Peran Manushya dalam Mendukung Demokrasi di Thailand

Nevy Rusmarina Dewi*  -  Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia

(*) Corresponding Author
Demonstrasi di Thailand berlangsung selama beberapa bulan pada tahun 2020 diprakarsai oleh generasi muda dan terpelajar yang pro-demokrasi. Mereka melakukan beberapa tuntutan, di antaranya pemecatan Perdana Menteri Prayut, menuntut perubahan konstitusi dan menuntut reformasi monarki untuk mengurangi kekuasaan Raja Maha Vajiralongkorn. Manushya foundation (Manushya) menjadi salah satu organisasi penggerak yang mengobarkan semangat demokrasi pada pemuda Thailand. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas peran yang dilakukan oleh Manushya dalam mendorong pemuda Thailand untuk melakukan demonstrasi pro-demokrasi. Penelitian ini menggunakan study library dengan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerakan Manushsya yang mengutamakan HAM di Thailand merupakan salah satu organisasi yang berhasil mendukung gerakan demonstrasi menuntut demokrasi di Thailand pada tahun 2022. Beberapa upaya yang dilakukan antara lain, yaitu dengan memposting ulang momentum demokrasi yang pernah terjadi pada peristiwa 14 Oktober 1973, memuat berita dukungan  pro-demokrasi,  memberitakan para biksu yang melakukan aksi pro-demokrasi, melakukan kritik terhadap  kebebasan informasi yang dibatasi, serta meminta pemerintah untuk memperhatikan HAM para demonstran.

Keywords: Thailand; Demonstrasi; Manushya; Pro-Demokrasi

  1. Alagappa, M. (2004). Masyarakat Sipil Dan Perubahan Politik di Asia: Memperluas dan Mengontrak Ruang Demokrasi. Stanford University Press.
  2. Asrida, W., Marta, A., & Hadi, S. (2021). Civil Society, Demokrasi dan Demokratisasi. Nahkoda Jurnal Ilmu Pemerintahan, 20(2).
  3. Baker, G. (2002). Masyarakat Sipil dan Suara Alternatif Teori Demokrasi. Amerika Serikat dan Kanada. Routledge.
  4. bbc.com. (2020, October 15). Protes Thailand: Bagaimana Gerakan Pro-demokrasi Mendapatkan Momentum. Https://Www.Bbc.Com/News/World-Asia-54542252.
  5. Beittinger-Lee, V. (2010). (Un) Civil society and Political Change in Indonesia: A Contested Arena. Routledge.
  6. Diamond, L. (1997). Consolidating the Third Wave Democracies: Regional Challenges. The Johns Hopkins University Press.
  7. Edward, M. (2004). Masyarakat sipil. Odyssey Press Inc.
  8. Gaffar, A. (2006). Transisi Politik Indonesia Menuju Demokrasi. Perpustakaan Siswa.
  9. instagram.com/manushyafoundation/. (2020). Manushya Foundation. Https://Www.Instagram.Com/Manushyafoundation/.
  10. kompas.com. (2020, October 19). Aksi Masih Terjadi, Pemerintah Thailand Akan Selidiki Media. Https://Www.Kompas.Com/Tren/Read/2020/10/19/165100765/Aksi-Masih-Terus-Terjadi-Governmental-Thailand - Will-Investigation-Media?Page =all.
  11. Linz, Juan. J., & Stephen, A. (1996). Masalah Transisi dan Konsolidasi Demokrat: Eropa Selatan, Amerika Selatan, dan Eropa Pasca-Komunis. The Johns Hopkins University Press.
  12. manushyafoundation.org. (n.d.). Bangkitnya Biksu Pro-Demokrasi: Bergabung dengan Perjuangan untuk Kebebasan dan Keadilan di Thailand. Https://Www.Manushyafoundation.Org/Post/the-Rise-of-pro-Democracy-Monks-Joining-the-Fight-for-Freedom-and-Justice-in-Thailand.
  13. pikiranrakyat.com. (2020, October 20). pikiranrakyat.com.
  14. republika.co.id. (2020, October 15). Inilah Alasan Warga Thailand Menggelar Demonstrasi Selama Berbulan-bulan. Https://Republika.Co.Id/Berita/ Qi8mcn459/ Ini-Sebabwarga-Thailand-Demoberbulanbulan.
  15. Republika.com. (2020, October 19). Selidiki Empat Media, Otoritas Thailand Terima Kecaman. Republika.Com.
  16. Sumarto, & Hetifah, S. (2004). Inovasi, Partisipasi, dan Tata Kelola yang Baik: 20 Inisiatif Inovatif dan Partisipatif di Indonesia. Yayasan Obor Indonesia.
  17. Vanhanen, T. (2003). Democratization: A Comparative Analysis of 170 Countries. Routledge.

Open Access Copyright (c) 2022 JPW (Jurnal Politik Walisongo)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 
JPW (Jurnal Politik Walisongo)
Published by Department of Political Science
Faculty of Social and Political Science
Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus III UIN Walisongo Semarang 
https://fisip.walisongo.ac.id/
Email: jpw@walisongo.ac.id

 
ISSN: 2503-3190 (p)
ISSN: 2503-3204 (e)
DOI: 10.21580/jpw

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
View My Stats
Flag Counter
apps