Kontribusi Media Digital dalam Membangun Opini Publik Pemilu 2024 (Studi Kasus Narasi Newsroom)
DOI:
https://doi.org/10.21580/jpw.v6i1.19527Keywords:
Media digital, NarasiNewsRoom, Opini publik, Pemilu 2024.Abstract
Pemilihan umum (Pemilu) merupakan implementasi komunikasi politik secara optimal yang disesuaikandengan strategi komunikasi. Pada era 4.0, strategi komunikasi politik cenderung menggunakan mediadigital untuk menyampaikan pesan politik (kampanye). Hal ini bertujuan untuk menerima dukunganmasyarakat. Di sisi lain, kondisi tersebut membentuk opini-opini di masyarakat yang menimbulkan reaksimasyarakat. Maka, penelitian ini menganalisis bagaimana NarasiNewsroom sebagai media digital dalampembentukan opini publik pada pemilu 2024. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif (studikasus) yang berpedoman pada teori kepala batu dan media baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwaNarasiNewsroom memiliki peran sebagai media baru. NarasiNewsroom menjadi media baru yangmenyediakan informasi secara cepat,aktual dan berbasis internet guna membantu dalam melakukanpenelitian dan analisis secara cepat,aktual dan berbasis internet terkait pemilu 2024 yang menimbulkansudut pandang dan penyampaian opini-opini yang menjadi opini publik. Jadi, NarasiNewsRoommenjadi media baru dalam memberikan informasi yang terjamin kredibilitas dan validitasnya.Downloads
References
Apjii. (2023). Survei Penggunaan Internet
Di Indoensia.
Cecep Suryana, H., & Pustaka, M. (2018).
KOMUNIKASI POLITIK Teori Dan
Praktik.
Nofiard, F. (2022). Komunikasi Politik
Digital di Indonesia. Al-Hiwar :
Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah,
(2), 31. https://doi.org/10.18592/al-
hiwar.v10i2.7548
Polit, & Beck. (2004). Nursing research:
Principle and methods. (7th edition).
J.B. Lippincott Company.
REPUBLIK. (2023).
Ini Hasil Survei
Terbaru Elektabilitas Parpol-Parpol
Pendukung Bakal Capres.
https://news.republika.co.id/berita
/s1lpxh409/ini-hasil-survei-
terbaru-elektabilitas-parpolparpol-
pendukung-bakal-capres
Soemirat, S. , & A. E. (2003). Dasar-Dasar
Public Relations. PT. Remaja
Rosdakarya.
Syarief, F., Studi, P., Akademi, P., Bsi, K., Jl,
J., Jati, K., No, V., & Timur, J. (2017).
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL
DALAM PROSES PEMBENTUKAN
OPINI PUBLIK (ANALISA WACANA
TWITTER SBY). In Jurnal
Komunikasi (Vol. 3).
TribunWOW.com. (2023). Hasil Survei
Elektabilitas Parpol Terbaru Bulan
Maret oleh SMRC, Tiga Partai Alami
Kenaikan Suara.
https://wow.tribunnews.com/2023
/03/20/hasil-survei-elektabilitas-
parpol-terbaru-bulan-maret-oleh-
smrc-tiga-partai-alami-kenaikan-
suara
Yesicha, C. (2012). Pengertian Opini
Publik.
https://chelsyyesicha.staff.unri.ac.i
d/files/2012/03/OP1.pdf
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D.
Alfabeta.
Apjii. (2023). Survei Penggunaan
Internet Di Indoensia.
S Subakti, R. (2018). MEMAHAMI ILMU
POLTIK.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).