YOUTUBE SEBAGAI MEDIA BELAJAR BERBASIS PLATFORM DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN PAI
DOI:
https://doi.org/10.21580/jish.v10i1.27798Keywords:
YouTube, Berpikir Kritis, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Digital, Sekolah Menengah PertamaAbstract
Penelitian ini menyelidiki peran YouTube sebagai media pembelajaran dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Dengan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis konten video pembelajaran PAI di YouTube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa YouTube dapat merangsang diskusi, analisis, dan evaluasi kritis siswa berkat konten yang variatif dan relevan. Namun, pemanfaatan optimalnya memerlukan pemilihan materi yang cermat, pendampingan guru, serta kemampuan siswa dalam menilai kualitas informasi. Studi ini menyimpulkan bahwa YouTube berpotensi menjadi alat pembelajaran PAI yang efektif jika digunakan secara tepat untuk melatih daya kritis siswa. Implikasinya meliputi pelatihan guru dalam memilih konten digital dan penyusunan panduan penggunaan YouTube dalam pembelajaran. Penelitian ini juga menyoroti kesenjangan literasi digital dalam konteks pendidikan Islam serta kurangnya pemanfaatan sistematis media daring dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi antara pendekatan critical thinking framework dan prinsip ARCS motivation model dalam konteks pembelajaran PAI di Indonesia. Secara empiris, penelitian ini menemukan bahwa strategi kurasi konten yang disertai pendampingan guru berpengaruh langsung terhadap kemampuan analitis siswa, terutama dalam menilai keautentikan informasi keagamaan di ruang digital. Dengan demikian, studi ini memberikan kontribusi teoretis pada pengembangan literasi digital Islam dan kontribusi praktis pada desain pembelajaran PAI berbasis platform video.
Downloads
References
Braun, V, and V Clarke. Using Thematic Analysis in Psychology. Leicester: University of Leicester, 2006.
Creswell, J. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. California: SAGE, 2014.
Denzin, N, and Y Lincoln. The SAGE Handbook of Qualitative Research. California: SAGE, 2018.
Hattie, J. “Visible Learning: The Next Generation.” Educational Psychology Review 42, no. 1 (2024).
Hermawan, C M, I Aprillia, M Q Rizky, M Billah, M Fadhlurrahman, and O Rosfiani. “The Effect of Using Quizizz Learning Test Media on Thematic Learning Outcomes of Class II Students at MI Pembangunan UIN Jakarta.” Jurnal Enigma in Education 2, no. 1 (2024).
Hobbs, R. Create to Learn: Introduction to Digital Literacy. New York: Wiley, 2017.
Kuswiyanti, T S, V Hidantikarnillah, O Rosfiani, and Fidiatul Adiyan. “Using Artificial Intelligence (AI) to Improve Students’ Speaking Skills in Higher Education.” Proceedings of EEIC 1, no. 1 (2023).
Kvale, S. InterViews: Learning the Craft of Qualitative Research Interviewing. California: SAGE, 2008.
Lab, M I T Blended Learning. “The 2024 Report on Video-Based Learning Outcomes.” Educational Technology Review 15, no. 3 (2024).
Merriam, S, and E Tisdell. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. San Francisco: Jossey-Bass, 2016.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2022.
OECD. “The State of Education Assessment in Digital Era.” OECD Education Reports 25 (2023).
Patton, Michael. “Qualitative Research Evaluation Methods.” California: Sage Publications, 2002.
Ruth C. Clark, Richard E. Mayer. E-Learning and the Science of Instruction. New Jersey: Wiley, 2016.
Santoso, D, and A Wijaya. YouTube in Islamic Education. Jakarta: Prenadamedia Group, 2023.
Selwyn, Neil. Education and Technology: Key Issues and Debates. London: Bloomsbury, 2016.
UNESCO. “Global Education Monitoring Report: Technology in Assessment.” UNESCO Publications, 2023.
———. “Global Education Monitoring Report: Technology in Education.” UNESCO Publications, 2023.
Warschauer, M. Learning in the Cloud: How (and Why) to Transform Schools with Digital Media. New York: Teachers College Press, 2017.