PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYYAH I’ANATUSH SHIBYAN BAWU

Laili Mukharomah*  -  Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
Izzatun Nada  -  Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
M. Navis Ihsan  -  Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
Ahmad Khozin  -  Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia

(*) Corresponding Author
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis data mengenai dampak penerapan kurikulum merdeka terhadap hasil belajar fiqih siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik total sampling, di mana terdapat 18 siswa yang menjadi sampel penelitian. Penelitian ini dilakukan di MI I’anatush Shibyan Bawu pada kelas IV. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif dari penerapan kurikulum merdeka terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas IV di MI I’anatush Shibyan Bawu. Hasil regresi menunjukkan kelas IV Y= 106.685 + -0,386X yang mengindikasikan bahwa setiap penurunan satu variabel X akan menyebabkan penurunan nilai variabel Y sebesar -0,386. Artinya, penerapan kurikulum merdeka tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih.

Keywords: Pengaruh, Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar

  1. Akhmal Annas Hasmori, Hussin Sarju, Ismail Sabri Norihan, Rohana Hamzah, & Muhammad Sukr Saud. (2011). Pendidikan , Kurikulum Dan Masyarakat : Satu Integrasi. Journal of Edupres, 1(September), 350–356.
  2. Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
  3. Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
  4. Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementation of Independent Curriculum in Driving School. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.
  5. Sugiyono 2019. (2018). Sugiyono- Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (Ed.); edisi kedua). Alfabeta. Metode Penelitian.
  6. Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.

Open Access Copyright (c) 2023 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats
apps