Peningkatan Kompetensi Guru PAUD dalam Rangka Pengembangan Metode Tahsin Al Qur’an untuk Perfomansi Peserta Didik di Wilayah Kedungsepur (Kendal, Demak, Ungaran, Semarang, Purwodadi)

Dwi Mawanti*  -  UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG, Indonesia
Ahmad Hasmi Hasona  -  UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG, Indonesia
Miswari Miswari  -  UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG, Indonesia

(*) Corresponding Author

Community service activities such as mentoring in training methods tahsin quran aims to provide mentoring, knowledge and skills in Tahsin method for early childhood teachers for early childhood and kindergarten in kedungsepur region. This activity will be an innovative stimulus that Raudhatul Athfal and kindergarten teachers can interact and brainstorm in addressing the needs of the introduction of increasingly complex, particularly related to methods tahsin quran. The target audience in the activities is teachers Raudhatul Athfal and kindergartens in the region kedungsepur totaling 100 people. Assistance in the development of methods tahsin done with lectures, demonstrations and exercises are accompanied by question and answer. Lecture method is used to explain the concept of tahsin method. Demonstration methods used to denote a work process ie development stages tahsin learning the Qur’an, while the method of exercise to practice learning methods tahsin. While the question and answer method to allow participants to consult in overcoming obstacles in the learning method tahsin quran.

The availability of sufficient expertise in the development of teaching tahsin methods for teacher’s Raudhatul Athfal or kindergartens in the region Kedungsepur, the enthusiasm of the participants, support of school principals on the implementation of activities and funding support from Islamic Higher Education Directorate of Religious Affairs in 2015 is implementation supporting these activities. The constraints faced is limited time for training.

The benefits that can be obtained by the participants of this activity can know the various methods tahsin quran, such as: Nuroniyah, Qiraati, Ummi, and Yanbu'a.

 

Kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa pendam­pingan dalam pelatihan metode tahsin al-qur'an bertujuan untuk memberikan pendampingan, pengetahuan dan keterampilan dalam Metode Tahsin Untuk Anak Usia Dini Bagi Guru-Guru Paud Dan TK Di wilayah kedungsepur. kegiatan ini akan menjadi rangsangan inovatif agar para guru RA dan TK dapat saling berinteraksi dan brainstorming dalam menyi­kapi kebutuhan pengenalan yang kian kompleks, khususnya terkait metode tahsin al-qur'an. Khalayak sasaran dalam kegiatan PPM ini adalah guru-guru RA dan TK di wilayah kedungsepur yang berjumlah 100 orang. Pendampingan dalam pengembangan metode tahsin dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi dan latihan yang disertai tanya jawab. Metode ceramah digunakan untuk menjelaskan konsep metode tahsin. Metode demons­trasi dipakai untuk menunjukkan suatu proses kerja yaitu tahap-tahap pengembangan pembelajaran tahsin al-qur'an, sedangkan metode latihan untuk memprak­tikkan pembelajaran metode tahsin. Sementara metode tanya jawab untuk memberi kesempatan para peserta berkonsultasi dalam mengatasi kendala dalam pembelajaran metode tahsin al-qur'an.

Ketersediaan tenaga ahli yang memadai dalam pengem­bangan pembelajaran metode tahsin bagi guru RA dan TK di wilayah kedungsepur, antusiasme peserta, dukungan kepala sekolah terhadap pelaksanaan kegiatan dan dana pendukung dari Diktis Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama tahun 2015 merupakan pendukung terlak­sananya kegiatan ini. Adapun kendala yang dihadapi adalah keterbatasan waktu untuk pelatihan.

Adapu manfaat yang dapat diperoleh peserta dari kegiatan ini antara lain dapat mengenal beragam metode tahsin al-quran, seperti : Nuroniyah, Qiraati, Ummi, dan Yanbu'a.

