PENGUATAN KAPASITAS TAHSIN MELALUI METODE NURRANIYAH UNTUK BAGI GURU-GURU PAUD DAN TK DI KOTA SEMARANG

Authors

  • Dwi Mawanti UIN Walisongo

DOI:

https://doi.org/10.21580/dms.2015.152.753

Keywords:

Tahsin, MetodeNuraniyyah, Guru Pauddan TK.

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa pendampingan dalam pelatihan metode tasin nuroniyahini bertujuan untuk memberikan pendampingan, pengetahuan dan keterampilan dalam Metode Tahsin Untuk Anak Usia Dini Bagi Guru-Guru Paud Dan TK Di Kota Semarang. kegiatan ini akan menjadi rangsangan inovatif agar para guru PAUD dapat saling berinteraksi dan brainstorming dalam menyikapi kebutuhan pengenalan yang kian kompleks, khususnya terkait metode tahsin. Khalayak sasaran dalam kegiatan PPM ini adalah guru-guru PAUD  dan TK BIAS di Kota Semarang   yang berjumlah 15 orang. Pendampingan dalam pengembangan metode tahsin dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi dan latihan yang disertai tanya jawab. Metode ceramah digunakan untuk menjelaskan konsep metode tahsin. Metode demonstrasidipakai untuk menunjukkan suatu proses kerja yaitu tahap-tahap pengembangan pembelajaran tahsin metode nouroniyah, sedangkan metode latihan untuk mempraktikkan pembelajaran metode tahsin. Sementara metode tanya jawab untukmemberi kesempatan para peserta berkonsultasi dalam mengatasi kendala dalam pembelajaran metode tahsin Nuroniyah.Ketersediaan tenaga ahli yang memadai dalam pengembangan pembelajaran metode tahsin bagi guru PAUD dan TK di Kota semarang, antusiasme peserta, dukungan kepala sekolah terhadap pelaksanaan kegiatan dan dana pendukung dari LP2M UIN Walisongo  merupakan pendukung terlaksananya kegiatan PPM ini. Adapun kendala yang dihadapi adalah keterbatasan waktu untuk pelatihan.Manfaat yang dapat diperoleh peserta dari kegiatan PPM ini antara lain dapat mengenal metode tahsin Nuroniyah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Mujib, Kepribadian dalam Psikologi Islam, (Jakarta : Raja Grafindo, 2006)

Al-Khatib Al-Baghdadi Dengan Pentahqiq Syaikh Al-Albani. Kitab Ilmu Dan Amal. Terbitan Najla Press Tahun 2000

Charles Sceafes, Bagaimana Mempengaruhi Anak Pegangan Praktis bagi OrangTua, (Semarang: Dahara Prize, 1994)

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia

Gusti Ngurah Oka, Pengantar Membaca Dan Pengajarannya, (Surabaya:Usaha Nasional, 1983)

Hasbullah Thabrany, Rahasia Sukses Belajar, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1997)

http://qiraati.wordpress.com/2009/11/12/visi-misi-dan-ciri-ciri-qiraati/

Humam, As‟ad, Cara Cepat Belajar Tajwid Praktis,(Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ Nasional, 2005

Imaluddin Ismail, Pengembangan Kemampuan Belajar Anak-Anak, (Jakarta: BulanBintang, 1990)

Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta : Hidakarya Agung, 1992)

Maksum Farid, dkk,Cepat Tanggap Belajar Al-Qur’an An-Nahdhiyah,(Tulungagung : LP. Ma’arif ,1992)

Moh. Mungin Arief, Khanan Muhtar, pedoman pengelolaan taman pendidikan Al-Qu’an metode An-nahdiyah,(Tulungagung : LP. Ma’arif NU,1993)

Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesuitan Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1999)

Nashruddin Baidan, Metodologi Penafsiran Al Qur’an, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005)

Sayyid Sabiq, Unsur-unsur Dinamika dalam Islam, Terjemahan Yusuf S. Harjono,(Jakarta: PT. Intermasa, 1987)

Sheikh Noor Mohammed Haqqani,Al-Qaidah An-Noraniah, (New Delhi: Al Furqon, 2007)

Syahminan Zaini dan Ananto Kusuma Seta, Bukti-Bukti Kebenaran Al-Qur’an sebagai Wahyu Allah, (Jakarta, Kalam Mulia, 1996).

Syarifuddin, Ahmad, Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al Qur`an, (JakartaGema Insani, 2008)

Undang-undang RI No 20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Bandung:Fokus Media, 2003)

Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta, Bumi Aksara, 2000)

Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: BumiAksara, 1994)

Zumrotul Fitriyah, Metode Jibril Sebuah Alternatif Sistem Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Pesantren Ilmu Al-Qur’an(Singosari Malang, 2008)

Downloads

Published

2017-08-15

Issue

Section

Articles