Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika

Erfin Nurfalah

Abstract


Belakangan ini era revolusi industri 4.0 menjadi perbincangan dunia. Kini dunia tengah menyaksikan perkembangan teknologi disegala sektor. Sehingga perkembangan tersebut membawa hal positif bahkan di bidang pendidikan. Namun hal tersebut juga menjadi sebuah tantangan bagi pendidik 4.0, dimana kemampuan literasi teknologi harus dimiliki. Karena kompetensi abad 21 menuntut agar peserta didik terlibat langsung dalam proses pembelajaran yang memanfaatkan internet, dimana peserta didik bukan hanya sebatas mencari informasi, tapi peserta didik juga melaksanakan pembelajaran secara online. Oleh karena itu tujuan dari makalah ini adalah mengoptimalkan e-learning berbasis virtual class dengan google classroom sebagai media pembelajaran fisika. Metode yang digunakan adalah studi pustaka, yaitu mencari dan mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan e-learning, virtual class, dan google classroom. Kemudian informasi yang diperoleh di analisis.Fitur dasar Google classroom terdiri dari topik, bahan ajar, pertanyaan, tugas kuis, dan tugas. Pengoptimalan fitur Google classroom mempunyai dampak yang penting bagi pembelajaran di era revolusi industri 4.0, antara lain (1) pembelajaran dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi, (2) tidak terbatas oleh ruang dan waktu, (3) peserta didik terlibat langsung dalam proses pembelejaran yang memanfaatkan internet, (4) materi pembelajaran mudah di akses, (5) melatih keterampilan literasi data dan literasi teknologi.Google classroom merupakan layanan berbasis internet yang disediakan oleh Google dengan sistem e-learning. Sehingga dapat dijadikan media pembelajaran yang efisien, efektif serta interaktif untuk menunjang pembelajaran berbasis teknologi.

Full Text:

PDF

References


Fitriningtiyas, Umamah, & Sumardi. 2019. Google classroom: As a Media of Learning History. Journal of Physics .

Hakim, A. B. 2016. Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo. STIMIK ESQ

Kasali, R. 2018. Disruption. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Parray. 2017. Indonesia Jobs Outlook 2017 Harnessing Technology For Growth and Job Creation. Jakarta: International Labour Office.

Rahmad, R., Wirda, M. A., & Berutu, N. 2019. Google Classroom Implementation In Indonesian Higher Education. Journal of Physics .

Sohibun, & Ade, F. Y. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah .

Sudarsana, K., Putra, M. A., Astawa, N. T., & Yogantara, W. L. 2019. The Use of Google Classroom in The Learning Process. Journal of Physics .

Yustanti, I., & Novita, D. 2019. Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Physics Education Research Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Copyright © Physics Education Research Journal


Physics Education Department
Faculty of Science and Technology
Jln. Prof. Dr. Hamka Kampus II UIN Walisongo Semarang-Indonesia
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------