Implementation of transformative da'wah its implications on character education in marginal children
DOI:
https://doi.org/10.21580/jid.v43.1.14635Keywords:
Transformative da'wah, marginal children, character education, Da’wah transformatif, anak-anak marjinal, pendidikan karakterAbstract
Purpose – This study aims to prove that the transformational da'wah carried out by the Bina Insan Kamil Islamic Boarding School Jakarta for marginalized children can impact character education.Method – The method used in this research is a phenomenological method with a qualitative approach. From the phenomenological research, a description of the existing social phenomena is carried out. The primary data source in this study was the result of interviews with the da'wah activists of the Bina Insan Kamil Islamic Boarding School, parents, and marginalized children assisted by the da'wah of the Bina Insan Kamil Islamic Boarding School.Result - The study results show that the transformative da'wah carried out by the Bina Insan Kamil Islamic Boarding School is persuasive, honest work and empowerment adapted to the situation and conditions of marginalized children.Implication – The transformative da'wah carried out by the Bina Insan Kamil Islamic Boarding School has an impact on changing the character of marginalized children. The form of character change is that marginal children look cheerful, enthusiastic, independent, confident, optimistic, and have high fighting power. Empowerment of marginalized children impacts their enthusiasm to study, some return to school, enter Islamic boarding schools, and some are already working. Circles will realize transformative da'wah.Originality – This research is the first study to link the da'wah movement with implications for character changes in marginalized children.***Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa da’wah transformasional yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Bina Insan Kamil Jakarta terhadap anak-anak marjinal dapat memberikan dampak terhadap pendidikan karakter.Metode - Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Dari penelitian fenomenologi tersebut, dilakukan pendeskripsian terhadap fenomena sosial yang ada. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dengan para aktivis da’wah Pondok Pesantren Bina Insan Kamil, orang tua, dan anak-anak marjinal dampingan da’wah Pondok Pesantren Bina Insan Kamil.Hasil - Hasil penelitian menunjukkan bahwa da’wah transformatif yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Bina Insan Kamil bersifat persuasif, kerja nyata dan pemberdayaan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi anak marjinal.Implikasi - Da’wah transformatif yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Bina Insan Kamil berdampak pada perubahan karakter anak marjinal. Bentuk perubahan karakter tersebut adalah anak-anak marjinal terlihat ceria, bersemangat, mandiri, percaya diri, optimis, dan memiliki daya juang yang tinggi. Pemberdayaan anak-anak marjinal berdampak pada semangat belajar mereka, ada yang kembali bersekolah, masuk pesantren, dan ada juga yang sudah bekerja. Lingkaran akan mewujudkan da’wah yang transformatif.Orisinalitas - Penelitian ini merupakan penelitian pertama yang mengaitkan gerakan da’wah dengan implikasi perubahan karakter pada anak-anak yang terpinggirkan.References
Aisyah M. Ali. (2018). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Prenada Media.
Apriliani Nuriani Rachmawati. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Bagi Masyarakat Marjinal, Jurusan Managemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Skripsi, https://repository.uinjkt.ac.id.
Dani Saputra. (2017). Da’wah Trasformatif sebagai alternative, Thesis, IAIN Raden Intan Bandar Lampung. Arsip internet : http://repository.redenintan.ac.id/118/
Deni Purbowati. (2021). Pendidikan Karakter:Pengertian, Nilai, dan Implementasinya. Arsip Internet: https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/pendidikan-karakter-pengertian.
Farida, Hanum dan Arif Rohman. ((2019). Pengembangang Karakter Anak Melalui Model Komunikasi Infromasi Edukasi Pada Masyarakat Marjinal di Kota Yogyakarta. Laporan Penelitian Strategis Nasional. Arsip Internet. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24604.
Fathayatul Husna. (2018). Inovasi Pendidikan Pada Kaum Marjinal. Jurnal Sosiologi USK, 12 (1), 38-54. https://jurnal.unsyiah.ac.id.
Fatma Laili Khoirun Nida. (2017). Kontribusi Da’i dalam membangun kepemimpinan melalui pendidikan Karakter. Tadbir: Jurnal managemen Da’wah. 1(2), https://journal.iainkudus.ac.id.
Fikri Aminudin. (2022). Da’wah dan Masyarakat Marjinal. Arsip Internet: https://www.fikriaminudin.com.
