STRATEGI PENANAMAN MODERASI BERAGAMA DI SMA YOS SUDARSO MAJENANG
DOI:
https://doi.org/10.21580/wa.v10i2.17185Keywords:
Strategi, Moderasi Beragama, SMA Yos SudarsoAbstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang seharusnya dijaga dan lestarikan, oleh karenanya perlu rasa persatuan dan kesatuan antar umat beragama, suku, budaya dan adat istiadat. Media penguat moderasi beragama salah satunya adalah melalui pendidikan. SMA Yos Sudarso Majenang merupakan lembaga pendidikan dibawah naungan Khatolik akan tetapi mayoritas peserta didiknya adalah muslim, dengan beragamnya peserta didik ini menjadikan SMA Yos Sudarso Majenang mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama sebagai salah satu strategi yang tepat untuk menciptakan kerukunan dan keharmonisan ditengah-tengah banyaknya perbedaan.
Downloads
References
Abidin, Achmad Zainal. “Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Permendikbud No. 37 Tahun 2018.” JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik 2, no. 5 (2021): 29–36.
Abror, Mhd. “Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi.” RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam 1, no. 2 (2020): 37–48.
Adya Winata, Dkk. “Moderasi Islam Dalam Pembelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Konstekstual.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3, no. 2 (2020): 82–92.
Apriyono, Iskandar. “Wawancara Guru PAI SMA YOS Sudarso Majenang.” Cilacap, 2023.
Azmi, Muhammad Bagus. “Penerapan Nilai-Nilai Islam Moderat Di Kalangan Mahasantri Ma’Had Sunan Ampel Al-Aly.” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2019.
Bahtiar, Abd Rahman. “Prinsip-Prinsip Dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (2017): 49–58.
Fitriati, Ernasari. “Wawancara Kepala SMA YOS Sudarso Majenang.” Cialacap, 2023.
Hanipudin, Sarno. “Pendidikan Islam Di Indonesia Dari Masa Ke Masa.” Matan : Journal of Islam and Muslim Society 1, no. 1 (2019): 39. https://doi.org/10.20884/1.matan.2019.1.1.2037.
Hasan, Mustaqim. “Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa.” Jurnal Mubtadiin 7, no. 2 (2021): 11–23.
Hefni, Wildani. “Moderasi Beragama Dalam Ruang Digital : Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.” Bimas Islam 13, no. 1 (2020): 1–22.
Lesmana, Dkk. “Moderasi Beragama Di Indonesia.” Intizar 25, no. 2 (2019): 95–100.
Nasihah, Nur Alizatul. “Observasi.” Cilacap, 2023.
Nurdin, Fauziah. “Moderasi Beragama Menurut Al-Qur’an Dan Hadist.” Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah 18, no. 1 (2021): 59. https://doi.org/<https://doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525>.
Putra, Mahendra Eka. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi Covid-19.” Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (2022): 45. https://doi.org/<https://doi.org/10.47453/permata.v3i1.640>.
Saifudin, Lukman Hakim. Moderasi Beragama. Jakarta Pusat: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019.
Saihu, Made. “Pedidikan Moderasi Beragama: Kajian Islam Wasathiyah Menurut Nurcholish Madjid.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (2021): 16–34.
Sitti Chadidjah, dkk. “Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI.” Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal 6, no. 1 (2021): 14–24. https://doi.org/<https://doi.org/10.51729/6120>.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuaitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2014.
———. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Suryadi, Rudi Ahmad. “Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agama Islam.” Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 20, no. 11 (2022): 12–26.
Triyono, Teguh. “Wawancara Waka Kurikulum SMA YOS Sudarso Majenang.” Cilacap, 2023.
Yulianto, Ridwan. “Implementasi Budaya Madrasah Dalam Membangun Sikap Moderasi Beragama.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 1 (2020): 11–23.
Zubaidillah, Muh Haris, and M Ahim Sulthan Nuruddaroini. “Analisis Karakteristik Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” ADDABANA Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2019): 1–11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).