KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS MAHASISWA ASING MENGGUNAKAN BAHASA DI UIN WALISONGO SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.21580/wa.v5i2.2939Keywords:
reading, writing Bahasa, students of South ThailandAbstract
Abstraksi
Artikel ini membahas mengenai kemampuan membaca dan menulis responden yang merupakan mahasiswa asing di UIN Walisongo Semarang. Responden berasal dari wilayah kelompok propinsi Thailand Selatan. Kemampuan membaca dan menulis responden diukur menggunakan indikator bahasa Indonesia (Bahasa) yaitu kemampuan membaca dan menulis. Responden berjumlah 37 orang, terdiri dari 25 mahasiswi dan 12 mahasiswa yang tersebar di 3 fakultas di UIN Walisongo Semarang. Responden berusia antara 20 hingga 28 tahun dari angkatan 2012 hingga 2016. Bahasa asli dari responden adalah bahasa Melayu. Bahasa kedua yang dikuasai responden adalah bahasa Thailand. Responden belum cukup mempunyai bekal kemampuan Bahasa sebelum tiba di Indonesia. Pengumpulan data pada artikel ini menggunakan kuisioner. Hasil temuan yang diperoleh untuk indikator membaca adalah mean atau rata-rata responden dalam membaca tulisan Bahasa berada pada angka 22. Angka tersebut berada di antara interval 21 – 22 yang menunjuk pada kategori sedang. Sedangkan hasil temuan untuk indikator menulis adalah mean berada pada angka 25. Angka 25 terletak di antara interval 24 – 25 yang menunjuk pada kategori sedang. Kategori ini menggunakan interval standar lima yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Kesimpulan yang dapat diperoleh dalam artikel ini adalah baik kemampuan membaca dan menulis responden menggunakan Bahasa berada pada kategori sedang.
Kata kunci : membaca, menulis Bahasa, mahasiswa Thailand Selatan
***
Abstract
This article discusses the writing and reading skills of South Thailand students at UIN Walisongo Semarang. The respondents were from the province of South Thailand, their skills were measured by using an indicator of ability to write and speak Bahasa. They were 37 students from 2012 till 2016, who aged between 20 to 28 years old. The 12 students were males while the rest were female students. These students were spread across 3 faculties. Their original language was Malay whereas the second one was Thai. They actually did not have adequate language skills preparation before having come to Indonesia. Data were collected by using questionnaires with average skills of reading Bahasa was 22. The score of 22 is located between 21-22 interval, which it refers to medium category. While the average of writing skills was in 25 (in a medium category as well). The conclusion that can be obtained in this article is that both the ability to read and write respondents using the language is in the medium category.
Keywords :reading, writing Bahasa, students of South Thailand
***Downloads
References
Anonim, 2017, “Pattani Thailand”, https://en.wikipedia.org/wiki/Pattani,_Thailand, diakses 24 Februari 2017
Arikunto, Suharsimi, 2002, “Prosedur Penulisan Suatu Pendekatan Praktek”, PT Renaka Cipta, Jakarta, hal 112
Anonim, 2017, “Propinsi Yala”, di akses melalui https://id.wikipedia.org/wiki/Propinsi_Yala, pada 18 Oktober 2017
Anonim, 2017, “Wilayah Pattani”, di akses melalui https://ms.wikipedia.org/wiki/Wilayah_Pattani, pada 18 Oktober 2017
Anonim, 2017, “Propinsi Satun”, di akses melalui https://id.wikipedia.org/wiki/Propinsi_Satun, pada 18 Oktober 2017
Handayani, Maya Rini, 2014, The Role of Information Technology in Islamic Da’wa Student Development at Pondok Bantan Nakhon Si Thammarat Southern Thailand, ISBN 978-602-17171-9-6, page 4,
Handayani, Maya Rini 2014, The Role of Information Technology in Islamic Da’wa Student Development at Pondok Bantan Nakhon Si Thammarat Southern Thailand, ISBN 978-602-17171-9-6, page 5
Handayani, Maya Rini, 2017, “Pengaruh Kemampuan Berbahasa Indonesia terhadap Keberhasilan Studi Mahasiswa Pattani Thailand Selatan di UIN Walisongo Semarang”, Laporan Penelitian Individual dibiayai dengan Anggaran DIPA LP2M UIN Walisongo Semarang tahun 2017, hal. 29
Handayani, Maya Rini, 2017, “Pengaruh Kemampuan Berbahasa Indonesia terhadap Keberhasilan Studi Mahasiswa Pattani Thailand Selatan di UIN Walisongo Semarang”, Laporan Penelitian Individual dibiayai dengan Anggaran DIPA LP2M UIN Walisongo Semarang tahun 2017, hal. 37
Yusuf, Muri, 2014,” Metode Penulisan Kuantitatif, Kualitatif dan Penulisan Gabungan”, Jakarta: Prenada Media Group, hal 144
Sugiyono, 2005, “Statistika untuk Penelitian”, CV. Alfabeta, Bandung
Sugiyono, 2007, “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”, Alfabeta, Bandung
Sugiyono, 2011, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, Alfabeta, Bandung
Sugiyono, 2014, “Statistika Untuk Penelitian”, Alfabeta, Bandung
Sudijono, Anas, 2009, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Rajawali Pres, Jakarta, hal. 452-453
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).