Pelaksanaan Inovasi Pelayanan SAKLAR (Sadina Kelar) Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat di Kota Tegal

Dwian Hartomi Akta Padma Eldo*  -  Universitas Sains Al-Qur'an, Indonesia
Sri Sutjiatmi  -  Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
Nurul Fitri  -  Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

(*) Corresponding Author

Inovasi pelayanan public menjadi sesuatu keharusan yang dilakukan oleh pemerintah saat ini demi menjawab kebutuhan masyarakat dalam pelayanan. Maka dari itu tidak heran jika setiap pemerintah daerah melalui dinas terkait dituntut untuk membuat sebuah Inovasi, seperti Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Tegal dengan istilah Saklar (Sadina Kelar). Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan Inovasi Saklar di Kota Tegal dalam membantu masyarakat dalam pelayanan perizinan. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara secara terstruktur dan menadalam kepada informan. Hasil penelitian menunjukkan meskipun Inovasi sudah berjalan beberapa tahun namun ternyata masih saja ada kenadala yang dihadapi seperti; 1) Pemahaman masyarakat yang masih kurang perihal perizinan; 2) Pembatasan cluster pada pelayanan Saklar; 3) Loket informasi, pendaftaran, penerimaan, penyerahan, serta loket pengaduan masih disatukan; 4) perubahan besar pada alur kerja.

Keywords: Inovasi Sektor Publik; Pelayanan Publik; Kualitas Pelayanan

  1. Anjani, W. S., Hanapiah, P., & Rudiana. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat Melalui Kegiatan Samsat Masuk Desa. Cosmogov: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 189-203.
  2. Eldo, D. H., & Mutiarin, D. (2019). Analisis Best Practice Inovasi Pelayanan Publik (Studi pada Inovasi Pelayanan “Kumis MbahTejo” di Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta). Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 156-167.
  3. Enggarani, N. S. (2016). Kualitas Pelayanan Publik dalam Perizinan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Kabupaten Boyolali. Jurnal Law and Justice, 16-29.
  4. Mahsyar, A. (2011). Masalah Pelayanan Publik di Indonesia dalam perspektif Pelayanan Publik. OTORITAS : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 81-90.
  5. Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Oknawati, D. (2016). Inovasi Sistem Manunggal Satu Atap (SAMSAT) dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan kepada Masyarakat. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik , 129-133.
  7. Pratama, M. R. (2013). Inovasi Pelayanan Publik (Studi Deskriptif Tentang Nilai Tambah (Value Added) Inovasi Pelayanan Perizinan Bagi Masyarakat Di Kota Kediri). Kebijakan dan Manajemen Publik, 218-225.
  8. Pratama, M. Y. (2016). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Smart Card Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Sidoarjo. Publika, 1-9.
  9. Ratminto, & Winarsih, A. S. (2010). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  10. Rorong, S. G., Sambiran, S., & Sumampow, I. (2021). Kualitas Pelayanan Publik di Bandara Internasional Sam Ratulangi. JURNAL GOVERNANCE, 1-8.
  11. Semil, N. (2018). Pelayanan Prima; Kajian Kritis pada Sistem Pelayanan Publik di Indonesia. Jakarta: Kencana.
  12. Thoha, M. (2001). Ilmu Administrasi Publik Kontemporer. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  13. Urmilasari, E., Rusli, A. M., & Irwan, A. L. (2013). Analisis Pelayanan Perizinan di Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kota Makassar. Government: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 49-60.
  14. Zuliadi, Z. (2020). Pelaksanaan Pelayanan Perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) Bermotor (Studi Pada Kantor Samsat Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bengkulu). Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP), 51-62.

Open Access Copyright (c) 2022 JPW (Jurnal Politik Walisongo)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 
JPW (Jurnal Politik Walisongo)
Published by Department of Political Science
Faculty of Social and Political Science
Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus III UIN Walisongo Semarang 
https://fisip.walisongo.ac.id/
Email: jpw@walisongo.ac.id

 
ISSN: 2503-3190 (p)
ISSN: 2503-3204 (e)
DOI: 10.21580/jpw

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
View My Stats
Flag Counter
apps