Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta didik Kelas XI IPA.3 SMAN 6 Pekanbaru Semester Genap

lasma br hotang

Abstract


Hasil observasi awal dari penelitian ini adalah hasil wawancara pengetahuan yang diperoleh peserta didik dalam kelas hanya bertahan sesaat dalam kelas dan tidak mampu menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata diperkuat juga dengan hasil ulangan yang rendah dimana hanya ada 7 orang (19,4%) yang tuntas dari 36 peserta didik dan ada 29 orang (80,5%) tidak tuntas. Prosedur penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus dan akhir setiap siklus dilakukan ulangan harian untuk melihat peningkatan motivasi dan hasil belajar. Rata-rata ulangan harian pada siklus I adalah 65,11 kategorinya cukup, 14 peserta didik tuntas (38,88%) dan 22 peserta didik belum tuntas (61,11%) dan pada siklus II adalah 78,47 kategori baik 33 peserta didik tuntas (91,7%) dan 3 peserta didik belum tuntas (8,3%). Penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar fiska bagi peserta didik kelas XI IPA 3 SMAN 6 Pekanbaru.


Keywords


discovery learning; learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Aprilia, L. & Mulyaningsih, S., 2014. Penerapan Perangkat Pembelajaran Materi Kalor melalui Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Guided Discovery Kelas X SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 3(3): 1–5.

Arikunto suharsimi, Suhardjoho & Supardi, 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Decaprio, R., 2002. Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Destalina, Ali, M. & Palloan, P., 2019. Efektivitas Penerapan Discovery Learning Pada Pembelajaran Sains Berorientasi Inquiry Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 13 Makasar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 15(1): 1–7.

Fitri, M. & Derlina, 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada MATERI Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Inpafi, 3(2): 89–96.

Hamzah, 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafi, 2016. The Effect of Discovery Learning Method Application on Increasing Students’ Listening Outcome and Social Attitude. Dinamika Ilmu, 16(2): 291–306.

Khamidah, N., Winarto & Mustikasari, V.R. 2019. Discovery Learning: Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 3(1): 87–99.

Kusuma, T., Indrawati & Harijanto, A. 2015. Model Discovery Learning disertai Teknik Probing Prompting dalam Pembelajaran Fisika di MA. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(4): 336–341.

Mursell, J. & Nasution. 2010. Mengajar Dengan Sukses (Successful Teaching. Jakarta: Bumi Aksara.

Riyanto, Y. 2015. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Guru/Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efekktif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Medis Group.

Sahara, L. & Sani, R. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Hasil Belajar dan AKtivitas Siswa pada MAteri Pokok Suhu dan Kalor di SMA Negeri Limapuluh. Jurnal Inpafi, 4(2): 1–6.

Saidatunnisa, Hamid, A. & Wahyuni, A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Tipe Guided Discovery dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIPA 2 DI SMAN 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1): 20–29.

Sanjaya, 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Sari, P.I. & Harjono, A. 2016. Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, II(4): 176–182.

Schuchard, A.M., Tekkumru-Kisa, M. & Schunn, C.D., 2017. How much professional development is needed with educative curriculum materials? It depends upon the intended student learning outcomes. Science Education, 101(6): 1015–1033.

Singgih, H.A. & Suparwoto. 2018. Pengembangan Media Belajar Mandiri Berbasis Aplikasi WhatsApp Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Kelas Xi SMA N 1 Purwokerto. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1): 32–38.

Sutikno, S., 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Tompo, B., Ahmad, A. & Muris, M. 2016. The Development of Discovery-Inquiry Learning Model to Reduce the Science Misconceptions of Junior High School Students. International Journal of Junior High School Students, 11(12): 5676–5686.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Physics Education Research Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Copyright © Physics Education Research Journal


Physics Education Department
Faculty of Science and Technology
Jln. Prof. Dr. Hamka Kampus II UIN Walisongo Semarang-Indonesia
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------