak dalam Al-Qur’an; (2) relevansi nilai pendidikan anak dalam Al-Qur’an di era milenial. Metodologi Penelitian ini bersifat library research. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik usia sekolah dasar kira-kira umur 7-12 tahun. Dengan menggunakan pendekatan tafsir maudhu’i, yaitu menghimpun seluruh ayat yang memiliki tujuan dan tema yang sama, kemudian kalau mungkin disusun berdasarkan kronologi turunnya dengan memperhatikan sebab-sebab turunnya. Hasil Penelitian ini adalah (1) terdapat banyak ayat dalam Al-Qur’an tentang nilai pendidikan anak seperti tidak boleh menyekutukan Allah dan harus berbakti kepada kedua orang tua. (2) nilai pendidikan anak yang terkandung dalam Al-Qur’an di era milenial masih sangat relevan antara lain dengan cara menerapkan metode pendidikan keteladanan, pembiasaan, nasehat, perhatian dan pengawasan, dan pendidikan dengan hukuman.
Downloads
References
Abuddin Nata, 2012, Kapita Selekta Islam: Isu-isu Kontemporer tentang Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada,.
Abuddin Nata, 2018, Pendidikan Islam Era Milenial, Guru Besar Ilmu Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Conciencia, Hasil Penelitian.
Ahmad Tafsir, 1994, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung:Rosdakarya,.
Asyeh Rabi’ bin Hadi, Akhwat, Jurnal Muslimah dan Keluarga Sakianah, Vol. 11/1432/2011, Yogyakarta.
Azra, Azyumardi, 1999, Pendidikan Islam, Jakarta: Logos.
Bekti Taufiq Ari Nugroho, “Generasi Muslim Milenial Sebagai Model Islam wasatiyyah Zaman Now”, Jurnal ..,1, Shofar, Vol 3, 1428
Faisal, Yusuf , 1996, Reorientasi Pendidikan Islam , Jakarta: Gema Insan Pers, ,
Hamka, 1991, Tafsir al-azhar, juz XXI, Surabaya:Yayasan Latimojong,
Ida Zusnani, 2012, Manajemen Pendidikan Berbasis Karakterr Bangsa, Jakarta: Sakabuku,
Jamaluddin, Dindin, 2013, Paradigma Pendidikan Anak Dalam Islam, Bandung: Pustaka Setia.
M. Arifin, 1993, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara,
Misbahul Munir, Membingkai Kepribadian Ulil Albab Generasi Milenial, Ta’limuna, Vol.7,No.1, Maret, 2018
Moh. Athiyah Al-Abrasyi, 1970, Dasar-dasar Pendidikan Islam , Jakarta:Bulan Bintang,
Moh. Slamet Untung, 2019, Metodologi Penelitian Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial, Jogjakarta: Litera,
Muhammad Fu’ad Abd Al-Baqi, Al-Mu’jam Al-Mufahraas Li Al-Faz Al-Qur’an, Kairo: Dar Al-Kutub Al-Misriyyah, 1364 H.
Nata, Abuddin, 2001, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Nata, Abuddin, 2018, Pendidikan Islam Era Milenial, Guru Besar Ilmu Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Conciencia, Hasil Penelitian.
Purwanto, Ngalim, 1998, Ilmu Pendidikan Teori dan Praktis, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ramayulis dan Samsul Nizar, 2009, Filsafat Pendidikan Islam , Jakarta:Ragam Jaya Offset
Ridwan Abdullah Sani dan Muhammad Kadri, 2016, Pendidikan Karakter Mengembangkan KarakterAnak yang Islami, Jakarta: Bumi Aksara,
Risalah, 2019, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Pola Wahyu Memandu Ilmu Dalam Penanaman Akidah Akhlak Generasi Milenial, Miftahul Fikri, Vol.5 ( November, No.2,.
Rohmat Mulyana, 2011, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta, cet.
Sidi Gazalba, 1981, Sistematika Filsafat Pengantar Kepada Teori, Nilai, Jakarta: Bulan Bintang,
Suparta, Pengantar Teori dan Aplikasi Pengembangan Kurikulum PAI (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2016),
Thaha, HM. Chatib, 1996, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta : Pustaka Pelajar.
Tim Dosen Fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2009, Pendidikan Islam dari Paraadigma Klasik hingga Kontemporer, Malang:UIN Malang Press
Warso, Ahmad, 1997, .Munawwir Kamus Arab-Indonesia, Surabaya:Pustaka Progresif
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).