Kontribusi Media Digital dalam Membangun Opini Publik Pemilu 2024 (Studi Kasus Narasi Newsroom)

Authors

  • Lulu Nur Zalzillah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rangga Galura Gumelar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.21580/jpw.v6i1.19527

Keywords:

Media digital, NarasiNewsRoom, Opini publik, Pemilu 2024.

Abstract

Pemilihan umum (Pemilu) merupakan implementasi komunikasi politik secara optimal yang disesuaikandengan strategi komunikasi. Pada era 4.0, strategi komunikasi politik cenderung menggunakan mediadigital untuk menyampaikan pesan politik (kampanye). Hal ini bertujuan untuk menerima dukunganmasyarakat. Di sisi lain, kondisi tersebut membentuk opini-opini di masyarakat yang menimbulkan reaksimasyarakat. Maka, penelitian ini menganalisis bagaimana NarasiNewsroom sebagai media digital dalampembentukan opini publik pada pemilu 2024. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif (studikasus) yang berpedoman pada teori kepala batu dan media baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwaNarasiNewsroom memiliki peran sebagai media baru. NarasiNewsroom menjadi media baru yangmenyediakan informasi secara cepat,aktual dan berbasis internet guna membantu dalam melakukanpenelitian dan analisis secara cepat,aktual dan berbasis internet terkait pemilu 2024 yang menimbulkansudut pandang dan penyampaian opini-opini yang menjadi opini publik. Jadi, NarasiNewsRoommenjadi media baru dalam memberikan informasi yang terjamin kredibilitas dan validitasnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apjii. (2023). Survei Penggunaan Internet

Di Indoensia.

https://survei.apjii.or.id/

Cecep Suryana, H., & Pustaka, M. (2018).

KOMUNIKASI POLITIK Teori Dan

Praktik.

Nofiard, F. (2022). Komunikasi Politik

Digital di Indonesia. Al-Hiwar :

Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah,

(2), 31. https://doi.org/10.18592/al-

hiwar.v10i2.7548

Polit, & Beck. (2004). Nursing research:

Principle and methods. (7th edition).

J.B. Lippincott Company.

REPUBLIK. (2023).

Ini Hasil Survei

Terbaru Elektabilitas Parpol-Parpol

Pendukung Bakal Capres.

https://news.republika.co.id/berita

/s1lpxh409/ini-hasil-survei-

terbaru-elektabilitas-parpolparpol-

pendukung-bakal-capres

Soemirat, S. , & A. E. (2003). Dasar-Dasar

Public Relations. PT. Remaja

Rosdakarya.

Syarief, F., Studi, P., Akademi, P., Bsi, K., Jl,

J., Jati, K., No, V., & Timur, J. (2017).

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL

DALAM PROSES PEMBENTUKAN

OPINI PUBLIK (ANALISA WACANA

TWITTER SBY). In Jurnal

Komunikasi (Vol. 3).

TribunWOW.com. (2023). Hasil Survei

Elektabilitas Parpol Terbaru Bulan

Maret oleh SMRC, Tiga Partai Alami

Kenaikan Suara.

https://wow.tribunnews.com/2023

/03/20/hasil-survei-elektabilitas-

parpol-terbaru-bulan-maret-oleh-

smrc-tiga-partai-alami-kenaikan-

suara

Yesicha, C. (2012). Pengertian Opini

Publik.

https://chelsyyesicha.staff.unri.ac.i

d/files/2012/03/OP1.pdf

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D.

Alfabeta.

Apjii. (2023). Survei Penggunaan

Internet Di Indoensia.

https://survei.apjii.or.id/

S Subakti, R. (2018). MEMAHAMI ILMU

POLTIK.

Downloads

Published

2024-08-07

Issue

Section

Articles