PENGARUH INTENSITAS MEMBACA DZIKIR ASMAUL HUSNA DAN SHALAT DHUHUR BERJAMAAH TERHADAP KONTROL DIRI SISWA MA DI KOTA PEKALONGAN

Wirayudha Pramana Bhakti*  -  IAIN Pekalongan, Indonesia

(*) Corresponding Author

Abstrak

Artikel ini menjelaskan hasil penelitian tentang ada tidaknya pengaruh intensitas membaca dzikir Asmaul Husna dan shalat Dhuhur Berjamaah Siswa terhadap tingkat kontrol diri siswa MA di Kota Pekalongan. Pengujian  hipotesis penelitian ini menggunakan  analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 16. Hipotesis penelitiannya pertama, yaitu ada pengaruh positif dan signifikan antara Intensitas membaca dzikir Asmaul Husna terhadap kontrol diri siswa. Kedua, ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kebiasaan melakukan shalat dhuhur berjamaah terhadap kontrol diri siswa. Metode penelitian berupa metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil  pengujian hipotesis nol (H0)  pertama diterima. Nilai signifikansi t untuk variabel kebiasaan membaca asmaul husna adalah 0,056 dan nilai tersebut lebih kecil dari probabilitas α yang ditetapkan yaitu  0,495 (0,495>0,05).  Pengujian menunjukkan H0 diterima dan Ha ditolak. Nilai signifikansi t untuk  variabel  melakukan shalat zuhur berjamaah   adalah  0,119 dan nilai  tersebut  lebih  besar  dari  probabilitas α  yang  ditetapkan  yaitu  0,05 ( 0,095 > 0,05).  Pengujian  menunjukkan  H0  diterima  dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil uji  regeresi  linear  berganda  secara  parsial, dapat  disimpulkan  bahwa  intensitas kebiasaan membaca asmaul husna dan sholat dhuhur berjamaah berpengaruh  positif dan signifikan  terhadap  kontrol diri siswa.

Keywords: Dzikir Asmaul Husna;Shalat Dhuhur Berjamaah;Kontrol diri

  1. Afriyanti, 2003. Pengaruh Dzikir Beberapa Asmaa-Ul Husna Terhadap Penurunan Agresivitas Siswa Madrasah Aliyah”, (Tidak dipublikasikan. Thesis, Universitas Gadjah Mada Jogjakarta).
  2. Amdjad, 1993, Keistimewaaa dan Peranan Al Asmaa – Al Husnaa Di Zaman Modern, Semarang, Yayasan Majelis Khidmah Al Asmaa - Al Husnaa.
  3. Arikunto, Suharsimi, 1991. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Asmaran AS., Pengantar Studi Dasar, (Jakarta: PT. Grafindo Persada, t.th.).
  5. Aziz, Rahmat dan Yuliati Hotifah, 2005. Hubungan Dzikir Dengan Kontrol Diri Santri Manula Di Pesantren Roudlotul ’Ulum Kediri, Jurnal Psikologi Islami, Vol 1, Nomor 2, Desember 2005.
  6. Aziz, Rahmat dan Yuliati Hotifah, 2005. Hubungan Dzikir Dengan Kontrol Diri Santri Manula Di Pesantren Roudlotul ’Ulum Kediri, Jurnal Psikologi Islami, Vol 1, Nomor 2, Desember 2005.
  7. Badri, Malik, 1996. Tafakur Perspektif Psikologi Islam (Terjemahan : Usman S.H) Bandung: Remaja Rosdakarya.
  8. Budiraharjo, Paulus 1997. Mengenal Teori Kepribadian Mutakhir, Yogyakarta.
  9. Bukhori, Baidi, 2003. Pengaruh Dzikir Beberapa Asmaa-Ul Husna Terhadap Penurunan Agresivitas Siswa Madrasah Aliyah”, (Tidak dipublikasikan. Thesis, Universitas Gadjah Mada Jogjakarta).
  10. Draver,James,Dictionary of Psychology, (London-penguin Book, 1971) hlm.142.
  11. Hadjar, Ibnu. 1999. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
  12. Moh Sholeh, Terapi Salat Tahajud, Menyembuhkan Berbagai Penyakit, (Jakarta: Hikmah (PT. Mizan), 2006).
  13. Muhammad bin Mukarram al-Anshari, Jamaluddin, Lisan al-Arab, Juz V, (Mesir: Al-Muassasah al-Ammah Dar al-Misriyah, t.th.). Kanisius.
  14. Suyahmo, Ani Yuniati & Juhadi, Perilaku Menyimpang dan Tindak Kekerasan Siswa SMP di Kota Pekalongan. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/download/16249/8496/.
  15. Syukur, Amin, Zuhud di Abad Modern, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000).
  16. Umar, M. Ali Chasan, Khasiat dan Fadhilah Asmaul Husna, (Semarang: Thoha Putra,1979).
  17. http://www.republika.co.id/berita/kolom/wacana/18/02/04/p3mv8b440-mengapa-ada-siswa-brutal-kepada-guru

Open Access Copyright (c) 2020 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats
apps