PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TEORI JOHN BOWLBY DALAM PANDANGAN PSIKOLOGI ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.21580/wa.v12i1.25992Abstract
Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan fase krusial dalam perkembangan anak, terutama dalam membangun keterikatan emosional yang sehat serta membentuk karakter dan nilai-nilai moral. Teori kelekatan (attachment theory) yang dikemukakan oleh John Bowlby menekankan pentingnya hubungan emosional antara anak dan pengasuh dalam membangun rasa aman, kepercayaan diri, serta kestabilan psikologis anak. Dalam perspektif psikologi Islam, pendidikan anak usia dini tidak hanya menekankan aspek emosional, tetapi juga integrasi nilai-nilai spiritual dan akhlak melalui konsep tarbiyah (pendidikan), rahmah (kasih sayang), dan uswah hasanah (keteladanan). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi teori Bowlby dalam pendidikan anak usia dini dalam Islam dengan menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip kelekatan Bowlby selaras dengan ajaran Islam dalam mendidik anak, terutama dalam membangun rasa aman melalui pengasuhan berbasis kasih sayang dan kedekatan emosional. Selain itu, Islam memberikan dimensi tambahan berupa nilai-nilai ketuhanan yang memperkuat hubungan emosional dengan pendekatan spiritual. Dengan demikian, kombinasi teori Bowlby dan psikologi Islam menawarkan perspektif holistik dalam pendidikan anak usia dini yang menekankan keseimbangan antara perkembangan emosional, kognitif, dan spiritual anak. Kesimpulannya, pendekatan integratif ini dapat menjadi model ideal dalam praktik pengasuhan dan pendidikan anak usia dini, terutama dalam masyarakat Muslim, untuk membangun generasi yang sehat secara psikologis dan berakhlak mulia.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).