Kontribusi Media Digital dalam Membangun Opini Publik Pemilu 2024 (Studi Kasus Narasi Newsroom)
DOI:
https://doi.org/10.21580/jpw.v6i1.19527Keywords:
Media digital, NarasiNewsRoom, Opini publik, Pemilu 2024.Abstract
Pemilihan umum (Pemilu) merupakan implementasi komunikasi politik secara optimal yang disesuaikandengan strategi komunikasi. Pada era 4.0, strategi komunikasi politik cenderung menggunakan mediadigital untuk menyampaikan pesan politik (kampanye). Hal ini bertujuan untuk menerima dukunganmasyarakat. Di sisi lain, kondisi tersebut membentuk opini-opini di masyarakat yang menimbulkan reaksimasyarakat. Maka, penelitian ini menganalisis bagaimana NarasiNewsroom sebagai media digital dalampembentukan opini publik pada pemilu 2024. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif (studikasus) yang berpedoman pada teori kepala batu dan media baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwaNarasiNewsroom memiliki peran sebagai media baru. NarasiNewsroom menjadi media baru yangmenyediakan informasi secara cepat,aktual dan berbasis internet guna membantu dalam melakukanpenelitian dan analisis secara cepat,aktual dan berbasis internet terkait pemilu 2024 yang menimbulkansudut pandang dan penyampaian opini-opini yang menjadi opini publik. Jadi, NarasiNewsRoommenjadi media baru dalam memberikan informasi yang terjamin kredibilitas dan validitasnya.Downloads
References
Apjii. (2023). Survei Penggunaan Internet
Di Indoensia.
Cecep Suryana, H., & Pustaka, M. (2018).
KOMUNIKASI POLITIK Teori Dan
Praktik.
Nofiard, F. (2022). Komunikasi Politik
Digital di Indonesia. Al-Hiwar :
Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah,
(2), 31. https://doi.org/10.18592/al-
hiwar.v10i2.7548
Polit, & Beck. (2004). Nursing research:
Principle and methods. (7th edition).
J.B. Lippincott Company.
REPUBLIK. (2023).
Ini Hasil Survei
Terbaru Elektabilitas Parpol-Parpol
Pendukung Bakal Capres.
https://news.republika.co.id/berita
/s1lpxh409/ini-hasil-survei-
terbaru-elektabilitas-parpolparpol-
pendukung-bakal-capres
Soemirat, S. , & A. E. (2003). Dasar-Dasar
Public Relations. PT. Remaja
Rosdakarya.
Syarief, F., Studi, P., Akademi, P., Bsi, K., Jl,
J., Jati, K., No, V., & Timur, J. (2017).
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL
DALAM PROSES PEMBENTUKAN
OPINI PUBLIK (ANALISA WACANA
TWITTER SBY). In Jurnal
Komunikasi (Vol. 3).
TribunWOW.com. (2023). Hasil Survei
Elektabilitas Parpol Terbaru Bulan
Maret oleh SMRC, Tiga Partai Alami
Kenaikan Suara.
https://wow.tribunnews.com/2023
/03/20/hasil-survei-elektabilitas-
parpol-terbaru-bulan-maret-oleh-
smrc-tiga-partai-alami-kenaikan-
suara
Yesicha, C. (2012). Pengertian Opini
Publik.
https://chelsyyesicha.staff.unri.ac.i
d/files/2012/03/OP1.pdf
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D.
Alfabeta.
Apjii. (2023). Survei Penggunaan
Internet Di Indoensia.
S Subakti, R. (2018). MEMAHAMI ILMU
POLTIK.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JPW (Jurnal Politik Walisongo)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the accepted article shall be assigned to the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
In line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.