PEMBERDAYAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) ALHUSNA PASADENA SEMARANG

Hatta Abdul Malik*  -  IAIN Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Salah satu lembaga informal di bidang pendidikan agama yang marak di masyarakat adalah Taman Pendidikan al-Quran. Meskipun sudah banyak TPQ yang sukses dengan jumlah murid yang banyak dan administrasi yang bagus, namun juga masih banyak TPQ yang mengalami kembang-kempis apalagi di tengah perkotaan dan masyarakat ekonomi menengah ke atas, salah satunya adalah TPQ al-Husna di Pasadena Semarang. TPQ ini berada di perumahan menengah ke atas, namun karena kesadaran para orang tua untuk mendidik anak pandai mengaji sangatlah kurang.

Pendampingan yang dilakukan di TPQ al-Husna adalah dengan bersama-sama mengadakan analisa situasi dengan menggunakan analisis SWOT, kemudian melakukan pendampingan untuk penataan administrasi TPQ sekaligus melakukan pendekatan terhadap para orang tua anak-anak di wilayah Pasadena.

Keywords: pemberdayaan, TPQ, anak

  1. Abdurrahman an-Nahlawi, Prinsip dan Metode Penelitian Islam, (Bandung: Diponegoro, 1989).
  2. Armai Arif, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press, 2002).
  3. B.Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 1997).
  4. Direktur Jenderal Bimbingan Agama Islam, Metode-metode Membaca Al-Qur’an di Sekolah Umum, (Jakarta: Depag RI, 1998).
  5. Donald D. Hammil dan Nettie R. Bartel, Teaching Children with Learning and Behavior Problem, (Masschusetts: Allyn and Bacon, Inc, 1978).
  6. Dr.Dawud al-Aththar, Perspektif Baru Ilmu Al-Qur’an, (Bandung: Pustaka Hidayah, 1994).
  7. Endang Poerwanti dan Nur Widodo, Perkembangan Peserta Didik, (Malang:Univesrsitas Muhammadiyah Malang Pers, 2002).
  8. Hasanudin, AF, Perbedaan Qira’at dan Pengaruhnya terhadap Istinbath Hukum dalam Al-Qur’an, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995).
  9. Imam Murjito, Pedoman Metode Praktis Pengajaran Ilmu Al-Qur’an Qiroati,(Semarang: Raudhatul Mujawwidin, t.th.).
  10. Imam Murjito, Pengantar Metode Qiroati, (Semarang: Raudhatul Mujawwidin, t.th).
  11. Rusdarti. (2010). Potensi ekonomi daerah dalam pengembangan UKM unggulan di Kabupaten Semarang, Jurnal JEJAK, Vol. 3(2).
  12. Said Agil Husin al-Munawwar, Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002).
  13. Saiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000).
  14. Sudarso, System Membaca Cepat Dan Efektif, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993).
  15. Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar EvaluasiPendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2001).
  16. Suharsimi Arikunto, Manajemen Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005), Cet. 7.
  17. Syaiful sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Mengajar, (Bandung: CV. Alfabeta, 2006).
  18. Wayan Nurkancana, Evaluasi pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1986).
  19. Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2007).
  20. Yusuf Qardhawi, Berinteraksi Dengan Al-Qur’an, (Jakarta: Gema Insani Press, 2000).
  21. http://www.qiraati.org.
  22. http;//nuhamaarif.blogspot.com/2007/08/metode-cepat-membaca-kitab.html.

Open Access Copyright (c) 2016 Hatta Abdul Malik

Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan
Institute for Research and Community Services (LP2M)
UIN Walisongo, Semarang, Indonesia
Jl. Walisongo No 3-5 Semarang 50185
Central Java, Indonesia
Website: https://lp2m.walisongo.ac.id/
Email: dimas@walisongo.ac.id

ISSN: 1411-9188 (Print)
ISSN: 2502-9428 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

apps