PENGARUH PEMAHAMAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SMK PONTREN DARUSSALAM DEMAK
DOI:
https://doi.org/10.21580/wa.v5i2.3225Keywords:
Pemahaman Bimbingan Konseling, Prestasi Belajar PAI.Abstract
Penelitian tentang Pengaruh Pemahaman Bimbingan Konseling Terhadap Prestasi Belajar PAI SMK Pontren Darussalam Demak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman bimbingan konseling, untuk mengetahui prestasi belajar PAI, dan untuk mengetahui adakah pengaruh pemahaman bimbingan konseling terhadap prestasi belajar PAI SMK Pontren Darussalam Demak.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunkan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan pengambilan sampel metode random sampling dan teknik analisis data menggunakan rumus regresi dengan diakhiri menggunakan uji keberartian regresi.
Hasil dari penelitian pengaruh pemahaman bimbingan konseling terhadap prestasi belajar PAI SMK Pontren Darussalam Demak Tahun Pelajaran 2016/2017 ini yaitu kontribusi atau sumbangan pengaruh sebesar 31,4 %, sedangkan sisanya sebesar 68,6 % dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulan penelitian ini mengatakan bahwa ada pengaruh dan signifikan antara pemahaman bimbingan konseling terhadap prestasi belajar PAI.Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Aqib, Zainal. 2014. Ikhtisar Bimbingan & Konseling di Sekolah, Bandung: Penerbit Yrama Widya.
Buana Putra, Andi Riswandi, “Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kecenderungan Perilaku Agresif Peserta Didik di SMKN 2 Palangka Raya tahun pelajaran 2014/2015,” Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 1 No. 2 2460-1187.
Daryono, 2014, “Model bimbingan Konseling Komprehensif di SMA,” Jurnal Bimbingan Konseling, 3 (2), 2252-6889
Departemen Agama, 2007, Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan, Jakarta: Sekretariat Ditjen Pendidikan Islam.
Departemen Agama, 2005, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: PT. Syamil Cipta Media.
Fathor Rochman Utsman, 2015, Panduan Statistika pendidikan, Jogjakarta: Diva Press.
Hidayat, Ara dan Imam Machali, 2010, Pengelolaan Pendidikan, Bandung: Pustaka Educa.
Jalaludin, 2009, Psikologi Agama, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Purwanto, 2010, Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk psikologi dan pendidikan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Rohman, Noer, 2013, Pengantar Psikologi Agama, Yogyakarta: Teras.
Sudijono, Anas, 2012, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana Nana, 2016, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Singarimbun. Masri, 2001, Pendekatan Metode Penelitian, Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
W.S. Winkel dan M.M. Sri Hastuti, 2013, Bimbingan Konseling di Institusi Pendidikan, Yogyakarta: Media Abadi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).