Strategi Komunikasi KPU Kota Semarang Dalam Mengajak Gen Z Menggunakan Hak Pilih #temanpemilih

Alifa Nur Fitri*  -  Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Siti Rohmah  -  UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Aulia Suminar Ayu  -  Universitas Sebelas Maret, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini membahas peran dan tantangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menghadapi Pemilu 2024 di Indonesia, dengan fokus pada Generasi Z sebagai pemilih dominan. Generasi Z, yang berjumlah 74,94 juta jiwa atau 27,94% dari total penduduk, sangat terhubung dengan teknologi digital dan media sosial. Meskipun ini mempermudah akses informasi, mereka juga rentan terhadap hoaks yang dapat merusak kepercayaan publik terhadap proses pemilu. Tantangan utama KPU adalah mengatasi penyebaran hoaks di media sosial dan merancang strategi komunikasi yang efektif untuk meningkatkan partisipasi politik anak muda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pentingnya literasi politik dan strategi komunikasi yang adaptif pada Pemilu 2014 dan 2019, yang masing-masing mencapai 85,9% dan 91,3%.  KPU Kota Semarang telah menunjukkan keberhasilan dalam menggunakan media sosial dan kampanye kreatif seperti #temanpemilih, yang meningkatkan partisipasi pemilih bahkan dalam situasi pandemi. Penelitian ini menyoroti perlunya KPU terus berinovasi dalam menghadapi perubahan perilaku digital Generasi Z, dengan tujuan utama meningkatkan partisipasi politik generasi muda di Indonesia.

