RELEVANSI NILAI PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR’AN DI ERA MILENIAL

Srifariyati Srifariyati*  -  Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang, Indonesia
Mamlakhah Mamlakhah  -  Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini diilhami dengan masih banyaknya anak yang terjerumus kepada pergaulan bebas, merokok, terjerat narkoba, tawuran antar sesama, berani kepada orang tua, dan berkata kotor. Era digital membuat orang mudah memenuhi kebutuhannya, dengan berbagai layanan dapat lakukan dengan mudah lewat internet. Semua keuntungan dan kemudahan tersebut tentunya harus berbanding lurus dengan pendidikan agama. Al-Qur’an banyak menyebutkan tentang nilai pendidikan terutama nilai pendidikan anak.Banyak ayat yang menyebutkan nilai pendidikan anak seperti dalam QS. Luqman ayat 13-15, QS. Al-Ahqaf ayat 15, QS. Al-Isra’ ayat 23-24. Ayat ayat tersebut mengandung perintah tidak boleh menyekutukan Allah, berbuat baik kepada orang tua hingga berbuat baik ketika orang tua  meninggal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) nilai pendidikan anak dalam Al-Qur’an; (2) relevansi nilai pendidikan anak dalam Al-Qur’an di era milenial. Metodologi Penelitian ini bersifat  library research. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik usia sekolah dasar kira-kira umur 7-12 tahun. Dengan menggunakan pendekatan tafsir maudhu’i, yaitu menghimpun seluruh ayat yang memiliki tujuan dan tema yang sama, kemudian kalau mungkin disusun berdasarkan kronologi turunnya dengan memperhatikan sebab-sebab turunnya.  Hasil Penelitian ini adalah (1) terdapat banyak ayat dalam Al-Qur’an tentang nilai pendidikan anak seperti tidak boleh menyekutukan Allah dan harus berbakti kepada kedua orang tua. (2) nilai pendidikan anak yang terkandung dalam Al-Qur’an di era milenial masih sangat relevan antara lain dengan cara menerapkan metode pendidikan keteladanan, pembiasaan, nasehat, perhatian dan pengawasan, dan pendidikan dengan hukuman.

Keywords: Relevansi, Pendidikan Anak, Al-Qur’an, Era Milenial

  1. Abuddin Nata, 2012, Kapita Selekta Islam: Isu-isu Kontemporer tentang Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada,.
  2. Abuddin Nata, 2018, Pendidikan Islam Era Milenial, Guru Besar Ilmu Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Conciencia, Hasil Penelitian.
  3. Ahmad Tafsir, 1994, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung:Rosdakarya,.
  4. Asyeh Rabi’ bin Hadi, Akhwat, Jurnal Muslimah dan Keluarga Sakianah, Vol. 11/1432/2011, Yogyakarta.
  5. Azra, Azyumardi, 1999, Pendidikan Islam, Jakarta: Logos.
  6. Bekti Taufiq Ari Nugroho, “Generasi Muslim Milenial Sebagai Model Islam wasatiyyah Zaman Now”, Jurnal ..,1, Shofar, Vol 3, 1428
  7. Faisal, Yusuf , 1996, Reorientasi Pendidikan Islam , Jakarta: Gema Insan Pers, ,
  8. Hamka, 1991, Tafsir al-azhar, juz XXI, Surabaya:Yayasan Latimojong,
  9. Ida Zusnani, 2012, Manajemen Pendidikan Berbasis Karakterr Bangsa, Jakarta: Sakabuku,
  10. Jamaluddin, Dindin, 2013, Paradigma Pendidikan Anak Dalam Islam, Bandung: Pustaka Setia.
  11. M. Arifin, 1993, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara,
  12. Misbahul Munir, Membingkai Kepribadian Ulil Albab Generasi Milenial, Ta’limuna, Vol.7,No.1, Maret, 2018
  13. Moh. Athiyah Al-Abrasyi, 1970, Dasar-dasar Pendidikan Islam , Jakarta:Bulan Bintang,
  14. Moh. Slamet Untung, 2019, Metodologi Penelitian Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial, Jogjakarta: Litera,
  15. Muhammad Fu’ad Abd Al-Baqi, Al-Mu’jam Al-Mufahraas Li Al-Faz Al-Qur’an, Kairo: Dar Al-Kutub Al-Misriyyah, 1364 H.
  16. Nata, Abuddin, 2001, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
  17. Nata, Abuddin, 2018, Pendidikan Islam Era Milenial, Guru Besar Ilmu Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Conciencia, Hasil Penelitian.
  18. Purwanto, Ngalim, 1998, Ilmu Pendidikan Teori dan Praktis, Bandung: Remaja Rosda Karya.
  19. Ramayulis dan Samsul Nizar, 2009, Filsafat Pendidikan Islam , Jakarta:Ragam Jaya Offset
  20. Ridwan Abdullah Sani dan Muhammad Kadri, 2016, Pendidikan Karakter Mengembangkan KarakterAnak yang Islami, Jakarta: Bumi Aksara,
  21. Risalah, 2019, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Pola Wahyu Memandu Ilmu Dalam Penanaman Akidah Akhlak Generasi Milenial, Miftahul Fikri, Vol.5 ( November, No.2,.
  22. Rohmat Mulyana, 2011, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta, cet.
  23. Sidi Gazalba, 1981, Sistematika Filsafat Pengantar Kepada Teori, Nilai, Jakarta: Bulan Bintang,
  24. Suparta, Pengantar Teori dan Aplikasi Pengembangan Kurikulum PAI (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2016),
  25. Thaha, HM. Chatib, 1996, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta : Pustaka Pelajar.
  26. Tim Dosen Fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2009, Pendidikan Islam dari Paraadigma Klasik hingga Kontemporer, Malang:UIN Malang Press
  27. Warso, Ahmad, 1997, .Munawwir Kamus Arab-Indonesia, Surabaya:Pustaka Progresif

Open Access Copyright (c) 2022 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats
apps