INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DAN BUDAYA: TINJAUAN SISTEMASIS DALAM KESENIAN WAYANG
DOI:
https://doi.org/10.21580/wa.v11i2.23288Keywords:
budaya lokal, pendidikan Islam, seni wayangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui jenis seni wayang; mendeskripsikan manfaat nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam kesenian wayang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan “systematic literature review” (SLR). Perolehan data melalui tinjauan, seperti “buku, artikel jurnal, prosiding, dan penelitian akhir mahasiswa (skripsi & disertasi), dengan menggunakan “Google Scholar”, “ScienceDirect”, dan “Publish or Perish” (PoP). Temuan dalam penelitian ini, Pertama, jenis wayang yang telah dimainkan oleh dalang meliputi: “wayang Beber, wayang Orang, wayang Purwa, wayang Menak, wayang Syadat, wayang Purwa, wayang Sukuraga, wayang Gung, dan wayang Tavip.” Kemudian, manfaat nilai pendidikan Islam meliputi: “Memberikan penguatan identitas nilai-nilai keislaman; Memberikan integrasi budaya dan agama; Memberikan penguatan pendidikan karakter; Memberikan sebagai media dakwah yang efektif; dan Memberikan pembelajaran interaktif dan reflektif. Dengan demikian, kesenian wayang dan pendidikan Islam memiliki relasi untuk memadukan nilai-nilai religius dan budaya lokal. Wayang tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga berfungsi sebagai alat untuk memberikan pelajaran moral, karakter, religius, spiritual kepada siswa yang sesuai dengan ajaran Islam, dan kearifan budaya lokal.
Downloads
References
Abdurrahman, and Amatul Jadidah. “Nilai-Nilai Ajaran Islam Dalam Paket Wayang Syadat Di Singosari Malang.” Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan 2, no. 2 (2020): 65–82. https://doi.org/https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v2i2.948.
Afiah, Siti, Musa Asy’arie, and Sekar Ayu Aryani. “Kearifan Lokal Sebagai Sarana Pendidikan Islam Multikultural: Studi Hidden Curriculum Di Ponpes Nurul Huda Sragen.” Profetika: Jurnal Studi Islam 21, no. 2 (December 28, 2020): 212–22. https://doi.org/10.23917/profetika.v21i2.13092.
Alfian, Rifqi Nur, and Mughniatul Ilma. “Menakar Peluang Dan Tantangan Dalam Membidik Strategi Pendidikan Islam Di Era Globalisasi.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (June 30, 2023): 71–83. https://doi.org/10.21154/maalim.v4i1.7108.
Andini, Yazida Ichsan, Fita Triyana, and Khalidah Fitri. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kesenian Wayang.” Jurnal Pusaka: Media Kajian Dan Pemikiran Islam 10, no. 1 (June 27, 2021): 1–12. https://doi.org/10.35897/ps.v10i1.539.
Anggoro, Bayu. “‘Wayang Dan Seni Pertunjukan’ Kajian Sejarah Perkembangan Seni Wayang Di Tanah Jawa Sebagai Seni Pertunjukan Dan Dakwah.” JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam) 2, no. 2 (December 12, 2018): 122. https://doi.org/10.30829/j.v2i2.1679.
Asy’arie, Bima Fandi. “Strategy For Islamic Religious Education Teachers in Growing Aqidah Towards Students in Batanghari, Lampung Timur.” Jurnal Diskursus Islam 11, no. 3 (December 31, 2023): 267–84. https://doi.org/10.24252/JDI.V11I3.40885.
Asy’arie, Bima Fandi, Zainul Mun’im, Rachmad Arif Ma’ruf, Septiani Selly Susanti, and Dhoni Kurniawati. “Kedudukan Politik Dalam Membangun Perkembangan Pendidikan Islam.” Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan 16, no. 1 (June 28, 2024): 126–45. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v16i1.2947.
