IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI PADA RUMAH SINGGAH IBNU KHOLDUN MAJENANG)

Sarno Hanipudin  -  STAI Sufyan Tsauri Majenang, Indonesia
Rantika Meilawati*  -  STAI Sufyan Tsauri Majenang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif, model penelitian yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi . Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui implementasi pembelajaran PAI bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Rumah Singgah Ibnu Kholdun Majenang. (2) Mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran PAI bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Rumah Singgah Ibnu Kholdun Majenang.

Keywords : Pembelajaran PAI, Anak Berkebutuhan Khusus, Rumah Singgah Ibnu Kholdun.

  1. Ahmadi, Abu., dkk. 2001. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  2. Ahmadi, Abu dkk. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  3. Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
  4. Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
  5. Daradjat, Zakiah. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  6. Efendi, Mohammad. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  7. Hadi, Amirul & Haryono. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
  8. Hamalik, Oemar. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
  9. Hanipudin, Sarno. 2009. Pendidikan Islam Di Indonesia Dari Masa Ke masa. Dalam Jurnal Matan Vol 1 (No.1) 2019. http://jos. unsoed.ac.id/index.php/matan/article/view/2037
  10. Hanipudin, Sarno. 2009. Konsepsi Guru Modern Dalam Pendidikan Islam. Dalam Jurnal Al-Munqidz: Jurnal Kajian dan Keislaman. Vol 8 (No.3) 2020. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/amk/article/ view/265
  11. Hamzah, Ali. 2014. Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.
  12. Majid, Abdul dan Diyan Andayani. 2006. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  13. Ramayulis. 2008. Metode Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
  14. Ratri Desiningrum, Danie. 2016. Psikologi Anak ABK. Yogyakarta: Psikosain.
  15. Smith, Mark K. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Jogjakarta: Mirza Media Pustaka.
  16. Saefudin, Asis dan Ika Berdiati. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  17. Santoso, Hargio. 2012. Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : PT. Gosyen Publising.
  18. Somantri, Sutjihati. 2006. Psikologi Anak Luar biasa. Bandung : PT. Refika Aditama.
  19. Sjarifuddin, Aip. 1980. Olahraga Pendidikan untuk Anak Lemah Ingatan. Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Open Access Copyright (c) 2020 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats
apps