PENGUATAN KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIS BAGI GURU MATEMATIKA SMA/MA/SMK SE KECAMATAN NGALIYAN MELALUI PEMANFAATAN SOFTWARE MAPLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.21580/dms.2015.152.752Keywords:
guru matematika, software MAPLE, kompetensi profesional, kompetensi pedagogisAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan agar dapat memperkuat kompetensi profesional dan pedagogis guru matematika melalui pemanfaatan software MAPLE dalam pembelajaran matematika. Selain itu, dapat membuat siswa tertarik terhadap pelajaran matematika. Subjek dampingan pada kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru matematika SMA/SMK/MA se Kecamatan Ngaliyan. Berdasarkan hasil pelatihan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa guru-guru matematika merasakan manfaat yang nyata dari pemanfaatan software MAPLE. Guru merasa terbantu dengan adanya software MAPLE ini. Selama proses pembelajaran, siswa fokus memperhatikan penjelasan guru. Siswa merasa senang belajar matematika.Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pembelajaran Secara Manusiawi. Jakarta: PT Rineka Cipta. Cet. II.
Heal, K.M., M.L. Hansen dan K.M. Rickard. 1998. Maple V : Learning Guide. Waterloo Maple Inc. Canada.
Mulyasa, E. 2007.Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Piet A. Sahertian. 1994. Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset.
Sagala, Syaiful. 2009. Kemampauan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan.Bandung :Alfabeta.
Zamania, Indah Zakiyah .2008. Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Raudhatul Athfal Al-Ikhlas Sukodadi, Lamongan.Skripsi.Malang : UIN Malang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Therefore, the author must submit a statement of the Copyright Transfer Agreement.*)
Licensing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In line with the license, authors are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.
_______
*) Authors whose articles are accepted for publication will receive confirmation via email and send a Copyright Transfer Agreement.