Political Branding Arief Rohman dalam Menyukseskan Kampanye Pilkada 2020 di Media Sosial

Authors

  • Alifa Nur Fitri Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang – Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21580/jpw.v4i2.14872

Keywords:

Kampanye, Politik, Citra, Media Sosial, Branding

Abstract

Momen pesta demokrasi idealnya melibatkan proses kampanye dan political branding oleh setiap masing-masing kandidat agar mampu merebut atensi dan pilihan dari masyarakat. Penggunaan media digital menjadi perhatian era ini akibat peningkatan pengguna media sosial yang memudahkan politikus untuk berkampanye politik dan membentuk citra. Media sosial juga untuk menyebarluaskan visi dan misi pesan politik dan mempersuasi masyarakat. Salah satunya adalah Arief Rohman Bupati Kabupaten Blora yang sukses memanfaatkan media sosial sebagai media kampanye untuk mencitrakan dirinya dihadapan publik. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif deskriptif, Pendekatan deskriptif kualitatif sesuai dengan tujuan dari artikel ini yakni untuk melihat political branding yang merupakan bagian dari kampanye yang dilakukan oleh aktor politik. Sumber data dari instagram @ariefrohman838 dan metode penelitian kualitatif, artikel ini membuktikan bahwa Arief Rohman sukses dalam melakukan kegiatan kampanye dan political branding di media sosial dengan tagar santernya, #sesarenganmbangunBlora.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiyani, N. (2018). Media Sosial sebagai Strategi Komunikasi Politik. Potret Pemikiran, 22(1). https://doi.org/10.30984/pp.v22i1.762

Anggraeni, Y., Indrayani, L. M., & Soemantri, Y. S. (2020). The Expressive Speech Act on Ridwan Kamil’s Comments in Instagram Posting about First COVID-19 Case in Indonesia. Journal of English Education and Teaching, 4(3), 368–385. https://doi.org/10.33369/jeet.4.3.368-385

Anwar, R. (2019). Mengkaji Efektivitas Kampanye Politik dalam Perspektif Public Relations. ETTISAL: Journal of Communication, 4(1), 67. https://doi.org/10.21111/ettisal.v4i1.3072

Ardha, B. (2014). Social Media sebagai media kampanye partai politik 2014 di Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi, 13(1), 105–120.

Bayhaqi, A. (2021, August 8). Survei Charta Politika: Kampanye Baliho Tidak Efektif Tingkatkan Elektabilitas. Merdeka.Com.

Bloranews. (2020, September 7). Tim Kampanye Artys Di Dominasi Kyai hingga Mantan Sekda. Bloranews.Com.

Blumler, J. G., & Kavanagh, D. (1999). The Third Age of Political Communication: Influences and Features. Political Communication, 16(3), 209–230.

Cangara, H. (2011). Komunikasi Politik: Konsep, Teori dan Strategi. Rajawali Pers.

Cresswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: memilih diantara lima pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Doni, T., & Abu, N. (2021). Bertebaran Baliho demi 2024, Menggugat Rasa Empati di Kala Pandemi. Solo Pos, 2–4.

Fajar, D. (2021). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Kampanye di Era Pandemi Covid-19 Pasangan “ARTYS” pada Pilkada Blora. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, XI (1).

Fatimah, S. (2018). Kampanye sebagai Komunikasi Politik: Esensi dan Strategi dalam Pemilu. Resolusi: Jurnal Sosial Politik, 1(1). https://doi.org/10.32699/resolusi.v1i1.154

Firmanzah, P. D. (2010). Mengelola Partai Politik: Komunikasi dan Positioning, Ideologi Politik dan Era Demokrasi. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Fitri, A. N., & Adeni, A.-. (2020). Jokowi dan Kekuatan Pencitraan Diri Serta Relasinya Dengan Umat Islam. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 19(2), 1. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v19i2.3503

Fitri, A. N., Bariklana, M. N., & Adeni. (2021). Groupthink in Political Participation in the 2019 Presidential Election. INJECT, 6(1), 57–70.

Fitri, A. N., & Muhajarah, K. (2022). Pengaplikasian Elaborated Likelihood Model dalam Strategi Komunikasi Kampanye “Ingat Pesan Ibu.” Jurnal Komunikasi, 15(2), 115–130. https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i2.11471

Hagar, D. (2014). Campaigning online: Social media in the 2010 Niagara municipal elections. Canadian Journal of Urban Research, 23(1), 74–98.

Hendriyani, H. (2017). Analisis Isi: Sebuah Pengantar Metodologi yang Mendalam dan Kaya dengan Contoh. Jurnal Komunikasi Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.7454/jki.v2i1.7832

Hidayatullah, R. (2009). Peran divisi market intelligence dwi sapta IMC (Integrated marketing communication) dalam menggali consumer insight.

Ixsir, E., & Ida Zulaeha. (2017). Model Komunikasi Politik Ridwan Kamil… 206-223. Dialektika, 4(2), 210–223. https://doi.org/10.15408/dialektika.v4i2.5540

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen pemasaran (Vol. 13, Issue 1). edisi.

Maulina, P., & Muttaqin, M. (2020). Citra Politik Prabowo-Sandi dalam Pemilihan Presiden (PILPRES) 2019 di Akun Media Sosial Instagram. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 40–50. https://doi.org/10.14710/interaksi.9.1.40-50

Nimmo, D. (2005). Komunikasi politik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prasetyo, B. D., & Febriani, N. S. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Universitas Brawijaya Press.

Rahmah, S. (2021). Personal Branding Ganjar Pranowo untuk Membangun Komunikasi Politik di Media Sosial Instagram. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1). https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i1.5584

Rosadi, B., Darmawan, C., & Anggraeni, L. (2020). The Influence of Political Message On Social Media For Increasing The Political Literacy Of Millenial Generation. Jurnal Civicus, 20(1), 26–30.

Suryanni, E. I. (2018). Komunikasi Politik: Asal Usul dan Konsepsi. Jurnal Analisis Sosial Politik, 2(2), 39–53.

Susanto, E. H. (2013). Dinamika Komunikasi Politik dalam Pemilihan Umum. Jurnal Kajian Komunikasi, 1(2), 163–172. https://doi.org/10.24198/jkk.vol1n2.6

Vincentius, H. (2021, August 6). Marak Baliho Politikus, Persaingan Menuju Pilpres 2024? Tribunnews.Com.

Wahyuddin, W., Fuadi, F., Falahuddin, F., & Hanif, H. (2021). Analysis of The Political Marketing Success of The Winning National Party with Local Affiliated Party in Aceh. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 22(1), 54–61. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v22i1.655

Downloads

Published

2022-10-29

Issue

Section

Articles