PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID KODULAR MATERI ZAKAT MATA PELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DI MADARASAH IBTIDAIYAH

Nur Cholid*  -  Universitas Wahid Hasyim Semarang, Indonesia
Herni Ambarwati  -  Universitas Wahid Hasyim Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Pengembangan media pembelajaran android merupakan salah satu Langkah yang ditempuh agar pendidikan jarak jauh saat ini terfasilitasi dengan maksimal. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui langah-langkah pengembangan media pembelajaran android kodular pada materi zakat pelajaran fikih, mengetahui hasil validasi ahli terhadap produk dan mengetahui respon peserta didik terhadap motivasi belajar setelah menggunakan produk yang dikembangkan oleh peneliti. Model penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini merujuk pada penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono subjek penelitian yang terlibat terdiri dari ahli materi, ahli media, guru dan peserta didik dua puluh Sembilan. Ahli materi memberikan nilai validasi kelayakan terhadap kevalidan materi, ahli media memberikan nilai validasi kelayakan terhadap kevalidan media sedangkan peserta didik sebagai subjek penelitian dengan mengisi angket motivasi belajar siswa dan mengisi pre test serta post test. Data yang diperoleh dianalisis secara analisis diskriptif kuantitatif. Aplikasi android mobile fikih (Moki) layak digunakan dibuktikan  dengan hasil valiasi ahli materi pada aspek pembelajaran dengan  kategori sangat baik  diperoleh nilai 4,7 dan pada aspek isi dengan kategori sangat baik di peroleh nilai 4,5. Sedangkan ahli media pada aspek keterampilan   dengan kategori sangat baik  diperoleh nilai 4,7 dan pada aspek pemograman diperoleh kategori sangat baik diperoleh nilai 4,8. penilaian oleh validator menunjukkan bahwa aplikasi android  sangat layak digunakan untuk media pembelajaran fikih.

Keywords: Pengengembangan Aplikasi Android, Pelajaran Fikih.

  1. Amin, T. J. (2009). Kamus Ushul Fikih. Jakarta: Amzah.
  2. Asyhar. (2011). Kreatifitas Mengembangkan Media Pembelajaran . Jakarta: Gaung Persada.
  3. Aziz, M. K. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Universitas Islam Negeri Yogyakarta, 54.
  4. https://irhamhalik.com/membuat-aplikasi-android-dengan-kodular/. (2010, April 10). https://irhamhalik.com/membuat-aplikasi-android-dengan-kodular/. Retrieved Januari 12, 2021, from https://irhamhalik.com/membuat-aplikasi-android-dengan-kodular/: https://irhamhalik.com/membuat-aplikasi-android-dengan-kodular/
  5. https://salamadian.com/pengertian-android/. (2019, Oktober 23). https://salamadian.com/pengertian-android/. Retrieved Januari 13, 2021, from https://salamadian.com/pengertian-android/: https://salamadian.com/pengertian-android/
  6. Miarso, Y. (2013). Menyemai Benih Teknlogi Pendidikan . Jakarta: Kencana.
  7. Putria, N. S. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  8. Sanaky. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dirantara.
  9. Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajagafindo Persada.
  10. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alvabeta.
  11. Unesco. (2006). Media Education Scientific and Cultural Organization. Paris: Clemi.
  12. Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Open Access Copyright (c) 2021 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats
apps