PENANAMAN NILAI-NILAI ASWAJA AN-NAHDLIYIN DAN TRADISI KEAGAMAAN MASYARAKAT (UPAYA UNTUK MELESTARIKAN PRAKTEK KEAGAMAAN MASYARAKAT DAN FILTERISASI TERHADAP GEJOLAK ALIRAN LAIN DI ERA MODERN)

Nehru Millat Ahmad*  -  Sekolah Tinggi Islam Kendal, Kendal, Indonesia
Lau Han Sein  -  Universitas Singaperbangsa, Karawang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Research Instrument

Penelitian ini membahas terkait penanaman nilai-nilai aswaja an-Nahdliyin di era modern guna melestarikan dan memfilter akan gejolak aliran lain. Sebagaimana Maraknya aliran dan ajaran Islam dengan berbagai perbedaan, acapkali menimbulkan perbandingan bahkan perdebatan untuk berlomba-lomba untuk melegitimasi bahwa aliran yang dijalani merupakan ajaran yang sesuai dan merupakan ajaran Nabi Muhammad, sahabat maupun tabi’in. permasalahan yang akan di jawab pada penelitian ini adalah bagaimana praktek dan nilai-nilai aswaja an-Nahdliyin di era modern dan bagaimana cara memfilter masyarakat modern terhadap gejolak aliran lain dengan menggunakan nilai nilai aswaja an-Nahdliyin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka. Pada penelitian ini tergolong kepada penelitian basic research, yaitu penelitian dalam rangka memperluas dan memperdalam pengetahuan secara teoritis. Hasil dari penelitian ini adalah; Aswaja An-Nahdliyah memiliki sumbangsih yang cukup besar dalam upaya menanamkan sikap-sikap sesuai ajaran yang telah diwariskan oleh Nabi Muhammad dan para sahabat. Salah satu aspek nilai-nilai Aswaja an-Nahdliyah dengan sikap tasamuh (toleran), mampu menjadi filter manusia di era modern dari tawaran-tawaran dan ajaran paham Islam radikal yang semakin marak bertebaran.

Supplement Files

Keywords: Aswaja an-Nahdliyin, Tradisi Keagamaan, Masyarakat, Era Modern.

