Universitas Sultan Ageng Tirtayasa - Indonesia
Kontribusi Media Digital dalam Membangun Opini Publik Pemilu 2024 (Studi Kasus Narasi Newsroom)
Pemilihan umum (Pemilu) merupakan implementasi komunikasi politik secara optimal yang disesuaikandengan strategi komunikasi. Pada era 4.0, strategi komunikasi politik cenderung menggunakan mediadigital untuk menyampaikan pesan politik (kampanye). Hal ini bertujuan untuk menerima dukunganmasyarakat. Di sisi lain, kondisi tersebut membentuk opini-opini di masyarakat yang menimbulkan reaksimasyarakat. Maka, penelitian ini menganalisis bagaimana NarasiNewsroom sebagai media digital dalampembentukan opini publik pada pemilu 2024. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif (studikasus) yang berpedoman pada teori kepala batu dan media baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwaNarasiNewsroom memiliki peran sebagai media baru. NarasiNewsroom menjadi media baru yangmenyediakan informasi secara cepat,aktual dan berbasis internet guna membantu dalam melakukanpenelitian dan analisis secara cepat,aktual dan berbasis internet terkait pemilu 2024 yang menimbulkansudut pandang dan penyampaian opini-opini yang menjadi opini publik. Jadi, NarasiNewsRoommenjadi media baru dalam memberikan informasi yang terjamin kredibilitas dan validitasnya.
Keywords: Media digital, NarasiNewsRoom, Opini publik, Pemilu 2024.
- Apjii. (2023). Survei Penggunaan Internet
- Di Indoensia.
- https://survei.apjii.or.id/
- Cecep Suryana, H., & Pustaka, M. (2018).
- KOMUNIKASI POLITIK Teori Dan
- Praktik.
- Nofiard, F. (2022). Komunikasi Politik
- Digital di Indonesia. Al-Hiwar :
- Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah,
- (2), 31. https://doi.org/10.18592/al-
- hiwar.v10i2.7548
- Polit, & Beck. (2004). Nursing research:
- Principle and methods. (7th edition).
- J.B. Lippincott Company.
- REPUBLIK. (2023).
- Ini Hasil Survei
- Terbaru Elektabilitas Parpol-Parpol
- Pendukung Bakal Capres.
- https://news.republika.co.id/berita
- /s1lpxh409/ini-hasil-survei-
- terbaru-elektabilitas-parpolparpol-
- pendukung-bakal-capres
- Soemirat, S. , & A. E. (2003). Dasar-Dasar
- Public Relations. PT. Remaja
- Rosdakarya.
- Syarief, F., Studi, P., Akademi, P., Bsi, K., Jl,
- J., Jati, K., No, V., & Timur, J. (2017).
- PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL
- DALAM PROSES PEMBENTUKAN
- OPINI PUBLIK (ANALISA WACANA
- TWITTER SBY). In Jurnal
- Komunikasi (Vol. 3).
- TribunWOW.com. (2023). Hasil Survei
- Elektabilitas Parpol Terbaru Bulan
- Maret oleh SMRC, Tiga Partai Alami
- Kenaikan Suara.
- https://wow.tribunnews.com/2023
- /03/20/hasil-survei-elektabilitas-
- parpol-terbaru-bulan-maret-oleh-
- smrc-tiga-partai-alami-kenaikan-
- suara
- Yesicha, C. (2012). Pengertian Opini
- Publik.
- https://chelsyyesicha.staff.unri.ac.i
- d/files/2012/03/OP1.pdf
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian
- Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D.
- Alfabeta.
- Apjii. (2023). Survei Penggunaan
- Internet Di Indoensia.
- https://survei.apjii.or.id/
- S Subakti, R. (2018). MEMAHAMI ILMU
- POLTIK.
Copyright (c) 2024 JPW (Jurnal Politik Walisongo)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.