PENGARUH INTENSITAS MEMBACA DZIKIR ASMAUL HUSNA DAN SHALAT DHUHUR BERJAMAAH TERHADAP KONTROL DIRI SISWA MA DI KOTA PEKALONGAN
DOI:
https://doi.org/10.21580/wa.v7i1.3865Keywords:
Dzikir Asmaul Husna, Shalat Dhuhur Berjamaah, Kontrol diriAbstract
Abstrak
Artikel ini menjelaskan hasil penelitian tentang ada tidaknya pengaruh intensitas membaca dzikir Asmaul Husna dan shalat Dhuhur Berjamaah Siswa terhadap tingkat kontrol diri siswa MA di Kota Pekalongan. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 16. Hipotesis penelitiannya pertama, yaitu ada pengaruh positif dan signifikan antara Intensitas membaca dzikir Asmaul Husna terhadap kontrol diri siswa. Kedua, ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kebiasaan melakukan shalat dhuhur berjamaah terhadap kontrol diri siswa. Metode penelitian berupa metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengujian hipotesis nol (H0) pertama diterima. Nilai signifikansi t untuk variabel kebiasaan membaca asmaul husna adalah 0,056 dan nilai tersebut lebih kecil dari probabilitas α yang ditetapkan yaitu 0,495 (0,495>0,05). Pengujian menunjukkan H0 diterima dan Ha ditolak. Nilai signifikansi t untuk variabel melakukan shalat zuhur berjamaah adalah 0,119 dan nilai tersebut lebih besar dari probabilitas α yang ditetapkan yaitu 0,05 ( 0,095 > 0,05). Pengujian menunjukkan H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil uji regeresi linear berganda secara parsial, dapat disimpulkan bahwa intensitas kebiasaan membaca asmaul husna dan sholat dhuhur berjamaah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kontrol diri siswa.
Downloads
References
Afriyanti, 2003. Pengaruh Dzikir Beberapa Asmaa-Ul Husna Terhadap Penurunan Agresivitas Siswa Madrasah Aliyah”, (Tidak dipublikasikan. Thesis, Universitas Gadjah Mada Jogjakarta).
Amdjad, 1993, Keistimewaaa dan Peranan Al Asmaa – Al Husnaa Di Zaman Modern, Semarang, Yayasan Majelis Khidmah Al Asmaa - Al Husnaa.
Arikunto, Suharsimi, 1991. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta.
Asmaran AS., Pengantar Studi Dasar, (Jakarta: PT. Grafindo Persada, t.th.).
Aziz, Rahmat dan Yuliati Hotifah, 2005. Hubungan Dzikir Dengan Kontrol Diri Santri Manula Di Pesantren Roudlotul ’Ulum Kediri, Jurnal Psikologi Islami, Vol 1, Nomor 2, Desember 2005.
Aziz, Rahmat dan Yuliati Hotifah, 2005. Hubungan Dzikir Dengan Kontrol Diri Santri Manula Di Pesantren Roudlotul ’Ulum Kediri, Jurnal Psikologi Islami, Vol 1, Nomor 2, Desember 2005.
Badri, Malik, 1996. Tafakur Perspektif Psikologi Islam (Terjemahan : Usman S.H) Bandung: Remaja Rosdakarya.
Budiraharjo, Paulus 1997. Mengenal Teori Kepribadian Mutakhir, Yogyakarta.
Bukhori, Baidi, 2003. Pengaruh Dzikir Beberapa Asmaa-Ul Husna Terhadap Penurunan Agresivitas Siswa Madrasah Aliyah”, (Tidak dipublikasikan. Thesis, Universitas Gadjah Mada Jogjakarta).
Draver,James,Dictionary of Psychology, (London-penguin Book, 1971) hlm.142.
Hadjar, Ibnu. 1999. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Moh Sholeh, Terapi Salat Tahajud, Menyembuhkan Berbagai Penyakit, (Jakarta: Hikmah (PT. Mizan), 2006).
Muhammad bin Mukarram al-Anshari, Jamaluddin, Lisan al-Arab, Juz V, (Mesir: Al-Muassasah al-Ammah Dar al-Misriyah, t.th.). Kanisius.
Suyahmo, Ani Yuniati & Juhadi, Perilaku Menyimpang dan Tindak Kekerasan Siswa SMP di Kota Pekalongan. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/download/16249/8496/.
Syukur, Amin, Zuhud di Abad Modern, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000).
Umar, M. Ali Chasan, Khasiat dan Fadhilah Asmaul Husna, (Semarang: Thoha Putra,1979).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).