EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI SISTEM DARING PADA SISWA SMA DI DESA PLUMBON KECAMATAN SELOPAMPANG KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2020
DOI:
https://doi.org/10.21580/wa.v7i2.6544Keywords:
learning effectiveness, online, high school studentsAbstract
Penggunaan media daring menjadi solusi selama masa darurat kesehatan atas pandemi covid-19 dengan adanya himbauan untuk belajar dari rumah pada tanggal 16 maret – 29 maret 2020. Dalam hal ini dinas pendidikan merespon dengan mengeluarkan surat edaran tentang belajar dari rumah sehingga menjadi dasar penelitian pada siswa SMA desa Plumbon Tahun 2020. Permasalahan yang kemudian dirumuskan dalam penelitian adalah bagaimana efektifitas pembelajaran PAI sistem daring pada siswa SMA di Desa Plumbon Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung Tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode penelitian langsung lapangan, adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa efektifitas pembelajaran PAI menggunakan sistem daring dengan kondisi masa darurat kesehatan covid-19 berjalan kurang efektif. Penggunaan daring atau dalam jaringan memiliki beberapa kekurangan di antaranya respon peserta didik terhadap pembelajaran daring yang masih rendah, beberapa kendalanya kebutuhan kuota internet yang besar, sinyal yang tidak stabil, spesifik gawai yang rendah, dana terbatas dan lainnya.
Downloads
References
Abdullah, Amin, 2006, Metodologi Penelitian Agama: Pendekatan Multidisipliner, Yogyakarta: LP UIN Sunan Kalijaga.
Abdurahman, Dudung, 2006, Metodologi Penelitian Agama Pendekatan Multidisipliner, Yogyakarta: LP UIN Sunan Kalijaga.
Baharuddin, 2015, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Barizi, Ahmad, 2011, Pendidikan Integratif Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam, Malang: UIN-Maliki Press.
Baskoro, Wahyu, -, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Edisi Lux, Jakarta: Setia Kawan Press.
Bektiarso, Singgih, 2015, Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Laksbang Press.
Daryanto, 2013, Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media.
Ismail, 2009, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan, Semarang: Rasail Media.
Karsidi, Ravik, 2011, Sosiologi Pendidikan, Surakarta: LPP UNS.
Komariah, Aan, dan Cepi Triatna, 2005, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Bandung: Bumi Aksara.
Kompri, 2016, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa, Bandung: Rosdakarya.
Mudlofir, Ali, 2017, Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktik, Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Putri Melania, Eka, 2020, Pembelajaran Daring, Apakah Efektif Untuk Indonesia?,(Online),(http://muda.kompas.id/baca/2020/04/06/pembelajaran-daring-apakah-efektif-untuk-indonesia. diakses tanggal 28 April 2020).
Sardiman, A.M., 2004, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Ungguh Muliawan, Jasa, 2014, Metodologi Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Gava Media.
https://pddi.kemendesa.go.id/desa?id=3323152012 diakses tanggal 2 Juni 2020
https://www.kanalpengetahuan.com/arti-kata-daring-dan-luring. Diakses tanggal 10 Juni 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).