Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Santri Pondok Pesantren

Authors

  • Al Haq Kamal Universitas Alma Ata
  • Nasirothut Thoyyibah Universitas Alma Ata

DOI:

https://doi.org/10.21580/at.v12i1.5330

Abstract

This research is aimed to find out the factors such as the social media, surrounding, intelligence, personality, and individual motivation influenced to entrepreneurship interest of students of Al Munawwir Islamic boarding school, Q complex. This type of research is quantitative descriptive. Data sources in this research are primary data in questionary and secondary data likes the number of student and history of Al Munawwir Islamic boarding school, Q complex, Yogyakarta. Population in this research is female students Al Munawwir Islamic boarding school, Q complex, Yogyakarta. The Sample obtained with sampling quota technique that sample total is 63 students.The result indicate that the social media, intelligence, personality, and individual motivation have positive influence on the entrepreneurial interest of students. Only the environment doesn’t effect the student entrepreneurial interest in the Al Munawwir Islamic boarding school, Q complex, Yogyakarta.

References

Adi, Gunawan, 2003, Kamus Praktis Bahasa Indonesia, Surabaya: Kartika.

Afif N.R. & Budi H, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasisiwa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri, Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, EkoNika Vol. 1, No. 2 September 2016: 153-169

Ahmad, Musnad Ahmad, Juz 3, HR. Ahmad, Nomor 16628.

Alma, Buchari, 2005, Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum, Bandung: Alfabeta.

Amstrong, & Philip Khotler, 2010, Principle Of Marketing, 7th ed, New Jersey: Prentice, hal. Inc.

Anwar, Muhammad,2014,Pengantar Kewirausahaan: Teori dan Aplikasi, Jakarta: Prenadamedia Group.

Arikunto, Suharsimi, 2009, Manajemen Penelitian, Cet. Ke-10, Jakarta: Rineka Cipta.

Assagaf, Lulu, Pengertian Intelegensi,10 Desember, 2010.

As’ad, Moh., 2008, Psikologi Industri. Edisi Revisi, Yogyakarta: Liberty.

Ayuningtias, Hazirah Amaliah, dan Sanny Ekawati, 2015, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanegara, Jurnal Ekonomi, Vol. XX, No. 01.

Azwar, Saifudin, 2010, Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Basrowi, 2014, Kewirauahaan Untuk Perguruan Tinggi, Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Ciputra, 2009, Ciputra Quantum Leap, Jakarta: PT. Gramedia.

Crow, L.D, 2005, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Penerbit Nur Cahya.

Dalyono, M., 2007, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali, 2007, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

D.M., Boyd, dan Ellison Nicole, Social Networking Site: Definition, History, and Scholarship, Journal Of Computer – Mediated Communication, Vol. 13, No. 1

Fatrika et.al., 2009, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wirausaha Mahasiswa Dengan Teknik SEM, Jurnal Matematika, UNAID, Vol. 1 No. 2, Padang: Jurusan Matematika FMIPA, Universitas Andalas.

Fuadi, Hubungan Minat Berwirausaha Dengan Prestasi Praktik Kerja Industry Siswa Kelas XII Teknik Otomotif SMK Negri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal, Jurnal PTM 9 (1) Desember

Ghozali, Imam, 2013, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program (Edisi Ketujuh), Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

─────, 2006, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hadi, Sutrisno, 2000, Seri Program Statistik-Versi 2000, Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Hakim, Rusman, 1999, Kiat Sukses Berwirausaha, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Has, Agus Baskara Zakir, Pengaruh Motivasi, Kepribadian Dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR Vol. 6 No. 1 Tahun 2018 P - ISSN: 2337-652x│E-ISSN:2598-3253

Hastuti, A. Yahya, 2002, 9 Kunci Bisnis Rasulullah SAW & Khadijah RA, Jakarta: Penerbit Kalil.

Hisric, R.D., & Petters Michael P, Entrepreneurship, Fourth Edition, Irwin, USA

Husada, Safarudin, 1996, 36 Profil Wirausaha Sukses Indonesia, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Idri, 2016, Hadis Ekonomi: Ekonomi Dalam Perspektif Hadis Nabi, Cet. Ke-2, Jakarta: Prenada Media Group.

