Analisis Validitas dan Reliabilitas Alat Peraga Tabung Resonansi Horizontal beserta Instrumennya untuk Menunjang Keterampilan Generik Sains Siswa

Choirul Huda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen dan alat peraga Tabung Resonansi Horizontal untuk menunjang Keterampilan Generik Sains siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dengan jumlah 10 aktivitas siswa yang diamati. Sedangkan media pembelajaran yang digunakan adalah produk berupa alat peraga Tabung Resonansi Horizontal dan pedoman penggunaan alat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kualitatif untuk menilai dan mengetahui kualitas instrumen serta alat peraga yang valid dan reliabel untuk menunjang Keterampilan Generik Sains siswa. Instrumen dan alat peraga masing-masing divalidasi oleh dua ahli pendidikan fisika. Hasil penelitian menunjukkan: 1) persentase rata-rata validitas validasi oleh kedua ahli dengan kriteria sangat valid pada instrumen lembar observasi 85,42%, alat peraga Tabung Resonansi Horizontal 91,67%, dan pedoman penggunaan alat 100%, 2) persentase reliabilitas validasi oleh kedua ahli dengan kriteria reliabel pada instrumen lembar observasi 88,23%, alat peraga Tabung Resonansi Horizontal 97,06%, dan pedoman penggunaan alat 100%. Berdasarkan hasil penelitian, maka instrumen dan alat peraga Tabung Resonansi Horizontal dapat digunakan untuk menunjang Keterampilan Generik Sains siswa dengan kriteria sangat valid dan reliabel.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asy'ari, M., Ikhsan, M., & Muhali. 2018. Validitas Instrumen Karakterisasi Kemmapuan Metakognisi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Prima Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(1), pp. 18-26.

Fitriyani, L., & Wiyatmo, Y. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran VLOG (Video Blogging) pada Materi Usaha dan Energi untuk Menumbuhkan Kemandirian dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ngaglik. Jurnal Pedidikan Fisika, 6, pp. 427-435.

Nuroso, H., Siswanto, J., Huda, C. 2018. Developing a Learning Model to Promote the Skills of Analytical Thinking, Journal of Education and Learning (EduLearn), Vol.12, No.4, November 2018, pp. 775~780 DOI: 10.11591/edulearn.v12i4.5814

Sudarmin. 2012. Keterampilan Generik Sains dan Penerapannya dalam Pembelajaran Kimia Organik. Semarang: Unnes Press.

Susilawati, Huda, C., Kurniawan, W., Masturi, and Khoiri, N. 2018. Analysis of pre-service physics teacher skills designing simple physics experiments based technology, J Phys: Conf Ser 983 012045

Widyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. 2012. Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, pp. 51-56.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Physics Education Research Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Copyright © Physics Education Research Journal


Physics Education Department
Faculty of Science and Technology
Jln. Prof. Dr. Hamka Kampus II UIN Walisongo Semarang-Indonesia
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------