Asy’arie, Bima Fandi, and Roibin Roibin. “Studi Perjumpaan Mistisisme Jawa Perspektif Al-Qur’an Dan Masyarakat Modern.” FiTUA: Jurnal Studi Islam 5, no. 1 (July 25, 2024): 58–77. https://doi.org/10.47625/fitua.v5i1.544.
Bustam, Kun Hidayat & Betty Mauli Rosa. “Aksiologi Wayang Kekayon Khalifah Sebagai Pendidikan Islam Masyarakat Jawa.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 8, no. 2 (December 31, 2022): 169–88. https://doi.org/10.24014/POTENSIA.V8I2.20520.
Dedi Mulyasana et al. Khazanah Pemikiran Pendidikan Islam: Dari Wacana Lokal Hingga Tatanan Global. Bandung: Cendekia Press, 2020.
Endraswara, Suwardi. “Mistik Kejawen: Sinkretisme, Simbolisme, Dan Sufisme Dalam Budaya Spiritual Jawa.” Jakarta: Buku Seru (Cet. 1 Edisi Baru), 2018.
Ependi, Muhammad Zikri. Pendidikan Islam Melalui Kesenian Wayang Kulit Analisis Pemikiran Sunan Kalijaga. (Skripsi) UIN Raden Intan Lampung, 2021. http://repository.radenintan.ac.id/14144/.
Farkhatun, Umi. “Penggunaan Media Wayang Untuk Mengenalkan Keteladanan Wali Sanga Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti.” EDUCREATIVE: Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak 5, no. 2 (2020): 1–7.
Farobi, Zulham. Sejarah Wali Songo: Perjalanan Penyebaran Islam Di Nusantara. Anak Hebat Indonesia, 2019.
Fatah, Abdul, and Irfan Faozan. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Humanis Religius Berbasis Seni Melalui Wayang Santri Ki Enthus Susmono.” Jurnal Education and Development 10, no. 1 (January 3, 2022): 267–72. https://doi.org/10.37081/ED.V10I1.3403.
Febrianto. Peningkatan Keaktifan Dan Pemahaman Materi Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Melalui Media Wayang. (Skripsi) Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2021. http://etheses.iainponorogo.ac.id/14685/.
Khalifah, Tatik. Pendidikan Agama Islam Berbasis Budaya Lokal (Studi Nilai-Nilai Pai Dalam Wayang Kekayon Khalifah Lakon Mulabukaning Dakwah Rasul Karya Ki Lutfi Caritagama). (Skripsi) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019.
Khozainul Ulum, Moh. Ah. Subhan ZA. “Efektivitas Wayang Syadat Sebagai Media Dakwah Islam Di Dusun Kembangbau Purwokerto Ngimbang Lamongan.” Akademika: Jurnal Studi Islam 13, no. 01 (June 12, 2020). https://doi.org/10.30736/adk.v13i01.139.
Masroer. “Spiritualitas Islam Dalam Budaya Wayang Kulit Masyarakat Jawa Dan Sunda.” Jurnal Sosiologi Agama 9, no. 1 (March 17, 2017): 38. https://doi.org/10.14421/jsa.2015.091-03.
Masykur, Muhammad Riduwan, and Achmad Khudori Soleh. “Seni Pegelaran Wayang Dalam Perspektif Fikih Dan Spiritualitas Seni Islam Seyyed Hossein Nasr.” Muslim Heritage 8, no. 1 (June 30, 2023): 103–14. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v8i1.5985.
Maulidah, Nazula Indana, Bima Fandi Asy’arie, Esa Nurwahyuni, and Sulalah Sulalah. “Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah: Dampaknya Terhadap Pemahaman Agama, Nilai Moral, Psikologi Dan Sosial.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7, no. 1 (January 2, 2024): 264–77. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3215.
Mayangsari, Marrisa Aulia. “Wayang Gung Sebagai Media Pembentukan Karakter Masyarakat.” Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora 7, no. 1 (2024): 94–102. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/kaganga.v7i1.8184.
