MEWUJUDKAN KESETARAAN DAN AKSESIBILITAS DALAM SISTEM PENDIDIKAN KONTEMPORER DI MADRASAH ALIYAH AL-MUHAMMAD KAB. CEPU JAWA TENGAH

Tri Setyo Setyo*  -  IAI Al Muhammad Cepu, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Research Instrument

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi inklusivitas dalam manajemen pendidikan di Madrasah Aliyah Al-Muhammad, Cepu, Jawa Tengah, dengan fokus pada peningkatan kesadaran inklusif, partisipasi aktif siswa, dan peran penting manajemen dalam mendorong inklusivitas. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran aktif manajemen dalam mengembangkan kebijakan inklusif, memfasilitasi pelatihan staf pendidik, dan menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif memiliki dampak positif dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan ramah bagi semua siswa. Meskipun demikian, masih terdapat sejumlah tantangan yang perlu diatasi, seperti kurangnya kesadaran akan pentingnya inklusivitas dan kekurangan sumber daya. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan untuk melanjutkan studi mengenai peran orang tua, pemanfaatan teknologi dalam pendidikan inklusif, dan strategi pengembangan kurikulum yang inklusif.

Supplement Files

Keywords: inklusivitas, manajemen pendidikan, kesadaran inklusif, partisipasi aktif siswa, tantangan implementasi.

  1. Alika, H. (2022). Peran Penyelenggaraan Kegiatan MPLS Terhadap Pengembangan Karakter Peserta Didik.
  2. Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68–82.
  3. Amka, A. (2020). Manajemen Sarana Sekolah Penyelenggara Inklusif.
  4. Arifah, F. N., Mokodenseho, S., Ahmad, N., Sari, I. W., Panu, F., Pobela, S., & Maku, F. H. M. (2023). Meningkatkan Akses Pendidikan Berkualitas Melalui Program Pengabdian Masyarakat di Provinsi Jawa Tengah: Pendekatan Inklusif dan Berbasis Teknologi. Jurnal Pengabdian West Science, 2(06), 442–450.
  5. Astuti, I. (2022). Kepemimpinan pembelajaran sekolah inklusi. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
  6. Aziz, I. N. (2020). Pendidikan Pesantren Era Millenieal: Studi Karakteristik Santri Dalam Menghadapi Perkembangan Revolusi industri 4.0. Researchgate, 2(1). https://www. researchgate. net/profile/Imam_Nur_Aziz/publication/337783138_PENDIDIKAN_PESANTREN/links/5de9fbd992851c8364657469
  7. Cahyono, A. E. (2023). Membangun kemandirian belajar untuk mengatasi learning loss dalam pembelajaran berdiferensiasi. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 167–174.
  8. David Wijaya, S. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar. Prenada Media.
  9. Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85.
  10. Harahap, E. (2023). Menggali Prinsip-Prinsip dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang Transformatif: Membangun Kesadaran Spiritual dan Kemandirian Berpikir. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 113–127.
  11. Hardianto, D. (2022). Analisis program dan model kemitraan Blended partisipatif sekolah dan orang tua. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(2).
  12. Hasanah, N., Darwisa, D., & Zuhriyah, I. A. (2023). Analisis Strategi Guru Dalam Mengembangkan Ranah Afektif Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Academy of Education Journal, 14(2), 635–648.
  13. Istiningsih, S. (2020). Kreatifitas Guru dalam Mengajar di Sekolah Inklusi. 1(1), 39–44.
  14. Izzah, N., Setianti, Y., & Tiara, O. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di Sekolah Inklusi. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 272–284.
  15. Radhwa, R. N. K., Wati, S. S., & Faradila, J. N. (2023). Menanamkan Sikap Demokrasi di Pendidikan Sekolah Dasar Inklusi: Studi Literatur. SNHRP, 5, 1664–1670.
  16. Rahayu, A. P. (2023). Meraih Puncak Prestasi: Perangkat Pembelajaran yang Tepat sebagai Kunci Keberhasilan Siswa.
  17. Rahmawati, S., & Nurachadija, K. (2023). Inovasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Strategi Mutu Pendidikan. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 01–12.
  18. Rambung, O. S., Sion, S., Bungamawelona, B., Puang, Y. B., & Salenda, S. (2023). Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 598–612.
  19. Rijal, S., Azis, A. A., Chusumastuti, D., Susanto, E., & Nirawana, I. W. S. (2023). Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Bagi Masyarakat. Easta Journal of Innovative Community Services, 1(03), 156–170.
  20. Rombe, R., Rani, R., Nurlita, N., & Parinding, J. F. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(6), 541–554.
  21. Rozi, M. F. (2023). Model Pengembangan Kurikulum Merdeka Berbasis Integrasi Indigenous Knowledge"(The Model Of Independent Curriculum Development Based On Indigenous Knowledge). Global Education Journal, 1(4), 559–576.
  22. Setiawan, E., & Apsari, N. C. (2019). Pendidikan Inklusif: Upaya Mewujudkan Kesetaraan dan Non Diskriminatif di Bidang Pendidikan bagi Anak Dengan Disabilitas (AdD). Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 5(3).
  23. Setyo, T. (2023). Wawancara dan Observasi.
  24. Sholeh, M. I. (2023). Strategi Efektif dalam Manajemen Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 4(2), 139–164.
  25. Suryadi, I. (2023). Dampak Pendidikan Inklusif Terhadap Partisipasi dan Prestasi Siswa dengan Kebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 517–527.
  26. Sutarya, M. (2019). Pendidikan Inklusi di Perguruan Tinggi: Studi Pada Pusat Kajian dan Layanan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Politeknik Negeri Jakarta.
  27. Wahid, A. (2023). PENDIDIKAN INKLUSIF (Mewujudkan Keadilan, Kesetaraan Dalam Lingkungan Multikultural). ILJ: Islamic Learning Journal, 1(3), 696–711.
  28. Wardany, E. P. K., & Rigianti, H. A. (2023). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 250–261.
  29. Wurtiningsih, W. (2023). PENDIDIKAN SENI BUDAYA: MENDORONG KREATIVITAS DAN APRESIASI BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 3(2), 311–317.
  30. Yusuf, M. (2023). Inklusi Pendidikan Islam: Mewujudkan Pendidikan Semua Anak dalam Konteks Multikultural. Diksi: Jurnal Pendidikan Dan Literasi, 2(1), 23–44.
  31. Yusuf, M., & Kholik, A. (2023). Inklusi Digital dalam Manajemen Perkantoran Lembaga Pendidikan Islam. Toga Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10.
  32. Zikri, A. R. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMA Negeri di Kabupaten Batanghari.

Open Access Copyright (c) 2023 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats
apps