  1. Al-Naisābūrī, Muslim Bin Al-Hajāj Abū Al-Ḥasan Al-Qusairī. Ṣaḥīḥ Muslim. Beirut: Dar Ihya` Al-Turats Al-’Arabi, n.d.
  2. Al-Nawawī, Abu Zakariā Muḥyī Al-Dīn Yaḥya Bin Syaraf. Al-Manhāj Saraḥ Ṣaḥīḥ Muslim. Beirut: Dar Ihya` Al-Turats Al-’Arabi, n.d.
  3. Al-Tirmidzī, Muhammad Bin ‘Īsa Bin Mūsa Bin Al-Ḍahāk. Sunan Tirmidzī. Beirut: Dār Al-Gharb Al-Islamī, 1998.
  4. Anwar, Jamaluddin Shabri Shaleh. Ilmu Kalam (Khazanah Intelektual Pemikiran Dalam Islam). 1st ed. Indragiri: PT Indragiri, 2020.
  5. Arif, Muhamad. “Revitalisasi Pendidikan Aswaja An Nahdliyah (Ke-Nu-An) Dalam Menangkal Faham Radikalisme Di SMK Al-Azhar Menganti Gresik.” J-Pai: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 1 (2018): 15–25. https://doi.org/10.18860/jpai.v5i1.6052.
  6. Asir, Ahmad. “Agama Dan Fungsinya Dalam Kehidupan Umat Manusia.” Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Keislaman 1, no. 1 (2014): 50–58.
  7. Asy’ari, Muhammad Hasyim. Risalah Ahl Al-Sunah Wa Al-Jamaah: Fi Hadits Al-Mauta Wa Asyrath Al-Sa’at Wa Bayan Mafhum Al-Sunah Wa Al-Bid’ah. Jakarta: LTM PBNU, 2011.
  8. Bukhori, Imam. “Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Mata Pelajaran Aswaja Dan Ke-Nu-An Siswa SMP/MTS.” At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan 4, no. 1 (2018): 35–56. https://doi.org/10.36835/attalim.v4i1.51.
  9. Falakhi, Khifti Maulaya, Ngarifin Shidiq, and Vava Imam Agus Faisal. “Upaya Guru Ke-Nu-An Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Aswaja Pada Peserta Didik Di SMP Islam Ngadirejo Temanggung.” Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan 2, no. 2 (June 28, 2023): 1–11. https://doi.org/10.55606/jurripen.v2i2.1417.
  10. Hamzah, Muchotob. Pengantar Studi Aswaja An-Nahdliyah. 1st ed. Yogyakarta: LKIS, 2017.
  11. Haris, Munawir. “Islam Moderat Konteks Indonesia Dalam Perspektif Historis.” Tasamuh: Jurnal Studi Islam 7, no. 2 (2015): 257–72. https://doi.org/10.21831/moz.v5i1.4338.
  12. Jawas, Yazid Bin Abdul Qadir. Syarh Aqidah Ahlu Sunnah Wa Al-Jamaah. Bogor: Pustaka Imam As-Syafi’i, 2006.
  13. Kharismatunisa’, Ilma, and Mohammad Darwis. “Nahdlatul Ulama Dan Perannya Dalam Menyebarkan Nilai-Nilai Pendidikan Aswaja An-Nahdliyah Pada Masyarakat Plural.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 14, no. 2 (August 15, 2021): 141–63. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i2.1094.
  14. Khomsinnudin, Ahmad Tamyiz, and Bella Finda Milenia. “Penanaman Nilai-Nilai Ahlussunah Waljamaah Berbasis Kebangsaan Kepada Siswa/I SMK Al-Iman Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang.” Al-Ishlah Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (June 3, 2021): 11–20.
  15. Lakonawa, Petrus. “Agama Dan Pembentukan Cara Pandang Serta Perilaku Hidup Masyarakat.” Humaniora 4, no. 2 (2013): 790–99. https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.91.
  16. Mas’ud, Abdurrahman. Intelektual Pesantren: Perhelatan Agama Dan Tradisi. Yogyakarta: LKIS, 2004.
  17. Miftahuddin. “Islam Moderat Konteks Indonesia Dalam Perspektif Historis.” Mozaik: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora 5, no. 1 (2010): 41–54. https://doi.org/10.21831/moz.v5i1.4338.
  18. Mu’asyaroh, As’idatin, Syamsu Madyan, and Adi Sudrajat. “Penanaman Nilai-Nilai Aswaja An-Nahdliyah Pada Siswa MTS Al-Qudsiyah Klotok Plumpang Tuban.” Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan 6, no. 4 (July 18, 2021): 121–30.
  19. Mujiati, Siti Honiah, Ulfiah Ulfiah, and Ujang Nurjaman. “Relasi Aswaja An-Nahdliyah Dan Negara.” Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam 7, no. 1 (June 27, 2022): 12–31. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v7i1.570.
  20. Muttaqin, Ahmad Ikhwanul. “Dinamika Islam Moderat, Studi Atas Peran LP Ma’arif NU Lumajang Dalam Mengatasi Gerakan Radikal.” Tarbiyatunna: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 1 (2019): 20–38.
  21. Saini, Mukhamat. “Penguatan Tradisi Aswaja An-Nahdliyah; Upaya Menangkal Gerakan Islam Transnasional.” Tasamuh: Jurnal Studi Islam 14, no. 1 (2022): 171–87.
  22. Yasid, Abu. Paham Keagamaan Ahlussunah Wal Jama’ah. Yogyakarta: IRCISOD, 2022.
  23. Zed, Mestika. Metodologi Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.
  24. Zurhi, Achmad Muhibbin. Teologi Islam Klasik Dan Kontemporer. Lamongan: Nawa Litera Publishing, 2022.

Indexed by

Journal Terindex di Crossref Journal Terindex di Google Scholar Journal Terindex di Academia    


Copyright © 2017 Journal of Islamic Studies and Humanities, ISSN: 2527-8401 (p) 2527-838X (e)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
apps