Muhtar Sofwan Hidayat, Robingun Suyud El Syam & Mahmudi. “The Symbolic Meaning Of Wayang In Javanese Community Transmission And Islamic Education Sufism.” Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam 8, no. 2 (January 30, 2024): 109–20. https://doi.org/10.35316/EDUPEDIA.V8I2.2741.
Muhyiddin, Dandy Sobron, Dodo Suhada, Mohamad Yamin, Bambang Samsul Arifin, and Aan Hasanah. “The Relevance of The Character Education Development Model in Islamic Boarding Schools.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 3 (October 3, 2022): 1129–45. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i3.2479.
Mulya, Farah Afza, and Irma Fauziah. “Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pagelaran Wayang Kulit.” Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya 8, no. 1 (March 31, 2024): 56. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v8i1.2522.
Muslim, Asbullah. “Estetika Dan Pendidikan Islam (Integrasi Cerita Wayang Menak Pada Pembelajaran Di Sekolah).” Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial 1, no. 2 (September 5, 2019): 83–103. https://doi.org/10.1234/ELKATARIE.V1I02.3620.
Nahak, Hildgardis M.I. “Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi.” Jurnal Sosiologi Nusantara 5, no. 1 (June 25, 2019): 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76.
Najih, Arjun, Nafiah Nafiah, Akhwani Akhwani, and Sunanto Sunanto. “Implementasi Media Wayang Untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Nasionalis Siswa Kelas III SDN Sawunggaling VII Surabaya.” NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan 5, no. 2 (May 9, 2024): 484–91. https://doi.org/10.55681/NUSRA.V5I2.2283.
Noegroho, Jati. “Early Childhood Character Education Utilizing Innovative Communication Media Wayang Beber Fable.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 8, no. 1 (May 17, 2024): 211–18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5328.
Nurasiah, Iis. “Pengembangan Model Pembelajaran Tiasa Dengan Menggunakan Wayang Sukuraga Untuk Menguatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” (Disertasi) Universitas Negeri Jakarta, 2024. http://repository.unj.ac.id/44521/.
Pandin, Moses Glorino Rumambo. “Moral-Ethics-Belief Values Towards Indonesian Puppet (Wayang Kulit) Performance Arts.” Utopía y Praxis Latinoamericana 25, no. 1 (2020): 512–20. https://doi.org/10.5281/zenodo.3784909.
Panji, Aji Luqman, Achmad Ruslan Afendi, Akhmad Ramli, Sudadi Sudadi, and Agus Mubarak. “Pendidikan Islam Dengan Penanaman Nilai Budaya Islami.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 6, no. 1 (January 3, 2023): 9–21. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2155.
Pradipa, Rafi, Lely Nur Hidayah Syafitri, and Muhammad Nasruddin. “Nilai Filosofis Dalam Kesenian Wayang Kulit Bagi Pembentukan Identitas Kultural Generasi Z Muslim Indonesia.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 14, no. 1 (January 30, 2024): 13–26. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v14i1.2183.
Prasojo, Enny Nurcahyawati, and Muhammad Arifin. “Manifestasi Transformasi Nilai-Nilai Ajaran Islam Dalam Tokoh Wayang Kulit Pandawa Lima Pada Cerita Mahabharata.” Jurnal Dirosah Islamiyah 4, no. 2 (February 15, 2022): 304–21. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i2.1078.
Putri, Vira Ananda, and Ashif Az Zafi. “Membongkar Hukum Akulturasi Budaya Sunan Kalijaga.” Tsaqofah Dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan Dan Sejarah Islam 6, no. 2 (February 6, 2022): 9. https://doi.org/10.29300/ttjksi.v6i2.3050.
Rachman, Ani. “5 Jenis Wayang Beserta Penjelasannya.” Kompas.com, 2023. https://www.kompas.com/skola/read/2023/02/23/210000069/5-jenis-wayang-beserta-penjelasannya?page=all.