Keywords: Metode, Tahsin, Usia Dini

  1. Abdul Mujib, Kepribadian dalam Psikologi Islam, (Jakarta : Raja Grafindo, 2006)
  2. Al-Khatib Al-Baghdadi Dengan Pentahqiq Syaikh Al-Albani. Kitab Ilmu Dan Amal. Terbitan Najla Press Tahun 2000
  3. Charles Sceafes, Bagaimana Mempengaruhi Anak Pegangan Praktis bagi OrangTua, (Semarang: Dahara Prize, 1994)
  4. Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia
  5. Gusti Ngurah Oka, Pengantar Membaca Dan Pengjarannya, (Surabaya:Usaha Nasional, 1983)
  6. Hasbullah Thabrany, Rahasia Sukses Belajar, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1997)
  7. Hasbullah Thabrany, Rahasia Sukses Belajar, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1997)s
  8. http://qiraati.wordpress.com/2009/11/12/visi-misi-dan-ciri-ciri-qiraati/
  9. Humam As’ad Buku Iqro’, Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ Nasional, 2000
  10. Humam, As‟ad, Cara Cepat Belajar Tajwid Praktis, Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ Nasional, 2005
  11. Imaluddin Ismail, Pengembangan Kemampuan Belajar Anak Anak, (Jakarta: BulanBintang, 1990)
  12. M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an Tafsir, (Yogyakarta, Bulan Bintang, 1980)
  13. Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta : Hidakarya Agung, 1992), cet 7
  14. Maksum Farid, dkk,Cepat Tanggap Belajar Al-Qur’an An-Nahdhiyah,(Tulungagung LP. Ma’arif ,1992)
  15. Manna’ Khalil al-Qattan, Mahabbits fi ‘Ulum Al-Qur’an, (Beirut, Man syurat al-a’Asr al hadist, 1973)
  16. Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar
  17. Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesu¬litan Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1999)
  18. Nashruddin Baidan, Metodologi Penafsiran Al Qur’an, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005Moh. Mungin Arief, Khanan Muhtar, pedoman pengelo¬laan taman pendidikan Al-Qu’an metode An-nahdi¬yah, (Tulung¬agung : LP. Ma’arif NU,1993)
  19. Ramayulis. Metodologi Pengajaran Agama Islam. 1990. Jakarta: Kalam Mulia
  20. Sayyid Sabiq, Unsur-unsur Dinamika dalam Islam, Terjemahan Yusuf S. Harjono,(Jakarta: PT. Intermasa, 1987)
  21. Sheikh Noor Mohammed Haqqani (2007) Al-Qaidah An Noraniah, New Delhi: Al Furqon
  22. Syahminan Zaini dan Ananto Kusuma Seta, Bukti-Bukti Kebenaran Al-Qur’an sebagai Wahyu Allah, (Jakarta, Kalam Mulia, 1996), hlm. 3-4.
  23. Syarifuddin, Ahmad, Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al Qur`an, JakartaGema Insani, 2008
  24. Undang-undang RI No 20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Bandung:Fokus Media, 2003)
  25. Wawancara awal tentang metode Nuraniyah, sumber Ahmad Syamsudin, S.Pd.I. 30 April 2015, bertempat di Daqu School Semarang
  26. Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta, Bumi Aksara, 2000), hlm. 19
  27. Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam,Bumi (Jakarta: Aksa¬ra, 1994), hlm. 96
  28. Zumrotul Fitriyah(2008) Metode Jibril Sebuah Alternatif Sistem Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Pesantren Ilmu Al-Qur’an. Singosari Malang

Open Access Copyright (c) 2016 Dwi Mawanti, Ahmad Hasmi Hasona, Miswari Miswari

Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan
Institute for Research and Community Services (LP2M)
UIN Walisongo, Semarang, Indonesia
Jl. Walisongo No 3-5 Semarang 50185
Central Java, Indonesia
Website: https://lp2m.walisongo.ac.id/
Email: dimas@walisongo.ac.id

ISSN: 1411-9188 (Print)
ISSN: 2502-9428 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

apps