METODOLOGI PEMBELAJARAN AHLAK

Mustopa Halmar*  -  , Indonesia

(*) Corresponding Author

Mengajarkan akhlak yang merupakan bagian dari aspek sikap atau afektif, merupakan pekerjaan yang tidak mudah, berbeda dengan mengajarkan matematika, fisika, ilmu-ilmu sosial dan lain sebagainya. Karena mengajar akhlak, bukanlah sekadar menyampaikan ilmu pengetahuan atau sejumlah informasi atau keterampilan, tetapi membentuk perilaku sikap peserta didik yang diamalkan dalam kehidupannya. Di samping itu akhlak berhubungan dengan nilai (value) yang sulit diukur, karena menyangkut kesadaran yang tumbuh dari dalam. Sehingga untuk mendapatkan hasil pembelajaran akhlak, dalam arti perubahan sikap yang diwujudkan dalam bentuk perilaku yang dibiasakan membutuhkan: usaha yang serius, waktu yang cukup lama, dan lingkungan yang kondusif.

Keywords: metodologi pembelajaran, akhlak

  1. Ahmad tafsir, Dr., Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
  2. Wardi, Dr., Metodologi Penelitian Dakwah, Jakarta: Logos, , 1997.
  3. Basyirudin Usman, M., Drs., M.Pd., Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
  4. Mustopa Halmar, H., Drs., M.Ag., Strategi Belajar Mengajar, Semarang: Unissula Press, 2008.
  5. Murni Djamal, Drs., MA., Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Proyek Pembinaan Sarana Prasarana Perguruan Tinggi Agama/IAIN, 1984.
  6. Oemar Hamalik, Dr., Strategi Belajar Mengejar, Bandung: Mandar Maju, 1993.
  7. Didiek Ahmad Supadie, dkk., Studi Islam I, Semarang: Unissla Press, 2002.
  8. Omar Mohammad al-Toumy al-Saibany, Prof., Dr., Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hassan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
  9. Abdurrahman, al-Nahlawi, Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam, terj. Drs. Herry Noer Ali, Bandung: Diponegoro, 1989.
  10. Abdurrahman Saleh, Abdullah, Teori-teori Pendidikan dalam al-Qur’an, Jakarta: Rineka Cipta, 1990.
  11. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2003.
  12. Permendiknas 2006 tentang Standar isi dan Standar Kompetensi Lulusan, Jakarta: Sinar Grafika, 2006.
  13. Wina Sanjaya, Dr., M.Pd., Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2008.
  14. Prof. Dr. Mahmud Yunus, Metodik Khusus Pendidikan Agamai, Hida Karya Agung, Jakrta 1965.
  15. Abdul Qadir Ahmad, Muhammad, Dr., Metodologi Pengajaran Agama Islam, terj. H. A. Mustofa, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Open Access Copyright (c) 2018 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats
apps