PERANAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA

Aisa Rurkinantia*  -  Walisongo State Islamic University, Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Pemahaman mengenai pengelolaan keuangan secara syariah merupakan suatu hal yang mutlak dipahami oleh mahasiswa agar mahasiswa dapat secara bijak mengelola keuangan pribadinya dan dapat terhindar dari permasalahan keuangan dikemudian hari. Kesalahan dalam pengambilan keputusan dikarenakan tidak cukupnya pemahaman akan pengelolaan keuangan bisa dialami tidak hanya oleh mahasiwa, tetapi juga masyarakat secara luas. Hasil penelitian menunjukkan masih rendahnya indeks literasi keuangan Syariah pada masyarakat di Indonesia, hanya sebesar 16 orang dari 100 orang di Indonesia yang mempunyai tingkat literasi keuangan dengan baik dan menjalankannya dalam kesehariannya. Peranan mahasiswa sebagai agent of change diharapkan mampu menjembatani tingkat pemahaman mengenai literasi keuangan Syariah kepada masyarakat, agar masyarakat juga tidak salah dalam mengambil keputusan keuangan yang dapat menyebabkan kerugian.

Keywords: literasi, keuangan, syariah, mahasiswa

  1. Bank Indonesia. 2020. Bersinergi Membangun Ekonomi dan Keuangan Syariah. Laporan Ekonomi & Keuangan Syariah. (Internet). Tersedia pada https://www.bi.go.id/id/publikasi/laporan/Documents/LEKSI_2020_31032021.pdf
  2. Chen, H & Volpe, RP. 1998. An Analysis of Personal Financial Literacy among College Students. Financial Services Review (Internet). 7(2):107-128. Tersedia pada https://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.392.4650&rep=rep1&type=pdf. DOI: doi.org/10.1016/S1057-0810(99)80006-7
  3. Ghozie, Prita H., dkk. 2017. Perencanaan Keuangan Syariah. Tersedia pada https://www.ekonomisyariah.org/6574/perencanaan-keuangan-syariah/
  4. Lusardi, A & Mitchell, O S. 2014. The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence. Journal of Economic Literature (Internet). 52(1), 5-44. Tersedia pada https://gflec.org/wp-content/uploads/2014/12/economic-importance-financial-literacy-theory-evidence.pdf. DOI: doi.org/10.1257/jel.52.1.5
  5. Komite Nasional Keuangan Syariah. 2019. Strategi Nasional Pengembangan Materi Edukasi untuk Peningkatan Literasi Ekonomi dan Keuangan Syariah. Direktorat Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah.
  6. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Materi Pendukung Literasi Finansial, Jakarta: Gerakan Literasi Nasional.
  7. Otoritas Jasa Keuangan. 2017. Strategi Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia (Revisit 2017). [Internet]. (diakses pada tanggal 13 Maret 2021 pukul 21.05). Tersedia pada https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Documents/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-(Revisit-2017)-/SNLKI%20(Revisit%202017).pdf
  8. Otoritas Jasa Keuangan. 2019. Booklet Survei Naisonal Literasi dan Inklusi Keuangan 2019. [Internet]. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/LiterasiPerguruanTinggi/ (diakses pada tanggal 24 Maret 2021 pukul 00.04)
  9. PISA. 2012. Assesment and Analytical Framework: Financial Literacy Framework. [Internet].(diakses pada tanggal 25 Maret 2021 pukul 07.34). Terdapat pada http://www.oecd.org/finance/financial-education/PISA2012FrameworkLiteracy.pdf
  10. Puspita AT, Lubis D, Muthohharoh M. 2021. Determinant of Islamic Financial Literacy Level of Muslim Student in Bogor. Al-Muzara’ah. Vol.9 No. 1, 2021. DOI: 10.29244
  11. Subardi, HMP & Yuliafitri I. 2019. Efektifitas Gerakan Literasi Keuangan Syariah dalam Mengedukasi Masyarakat Memahami Produk Keuangan Syariah. Banque Syar’i: Jurnal Ilmiah Perbankan Syariah. Vol 5 No1 : 31-44.
  12. Warsono. 2010. Prinsip-prinsip dan Praktik Keuangan Pribadi. Journal of Science. 13 (2). 15-28.
  13. Yushita AN. 2017. Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan keuangan Pribadi. Jurnal Nominal. [Internet]. 6 (1) : 11-26. Tersedia pada https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal/article/view/14330. DOI: doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330

Indexed by

Journal Terindex di Crossref Journal Terindex di Google Scholar Journal Terindex di Academia    


Copyright © 2017 Journal of Islamic Studies and Humanities, ISSN: 2527-8401 (p) 2527-838X (e)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
apps