EFEKTIFITAS METODE CERAMAH DALAM PENYAMPAIAN DAKWAH ISLAM: Studi pada Kelompok Pengajian di Perumahan Mojosongo Permai Kabupaten Boyolali

Maryatin Maryatin*  -  Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga, Indonesia

(*) Corresponding Author

This is a qualitative research that generates two discriptive forms namely people’s written or spoken and also  the behavior that can be observed. Through the qualitative approach which emphasised on the usage of observational techniques involved (participant observation) and in-depth interviews (indepth-interview) in date collection. Participant observation techniques used to obtain a detailed picture of the society condition in the residential neighbourhood of Mojosongo Permai. The results of this research showed that the implementation of payroll in the Mojosongo Permai residential neighborhood that generally has two substantial investigations, investigations of women called "study of the women’s majlis ta'lim in Mojosongo Permai" and Men’s yasinan. Men’s Yasinan held once in a month is not specified because it depends on the encountering citizens. Participants of the study that consists of women in a Moslem Residential area of  Mojosongo Permai. Time discussion executed in the afternoon after the ASR prayer. 

***

 

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan dua bentuk deskripsi yaitu tulisan orang atau lisan dan juga perilaku yang dapat diamati. Pendekatan kualitatif yang menekankan pada penggunaan teknik pengamatan terlibat (observasi partisipan) dan wawancara mendalam (indepth interview-) dalam mengumpulkan data. Teknik observasi partisipan digunakan untuk memperoleh gambaran rinci tentang kondisi masyarakat di lingkungan pemukiman Mojosongo Permai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penggajian di lingkungan perumahan Mojosongo Permai terdapat dua kegiatan yaitu majlis taklim perempuan dan yasinan pria. Yasinan Pria diadakan sekali dalam satu bulan tidak ditentukan karena tergantung pada warga hadapi. Objek  studi yaitu muslimat di daerah Perumahan Mojosongo Permai yang diselenggarakan setiap sore setelah sholat ashar

Keywords: Method, Lecture and Da’wah

  1. Amin, Samsul Munir M.A., Ilmu Dakwah, (Jakarta: Amzah, 2009).
  2. Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: PT. Reneka, 1996)
  3. Arikunto Suharsimi, Pengelolaan Materiil, (Jakarta: Prima Karya, 1987).
  4. Bahtiar, Wardi, etodologi Penelitian Ilmu Dakwah, [Ciputat: Logos Wacana Ilmu, 1997).
  5. Fadhlullah, Muhammad Husain, Metodologi Dakwah dalam Al-Qur’an, (Jakarta:, PT. Lentera basritama, 1997).
  6. Fadjar Malik, Madrasah dan Tantangan Moderenitas, (Bandung: 1998, Mizan)
  7. Fadlullah, Muhammmad Husen, Metodologi Dakwah dalam Al- Qur’an Pegangan Bagi Para Aktivis,Jakarta, (Jakarta: PT. Lentera Basritama, 1982).
  8. Hadi,Sutrisno, Metode Reserch II, (Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 1987)
  9. Halimi, Safrodin, Etika Dakwah dalam Persepektif Al-Qur’an, (Semarang: Walisongo Press, 2008).
  10. Hasmy, Dustur Dakwah menurut al-Qur’an , (Jakarta: Bulan Bintang, 1997).
  11. Moleong Lexi. J., Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002).
  12. Mukhtar Maksum, Madrasah Sejarah dan Perkembangannya, (Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu, 2001).
  13. Munawir Ahmad Warson, Kamus Arab Indonesia, cet. 14, (Surabaya: Pustaka Progresif Cipta, 2002).
  14. Omar, Toha Yahya M.A., Ilmu Dakwah, (Jakarta: Wijaya, 1979).
  15. Sanusi, Shalahudin, Pembahasan Sekitar Prinsip-Prinsip Dakwah Islam, (Semarang: Penerbit Ramadhani, 1964).
  16. Shihab, M. Quraish, Membumikan al-Qur’an, Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat, (Bandung: Mizan, 2001).
  17. Suyanto, Dinamika Pendidikan Nasional Dalam Percaturan Dunia Global (Yogyakarta: Pusat Studi Agama dan Peradaban (PSAP) Muhammadiyah, 2006)
  18. Syukur, Asmuni, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, (Surabaya: Usana Offset Printing, 1983).
  19. Takaran, Cahyadi, Prinsip-Prinsip Dakwah yang Tegar di Jalan Allah, (Yogyakarta: Izzan Pustaka, 2005).
  20. Tilaar, Pendidikan, Kebudayaan dan Masyarakat Madani : Strategi Reformasi Pendidikan Nasional, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000) .
  21. Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia ed. II, cet. 7, (Jakarta: Balai Pustaka 1996).
  22. Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia ed. II, cet. 7, (Jakarta: Halai Pustaka (DepDikNas).
  23. Vebrianto ST., Kapita Selekta Pendidikan. (Yogyakarta: Yayasan Pendidikan “Paramita”, 1984).
  24. Zuhairini dan Abdul Ghafir, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Malang: UM Press, 204).

Open Access Copyright (c) 2016 Jurnal Ilmu Dakwah

View My Stats

 

Indexed by


      

Jurnal Ilmu Dakwah
Published by Faculty of Da'wa and Communication UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +622214085031
https://fakdakom.walisongo.ac.id/
Email: ilmudakwah@walisongo.ac.id

ISSN: 1693-8054 (print)
ISSN: 2581-236X (online)
DOI : 10.21580/jid


This work is licensed under CC Atribution - Non Comercial - ShareAlike 4.0.

 
apps