Kefektifan Pembelajaran Berbantuan Alat Peraga Perpindahan Kalor Secara Konduksi, Konveksi, Dan Radiasi untuk Mendukung Pemahaman Konsep Mahasiswa

etik irawati, wawan kurniawan, Choirul Huda

Abstract


Telah berhasil dilakukan penelitian keefektifan pembelajaran berbantuan alat peraga perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi untuk mendukung pemahaman konsep mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas PGRI Semarang Jurusan S1 Pendidikan Matematika yang mengambil mata kuliah Fisika Dasar semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian sebanyak 41 mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes dan angket. Teknik statistik menggunakan paired sample t-test. Dari penelitian dihasilkan bahwa penggunaan alat peraga perpindahan kalor dalam pembelajaran efektif untuk mendukung pemahaman konsep mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Aminulloh, A.M., 2018. Keefektifan Alat Peraga Bunyi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. E- jurnal Pensa. Volume 06, Nomor 02, 134- 140

Decaprio, R., 2002. Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. Jogjakarta. Diva Press

Huda, C., Sulisworo, D., dan Toifur, M., 2017. Analisis Buku Ajar Termodinamika dengan Konsep Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) untuk Penguatan Kompetensi Belajar Mahasiswa, Vol 8, No 1 , DOI: 10.26877/jp2f.v8i1.1330

Mu’min, A. N., Sarwi, dan Aklis, I., 2015. Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Berbantu Media Simulasi Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar. UNNES Physics Education Journal. 4 (3). ISSN 2252- 6935

Nafisah, D., Sulhadi, Yulianti, D., 2018. Pembelajaran Fisika Berbantuan Alat Peraga Proyektor Smartphone untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Optik pada Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal (7) (1), ISSN 2252- 6935

Supriyono, K. 2003. Strategi Pembelajaran Fisika. Malang: JICA

Sutikno S. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica

Singgih, H. A. & Suparwoto. 2018. Pengembangan Media Belajar Mandiri Berbasis Aplikasi WhatsApp Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Kelas Xi SMA N 1 Purwokerto. Jurnal Pendidikan Fisika Volume 7, Nomor 1 (36): 29-37


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Physics Education Research Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Copyright © Physics Education Research Journal


Physics Education Department
Faculty of Science and Technology
Jln. Prof. Dr. Hamka Kampus II UIN Walisongo Semarang-Indonesia
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------