Indrasari Tjandraningsih. (1996). Dehumanisasi Anak Marjinal. Yayasan Akatiga.
Isa Saleh, Adytia Nugroho. (2018). Pentingnya Da’wah Transformatif di Dalam Kehidupan Masyarakat. Jurnal Masjiduna: Jurnal Ilmiah Stidki ar-Rahmah, 1(1), 17-28. https://ejournal.stidkiarrahmah.ac.id/index.php/Masjiduna/articel.
Kaelany H.D. (2000). Da’wah pada kalangan anak Marjinal (Studi Kasus Pemberdayaan Anak-anak jalanan di kawasan tanah abang dan sekitarnya). Laporan Penelitian. Arsip internet: https://lib/ui.ac.id/detail.jsp?id+76582.
Karim, A., Adeni, A., Fitri, F., Fitri, A. N., Hilmi, M., Fabriar, S. R., & Rachmawati, F. (2021). Pemetaan untuk Strategi Dakwah di Kota Semarang Menggunakan Pendekatan Data Mining (Mapping for Da'wah Strategy in Semarang City Using Data Mining Approach). Jurnal Dakwah Risalah, 32(1), 40-55.
Kartika Wulandari. (2022). Pendidikan alternative Untuk Anak-Anak Marjinal, LAM Dinamika; Lembaga Pers Mahasiswa. Arsip Internet: http://klik.dinamika.com.
Kholid Suhaemi, (2018), Paradigma Da’wah Transformatif Pada Lembaga Pendidikan Pesantren, AlQalam, 35(1). 1-16. https://jurnal.uinbanten.ac.id.
Khusnul Khotimah, Siti Nurmahyati. (2020). Da’wah Transformatif Pondok Pesantren Miftahul Huda Kroya dalam Perspektif Perubahan Sosial Religius, 14 (2), 283-295. doi: 10.24090.komunika.v14i2.
Kokom Komalasari, Didin Saripudin. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Rafika Aditama.
Mahfud, Sofiyatun. (2015). Makna Pendidikan Bagi Kaum Marjinal (Studi Tentang Pandangan Tukang Becak di Pasar Sangkapura Bawean). Cendikia; Jurnal Studi Keislaman, 1(1), 16-34. https://www.neliti.com/publications/268449/makna-pendidikan-bagi-kaum-marjinal.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Mega Cahya Dwi Lestari, Narti. (2022). Pola Asuh Orang Tua Kelompok Marjinal Dalam Membentuk Karakter Anak di Jembes Padang Panjang. TILA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2 (2, 324-334. DOI: https://doi.org/10.56874/tila. v2i2.1074.
Meri Sandora. (2020). Konsep Pendidikan Anak Marjinal dalam Perspektif Pendidikan Berbasis Masyarakat. Marwah: Jurnal Perempuan dan Gender, 18 (2), 196-216. Doi: 10.24014/marwah.v18i2.7588 Licence.CC BY.4.0.
Noor Lailatul Hasanah. (2019). Metode Da’wah Transformatif Melalui Living Tilawatil Qur’an. Jurnal an Nida, 11(2), 173-189. https://ejournal.unisnu.ac.id.
Nur Kamilah. (2021). Da’wah Transformatif Menciptakan Karakter Pemuda Islami, (Studi Kasus Majelis Gaul Jember). Jurnal Al-Hikmah, 19(1), 27-38. http://alhikmah.iain-jember.ac.id.
Sayuthi Atman Said, Fina Adhi Pratama. ( 2020 ). Metode Da’wah pada Komunitas Marjinal. Al-Mishbah, 16 (2), 265-282. https://almishbahjurnal.com
Siti Norrdjannah Djohantini. (2012). Strategi Da’wah Trasnformatif ‘Aisyiyah Pada Masyarakat Marjinal. Arsip internet: https://suaraaisyiyah.id
Stefani Kurniati Setiawan. (2018). Komunikasi Interpersonal Antara Relawan dengan anak Marjinal dalam mendorong minat belajar di save street child Pondok Ranji Tangerang Selatan. Jurnal Koneksi, 1(2), 577-564. https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/download/3939/2
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suseno TNR. (2017). Hari Anak, Bocah Marjinal Sulit Tinggalkan Jalalanan. Arsip internet: https://metro.tempo.com
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).