Indoworo, Hawik Ervina, Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Melalui Peran Sosial Media, Jurnal Informatika UPGRIS Volume 2 Nomor 1 Juni 2016.

Jalil, Abdul, M.EI.,2013, Spiritual Enterpreneurship : Transformasi Spiritualitas Kewirausahaan, Cet. Ke-1, Yogyakarta: LKIS Yogyakarta.

Junusi, R. El. (2020). Digital Marketing During the Pandemic Period ; A Study of Islamic Perspective. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2(1), 15–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/jdmhi.2020.2.1.5717

Kertajaya, Hermawan, 2008, New Wave Marketing, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Hatama.

Lambing, Peggy, & Kuehl C.R., 2000, Entrepreneurship, (2nd ed), New Jersey: Prentice_Hal, Inc

Lubis, S.B. Hari, 2014, Kewirausahaan, Cet. Ke-3, Banten: Universitas Terbuka.

Junusi, R. El. (2020). Digital Marketing During the Pandemic Period ; A Study of Islamic Perspective. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2(1), 15–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/jdmhi.2020.2.1.5717

Mubarok, F. K. (2018). Peran sosialisasi dan edukasi dalam menumbuhkan minat investasi di pasar modal syariah. Inovasi, 14(2), 113. https://doi.org/10.29264/jinv.v14i2.4119

Muhamad, 2008, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam: Pendekatan Kuantitatif, Ed. I, Jakarta: Rajawali Pres.

Nelson, G.G. Meredith, R.E., dan P.A. Neck, The Practice Of Entrepreneurship (Kewirausahaan: Teori Dan Praktek), Diterjemahkan Andre Asparsayogi, Jakarta: Pustaka Binawan Pressindo.

Priyanto, Sony Heru, Mengembangkan Pendidikan Kewirasuahaan Di Masyarakat, Andragogia – Jurnal PNFI, Vol. 1. No. 1, November 2009.

Priyono, Susilo, dan M. Soerata P.S., 2005, Kiat Sukses Wirausaha, Jakarta: Palem Pustaka.

Purwanto, 2010, Instrument Penelitian Sosial dan Pendidikan (Pengembangan dan Pemanfaatan), Cet. Ke-2, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siswadi, Yudi, “Analisis Faktor Internal, Faktor Eksternal dan Pembelajaran Kewirausahaan Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha”, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 13,01 April 2013.

Siswanto, Tito, Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah, Jurnal Liquidity Vol. 2 No. 1, Januari-Juni 2013

Siswanto, Agus, 2016, The Power Of Islamic Entrepreneurship: Energi Kewirausahaan Islami, Jakarta: Amzah.

Slameto, 2003, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Subandono, Aris, 2007, Pengaruh Life Skill Diklat Kimia Produktif dan Prestasi Belajar Diklat Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMK Kimia Industry Theresiana Semarang, Semarang: FMIPA-UNES.

Suherman, Eman, 2010, Business Entrepreneur, Cet. Ke-2, Bandung: Alfabeta.

Supardi, dan Anwar, 2004, Dasar-Dasar Perilaku Organisasi, Yogyakarta: UII Press.

Suryaman, Maman, 2006, Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang, Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Suryana, 2014, Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses, Jakarta: Salemba Empat.

Tarmudji, Tarsis, 2006, Prinsip-Prinsip Kewirausahaan, Yogyakarta: Liberty.

Tilaar, H.A. R., 2012, Pengembangan Kreatifitas dan Entrepreneurship Dalam Pendidikan Nasional, Kompas.

Ulfah, Nadhirah, dan Maftukhatusolikhah, 2015,Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Terhadap Minat Wirausaha Kaum Santri Di Pondok Pesantren Ar-Riyadh Palembang, Skripsi UIN Raden Fatah Palembang

Yuliawan, Eko, dan Mbayak Ginting, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Kasus Pada STMIK Mikroskil Medan), Jurnal Wira Ekonomi Mikro Skil, Vol. 2, No. 02, Oktober, 2012.

Downloads

Published

2020-08-03

Issue

Section

Articles