pemimpin dalam perspektif total quality managemen
DOI:
https://doi.org/10.21580/wa.v6i1.3100Keywords:
kepemimpinan, total quality managemenAbstract
Lembaga pendidikan dapat dilihat dari peran serta kepala sekolah sebagai pemimpin (leadership). Arah kebijaka yang diambil berdampak pada kinerja seluruh elemen-elemen pendidikan. Sehingga totality dan kuality akan bisa dirasakan seluruh steak holder, dengan berorientasi dan tolok ukur pada kepuasan pelanggan (siswa dan wali murid). Pola kinerja kepala sekolah dapat dilihat dengan empat model yaitu; (1) Pemimpin Otokratis; (2) Pemimpin Pseudo-Demokratis; (3) Pemimpin Lasissez-Faire; (4) Pemimpin Demokratis. Dari empat model tersebut seorang pemimpin dipengaruhi relasi-relasi, baik itu kepada pemerintah, stake holder eksternal, stake holder internal dan lembaga-lembaga sejenis. Hasil dan kemampuan seorang pemimpin dikatakan berhasil apabila mampu memuaskan pelanggan (siswa dan wali murid).
Downloads
References
Gaspersz,Vincent, Total Quality Management, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2002.
Hardjosoedarmo, Soewarso, Bacaan Terpilih Tentang Total Quality Management, Yogyakarta: Andi, 2002.
Indrafachrudi, R. Soekarto, Bagaimana Memimpin Sekolah Yang Efektif, Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2006.
Makawimbing, Jerry H, Kepemimpinan Pendidikan Yang Bermutu, Bandung: Alfabeta Bandung, 2012.
Mulyasa, H.E, Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Sallis, Edward, Total Quality Management In Education Manajemen Mutu Pendidikan, Terj. Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi, Jogjakarta: Ircisod, 2008.
Suhardian, Budi, Studi Pengembangan Kepala Sekolah Konsep Dan Aplikasi, Jakarta: Rineka Cipta, 2012
Tjiptono, Fandy Dan Diana, Anastasia, Total Quality Management, Yogyakarta: Andi Offset, 2002.
Zazin,Nur, Gerakan Menata Mutu Pendidikan Teori Dan Aplikasinya, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).