Keywords: Komunikasi, Politik, Kampanye, Strategi

  1. Alfiyani, N. (2018) ‘Media Sosial Sebagai Strategi Komunikasi Politik’, Potret Pemikiran, 22(1). doi:10.30984/pp.v22i1.762.
  2. Annur, C.M. (2019) ‘Survey APJII: Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia Capai 64,8%’, Katadata.co.id, p. 1. Available at: https://katadata.co.id/sortatobing/digital/5e9a51915cd3b/survei-apjii-penetrasi-pengguna-internet-di-indonesia-capai-648.
  3. Ardha, B. (2014) ‘Social Media sebagai Media Kampanye Partai’, Visi Komunikasi, 13(1), pp. 105–120. Available at: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2509937&val=23922&title=SOCIAL MEDIA SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PARTAI POLITIK 2014 DI INDONESIA.
  4. Beriansyah, A. and Qibtiyah, M. (2023) ‘Instagram and Political Literacy Generation Z’, Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 10(1), pp. 134–149. doi:10.36706/jbti.v10i1.20463.
  5. Darmawan, B., Cahyani, N. and Arisanty, M. (2019) ‘Perencanaan Strategi Public Relations Garuda Indonesia Dalam Membangun Kepercayaan Konsumen’, Metacommunication: Journal of Communication Studies, 4(2), p. 249. doi:10.20527/mc.v4i2.6108.
  6. Fitri, A.N. and Bariqlana, M.N. (2021) ‘GROUPTHINK IN POLITICAL PARTICIPATION IN THE 2019 PRESIDENTIAL ELECTION’, 6(1), pp. 57–70. doi:10.18326/inject.v6i1.57-70.
  7. Heath, R.L. (2013) Enciclopedia of Public Relations. 2nd edn. Edited by Singapore. SAGE Publications.inc.
  8. Jiao, Y., Yang, J. and Xu, S. (2013) ‘A Study of the Impact of Social Media Characteristics on Customer Adoption Intention of Social Media’, 2013, the Authors. Published by Atlantis Pres, pp. 1095–1099. doi:10.2991/iaw-sc.2013.252.
  9. Juditha, C. (2018) ‘Hoax Communication Interactivity in Social Media and Anticipation (Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya)’, Journal Pekommas, 3(1), p. 31. doi:10.30818/jpkm.2018.2030104.
  10. kharisma dwira (2014) ‘PERAN PENDIDIKAN POLITIK TERHADAP PARTISIPASI POLITIK PEMILIH MUDA 1 Oleh : Dwira Kharisma 2 ABSTRACK’, Ejournal Unsrat [Preprint].
  11. Macnamara, J. et al. (2016) ‘“PESO” media strategy shifts to “SOEP”: Opportunities and ethical dilemmas’, Public Relations Review, 42(3), pp. 377–385. doi:10.1016/j.pubrev.2016.03.001.
  12. Mulyana, D. (2002) Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
  13. Nuril Hidayah, Muhammad Handar, dan L.S. (2023) ‘Laporan Pemetaan Hoaks Edisi Januari 2022’, Mafindo, pp. 1–21. Available at: https://www.mafindo.or.id/blog/2022/11/15/laporan-pemetaan-hoaks-edisi-januari-2022/.
  14. Nusantara, U.M. (2024) ‘GENERASI Z DALAM PEMILU : POLA BERMEDIA GENERASI Z DALAM PENCARIAN INFORMASI POLITIK GENERATION Z IN ELECTIONS : MEDIA PATTERNS OF GENERATION Z IN POLITICAL INFORMATION SEEKING PENDAHULUAN
  15. Proborini, A. and Nurhidayati, N. (2022) ‘Komunikasi Dan Peranan Kpu Kota Semarang Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pemilihan Serentak 2020’, Reformasi, 12(1), pp. 70–81. doi:10.33366/rfr.v12i1.2838.
  16. Rizkinaswara, L. (2021) ‘Kominfo Blokir 20.453 Konten Terorisme Radikalisme di Media Sosial’, Kominfo, p. 1. Available at: https://aptika.kominfo.go.id/2021/04/kominfo-blokir-20-453-konten-terorisme-radikalisme-di-media-sosial/.
  17. Robert K. Yin (2008) Studi kasus :Desain & Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  18. Roberts, J.A. and David, M.E. (2020) ‘The Social Media Party: Fear of Missing Out (FoMO), Social Media Intensity, Connection, and Well-Being’, International Journal of Human-Computer Interaction, 36(4), pp. 386–392. doi:10.1080/10447318.2019.1646517.
  19. Rogers,Everett (1995) Diffusions of Innovations. Forth Edit. New York: Tree Press.
  20. Satma, N. and Putri, N.E. (2019) ‘STRATEGI KOMUNIKASI KPU KOTA PADANG DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMILU KADA TAHUN 2018’, pp. 191–198.
  21. Septiana, N.Z. et al. (2021) ‘DAMPAK BERITA HOAX PADA MASYARAKAT : STUDI FENOMENOLOGI KELURAHAN NGRONGGO KOTA KEDIRI’, 1, pp. 207–216.
  22. Sosiawan, E.A. and Wibowo, R. (2020) ‘Kontestasi Berita Hoax Pemilu Presiden Tahun 2019 di Media Daring dan Media Sosial’, Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(2), p. 133. doi:10.31315/jik.v17i2.3695.
  23. Studi Ilmu Komunikasi, P. (2020) TREN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SELAMA PANDEMI DI INDONESIA, Jurnal Professional FIS UNIVED.
  24. Suryatni, L.U.H. (2014) ‘Literasi Media dan Pendidikan Demokrasi Dalam Masyarakat Informasi’, Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 6(1), pp. 64–75. doi:10.35968/jsi.v6i1.276.
  25. Utami, P. (2019) ‘Hoax in Modern Politics’, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 22(2), p. 85. doi:10.22146/jsp.34614.
  26. Yuanita, D. (2021) ‘Peran key opinion leader dalam strategi public relations pada komunikasi krisis perusahaan’, PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 6(1), p. 23. doi:10.24198/prh.v6i1.29693.

Open Access Copyright (c) 2024 JPW (Jurnal Politik Walisongo)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 
JPW (Jurnal Politik Walisongo)
Published by Department of Political Science
Faculty of Social and Political Science
Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus III UIN Walisongo Semarang 
https://fisip.walisongo.ac.id/
Email: jpw@walisongo.ac.id

 
ISSN: 2503-3190 (p)
ISSN: 2503-3204 (e)
DOI: 10.21580/jpw

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
View My Stats
Flag Counter
apps