UIN Walisongo Semarang - Indonesia
Internal Locus of Control, Self-Efficacy, Self-Esteem, dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa PAI FITK UIN Walisongo Semarang
Penelitian ini bertujuan manganalisis tentang: Internal locus of control, self-efficacy, self-esteem dan prokrastinasi akademik mahasiswa PAI FITK UIN Walisongo Semarang. Dalam penelitian ini, analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif untuk menganalisis internal locus of control, self-efficacy, self-esteem dan prokrastinasi akademik mahasiswa PAI. sedangkan untuk menganalisis pengaruh internal locus of control, self-efficacy, self-esteem terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa PAI FITK UIN Walisongo Semarang digunakan analisis regresi. Dari hasil analisis penelitian ini didapatkan beberapa temuan: pertama, ada pengaruh negatif yang tidak signifikan antara internal locus of control dengan prokrastinasi akademik mahasiswa PAI FITK UIN Walisongo Semarang. Persamaan garis regresinya adalah Y`=73.138-0,720X, nilai sig 0,102<0,05. Besarnya pengaruh internal locus of control terhadap prokrastinasi akademik 0,328, dengan kontribusi sebesar 10,7%. Kedua, Ada pengaruh negatif yang signifikan self-efficacy terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa PAI FITK UIN Walisongo Semarang, dengan persamaan regresi Y`=75.179-0,552X, dan nilai sig 0,007<0,05. Besarnya pengaruh sebesar 0,328. dan kontribusinya sebesar 10,8%. Ketiga, ada pengaruh negatif yang signifikan self-esteem terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa PAI FITK UIN Walisongo Semarang dengan nilai sig 0,036<0,05, dan persamaan regresinya Y`=82,794-0,490X, dengan besar pengaruh 0,414, dengan kontribusi sebesar 17,1%. Keempat, ada pengaruh negatif dan signifikan antara internal locus of control, self-efficacy, self-esteem secara bersama-sama dengan prokrastinasi akademik mahasiswa PAI FITK UIN Walisongo Semarang, dengan persamaan regresi Y`=119,552-0,649X1-0,423X2-0,273X3 dan nilai sig 0,007<0,05. Pengaruhnya sebesar 0,641, dengan kontribusi sebesar 41%. Sisanya sebesar 59% ditentukan faktor lain.
Keywords: internal locus of control; self-efficacy; self-esteem; prokrastinasi akademik
- Ahmad, Alay dan Triantoro Safari, “Effect of self Efficacy on Students’ Academic Performance,” Journal of Educational, Health and Community Psychology, Vol. 2, No. 1, 2013.
- Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
- Ashagi, Mohammad Mehdi dan Malikeh Beheshtif, "The Relationship between Locus of Control (Internal-External) and Self-Efficacy Beliefs of Yazd University of Medical Sciences" dalam International Journal of Engineering and Applied Sciences (IJEAS), Vol. 2, No. 8, 2015.
- Asiyah, Nur, "Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang", Laporan Penelitian, Semarang: UIN Walisongo, 2016.
- Fadila, "Mengembangkan Motivasi Belajar Melalui Locus of Control dan Self Esteem", dalam Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 1, 2016
- Ghufron, M Nur dan Rini Risnawita S, Teori-teori Psikologi, Jakarta: Ar Ruzz Media, 2010.
- Goulao, Maria de Fatima, “The Relationship between Self-Efficacy and Academic Achievement in Adults’ Learners”, dalam Athens Journal of Education, Vol.1, No. 3.
- https://kbbi.web.id/akademik
- https://kbbi.web.id/akademis
- Indrawan, Rully dan P. Poppy Yuniawati, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran untuk Manajemen, Pengembangan dan Pendidikan, Bandung: Rafika Aditama, 2014.
- Iskandar, “Implementasi Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslom Terhadap Peningkatan Kinerja Pustakawan”, dalam Jurnal Khizanah Al-Hikmah, Vol. 4, No. 1, 2006.
- Kamila, Ismi Isnani dan Mukhlis, “Perbedaan Harga Diri (Self Esteem) Remaja Ditinjau dari Keberadaan Ayah”, dalam Jurnal Psikologi , Vol. 9, No. 2, Desember 2013
- Kustini, dkk., “Analisis Pengaruh Locus of Control, Orientasi Tujuan Pembelajaran dan Lingkungan Kerja terhadap Self Efficacy dan Transfer Pelatihan”, dalam Jurnal Ventura, Vol. 7, No. 1, 2004.
- Mukhid, Abdul, ”Self-Efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan)", dalam Jurnal Tadris. Vol. 4, No. 1, 2009.
- Ormrod, Jeanne Ellis, Educational Psychology Developing Learners (Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang) terj. Amitya Kumara, Jakarta: Erlangga, 2009.
- Purwanto, Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
- Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN Walisongo Semarang yang diakses melalui akademik.walisongo.ac.id
- Robbins, Stephen P dan Timothy A Judge, Perilaku Organisasi; Organizational Behavior, Jakarta: Salemba Empat, 2008
- Salamiah Sari Dewi dan Laili Alfita, “Perbedaan Prokrastinasi Akademik antara Mahasiswa yang Berpacaran danTidak Berpacaran” dalam Jurnal Diversia, Vol. 1, No. 1, 2015.
- Salinan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 178/ U/2001 tentang Gelar dan Lulusan Perguruan Tinggi, Bab 1 pasal 1
- Shofiati, Teti N., Gambaran Harga Diri dan Frekuensi Teasing pada Remaja, Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
- Solomon, Laura J dan Esther D Rotblum, Academic Procrastination: Frequency and Coqnitive-Behavioral Corelated”, Journal Counseling Psychology, Vol. 31, No. 4, 1984.
- Steel, P, “The Nature of Procrastination: A Meta-Analytic and Theoretical Review of Quintessential Self- Regulatory Failure The Nature of Procrastination”, Psychological Bulletin, 133(1), 2007.
- Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2010.
- Sugiyono, Statistik Untuk Pendidikan, Cet: 13, Bandung: CV Alfabeta, 2008,
- Tangkeallo, Gloria A. dkk., "Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Orientasi Masa Depan Mahasiswa Tingkat Akhir", dalam Jurnal Psikologi, Vol. 1, No. 10, 2014.
- Widodo, T, Metode Penelitian Kuantitatif, Surakarta: LPP UNS dan UNS Press, 2008