Ratih Ayu Pratiwinindya, Sri Iswidayati, Triyanto. “Simbol Gendheng Wayangan Pada Atap Rumah Tradisional Kudus Dalam Perspektif Kosmologi Jawa-Kudus.” Catharsis: Journal of Arts Education 6, no. 1 (August 25, 2017): 19–27. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/catharsis.v6i1.17028.
Roziqin, Fathur. Relevansi Nilai Pendidikan Moral Dalam Lakon Wayang Gandamana Luweng Sanggitan Ki Seno Nugroho Dengan Pendidikan Agama Islam. (Skripsi) Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2021. https://etheses.iainkediri.ac.id/4766/.
Sada, Heru Juabdin, Rijal Firdaos, and Yunita Sari. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Budaya Nemui Nyimah Di Masyarakat Lampung Pepadun.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 2 (November 30, 2018): 311–23. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3632.
Septiani Selly Susanti, Laila Nursafitri, Iri Hamzah, Rita Zunarti, Darmanto, Fitriyah, Bima Fandi Asy’arie, and Muhammad Syihab As’ad. “Innovative Digital Media in Islamic Religious Education Learning.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 21, no. 1 (June 30, 2024): 40–59. https://doi.org/10.14421/jpai.v21i1.7553.
Shirazy, Saiful Bahri & Habiburrahman El. Prinsip Dan Panduan Umum Seni Islam. PT. Pustaka Abdi Bangsa, 2021.
Shobri, Muwafiqus. “Strategi Dan Dampak Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa.” CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman 7, no. 2 (2021): 290.
Sholikhah, Khotimatus, Mahmuhtarom Halimun Rasyid, Ifada Retno Ekaningrum, and Mudzakkir Ali. “Tantangan Pendidikan Islam Di Era Disrupsi Berbasis Budaya Islam Nusantara.” TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam 6, no. 2 (July 13, 2023): 192–213. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v6i2.4286.
Sugiri, Atot. “Character Education: Strengthening the Character of Elementary School Students Based on Wayang Sukuraga through Practice of Noble Morals.” Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan 8, no. 2 (December 13, 2023): 340–59. https://doi.org/10.25217/ji.v8i2.3943.
Tranfield, Denyer David & David. Producing a Systematic Review. Sage Publications, 2009. https://psycnet.apa.org/record/2010-00924-039.
Ulum, Anharul, and Bima Fandi Asy’arie. “Islamic Religious Education in Forming Muslim Identity in the Modern Era.” Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan 9, no. 1 (June 11, 2024): 1. https://doi.org/10.32332/riayah.v9i1.8498.
Wahid, Sueb Abdul. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Pada Wayang Purwa (Kehidupan Ksatria Pandawa) Dalam Buku Tasawuf Pandawa Karya Muhammad Zaairul Haq. (Skripsi) Universitas Islam Negeri Salatiga, 2020. http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/9800/.
Wati, Kadek Risma. “Wayang Kulit: Media Tepat Pembelajaran Nilai Pendidikan.” Kumparan.com, 2022. https://kumparan.com/watikadekrisma/wayang-kulit-media-tepat-pembelajaran-nilai-pendidikan-1zQnqUYIitc/full.
Wedi, Rosanti. Pendidikan Islam Berbasis Budaya Lokal Wayang Punakawan Di Kelurahan Kangkung Kecamatan Bumi Waras. (Skripsi) UIN Raden Intan Lampung, 2022. http://repository.radenintan.ac.id/20972/.
Wibawana, Widhia Arum. “Mengenal Jenis-Jenis Wayang Di Indonesia.” detikNews, 2022. https://news.detik.com/berita/d-6388268/mengenal-jenis-jenis-wayang-di-indonesia.
Widodo, M.Tavip &. “Digitalisasi Wayang Tavip Sebagai Media Promosi Seni Berdakwah.” Prosiding Penelitian Dan PKM ISBI Bandung, 2024.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).