Kontribusi Media Digital dalam Membangun Opini Publik Pemilu 2024 (Studi Kasus Narasi Newsroom)

Lulu Nur Zalzillah*  -  Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
Rangga Galura Gumelar  -  Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

(*) Corresponding Author
Pemilihan umum (Pemilu) merupakan implementasi komunikasi politik secara optimal yang disesuaikandengan strategi komunikasi. Pada era 4.0, strategi komunikasi politik cenderung menggunakan mediadigital untuk menyampaikan pesan politik (kampanye). Hal ini bertujuan untuk menerima dukunganmasyarakat. Di sisi lain, kondisi tersebut membentuk opini-opini di masyarakat yang menimbulkan reaksimasyarakat. Maka, penelitian ini menganalisis bagaimana NarasiNewsroom sebagai media digital dalampembentukan opini publik pada pemilu 2024. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif (studikasus) yang berpedoman pada teori kepala batu dan media baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwaNarasiNewsroom memiliki peran sebagai media baru. NarasiNewsroom menjadi media baru yangmenyediakan informasi secara cepat,aktual dan berbasis internet guna membantu dalam melakukanpenelitian dan analisis secara cepat,aktual dan berbasis internet terkait pemilu 2024 yang menimbulkansudut pandang dan penyampaian opini-opini yang menjadi opini publik. Jadi, NarasiNewsRoommenjadi media baru dalam memberikan informasi yang terjamin kredibilitas dan validitasnya.

Keywords: Media digital, NarasiNewsRoom, Opini publik, Pemilu 2024.

  1. Apjii. (2023). Survei Penggunaan Internet
  2. Di Indoensia.
  3. https://survei.apjii.or.id/
  4. Cecep Suryana, H., & Pustaka, M. (2018).
  5. KOMUNIKASI POLITIK Teori Dan
  6. Praktik.
  7. Nofiard, F. (2022). Komunikasi Politik
  8. Digital di Indonesia. Al-Hiwar :
  9. Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah,
  10. (2), 31. https://doi.org/10.18592/al-
  11. hiwar.v10i2.7548
  12. Polit, & Beck. (2004). Nursing research:
  13. Principle and methods. (7th edition).
  14. J.B. Lippincott Company.
  15. REPUBLIK. (2023).
  16. Ini Hasil Survei
  17. Terbaru Elektabilitas Parpol-Parpol
  18. Pendukung Bakal Capres.
  19. https://news.republika.co.id/berita
  20. /s1lpxh409/ini-hasil-survei-
  21. terbaru-elektabilitas-parpolparpol-
  22. pendukung-bakal-capres
  23. Soemirat, S. , & A. E. (2003). Dasar-Dasar
  24. Public Relations. PT. Remaja
  25. Rosdakarya.
  26. Syarief, F., Studi, P., Akademi, P., Bsi, K., Jl,
  27. J., Jati, K., No, V., & Timur, J. (2017).
  28. PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL
  29. DALAM PROSES PEMBENTUKAN
  30. OPINI PUBLIK (ANALISA WACANA
  31. TWITTER SBY). In Jurnal
  32. Komunikasi (Vol. 3).
  33. TribunWOW.com. (2023). Hasil Survei
  34. Elektabilitas Parpol Terbaru Bulan
  35. Maret oleh SMRC, Tiga Partai Alami
  36. Kenaikan Suara.
  37. https://wow.tribunnews.com/2023
  38. /03/20/hasil-survei-elektabilitas-
  39. parpol-terbaru-bulan-maret-oleh-
  40. smrc-tiga-partai-alami-kenaikan-
  41. suara
  42. Yesicha, C. (2012). Pengertian Opini
  43. Publik.
  44. https://chelsyyesicha.staff.unri.ac.i
  45. d/files/2012/03/OP1.pdf
  46. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian
  47. Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D.
  48. Alfabeta.
  49. Apjii. (2023). Survei Penggunaan
  50. Internet Di Indoensia.
  51. https://survei.apjii.or.id/
  52. S Subakti, R. (2018). MEMAHAMI ILMU
  53. POLTIK.

Open Access Copyright (c) 2024 JPW (Jurnal Politik Walisongo)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 
JPW (Jurnal Politik Walisongo)
Published by Department of Political Science
Faculty of Social and Political Science
Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus III UIN Walisongo Semarang 
https://fisip.walisongo.ac.id/
Email: jpw@walisongo.ac.id

 
ISSN: 2503-3190 (p)
ISSN: 2503-3204 (e)
DOI: 10.21580/jpw

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
View My Stats
Flag Counter
apps