Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo - Indonesia
STRATEGI DAKWAH MASYARAKAT PERKOTAAN: Studi pada MTA di Kota Semarang
This research is about da’wa of Majils Tafsir Alquran (MTA) in Semarang. MTA is Da’wa which did by a group of moslem to persuade other moslems to return to Alquran with understanding, appreciate, and practicing the value from Alquran in their dailly activities. The main problems in this reseacrh consist of: 1. How the dynamic da’wa of MTA in Semarang,2) how the pattern strategy of da’wa MTA in Semarang. This research is descriptive qualitative reserach. The methods of collecting data use three methods, there are observation, documentation, and interview. The conclusion from this research show that da’wa MTA was very dynamis. MTA was start their da’wa in Semarang since 1986 and was develop in Kendal, Pemalang, Kudus, and Jepara. The pattern of da’wa strategy MTA in Semarang there are islamic approach, social approach, and kindship.
***
Penelitian ini mengkaji tentang dakwah Majlis Tafsir Al-Qur’an (MTA) di Kota Semarang. Dakwah MTA adalah dakwah yang dilakukan oleh sekelompok muslim dengan tujuan untuk mengajak umat Islam kembali kepada al-Qur’an dengan penekanan pada pemahaman, penghayatan dan pengamalan al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Pokok masalah yang dikaji dalam penelitian ini terdiri dari; 1) Bagaimana dinamika dakwah MTA di Kota Semarang, 3) Bagaimana pola strategi dakwah MTA Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripstif. Proses pencariaan data melalui tiga cara yaitu observasi, dokumentasi dan awawancara. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa dinamika dakwah MTA merupakan pasang surut suatu kegiatan dakwah yang dilakukan oleh pelaksana dakwah secara kelompok melalui institusi. Dakwah yang dilakukan MTA Kota Semarang dimulai sejak 1986, dan berkembang di wilayah Kendal, Pemalang, Kudus, dan Jepara. Pola strategi dakwah yang dilakukan MTA di Kota Semarang antara lain pendekatan kajian keislaman, pendekatan sosial, dan pendekatan hubungan keluarga..
Keywords: Da'wa, strategy, MTA
- Ahmad, Amrullah, Dakwah Islam dan Perubahan Sosial, (Yogyakarta: PLP2M, 1983).
- Atikson, Rita L, Introduction to Psichologi, (Jakarta: Erlangga, 1983).
- Azis, Abdul, dan Thokhah., (ed), Gerakan Islam Kontemporer di Indonesia, (Jakarta: Diva Pustaka, 2006).
- Azis, Moh. Ali, Ilmu Dakwah, (Jakarta: Kencana, 2009).
- Arsyad, Azhar, Pokok-Pokok Manajemen, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003).
- Adams, Lewis Mulford, Webster’s World University Dictionary, (Washington DC: Publisher Company Inc, 1965).
- Bryson, John M, Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007).
- Daradjat, Zakiyah, Pendidikan Orang Dewasa, Makalah disampaikan pada Seminar “Pendidikan Orang Dewasa”. (PB PGRI Pusat tanggal 29-31 Mei 1980 di Tanjung Karang, 1980).
- Dewan Redaksi Ensiklopedia Islam, Ensiklopedia Islam, (Jakarta: Ichtiar Van Hoeve, 1994).
- Huda dkk, Nurul, Pedoman Majlis Ta’lim, (Jakarta: Proyek Penerangan Bimbingan Dakwah Agama Islam Pusat, 1984).
- Kuncoro, Mudrajad, Strategi :Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif, (Jakarta: Erlangga, 2005).
- Miller, Valeri dan Jane Covey, Pedoman Advokasi; Perencanaan, Tindakan dan Refleksi, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2005).
- Natsir, Muhammad, Fiqhud Da’wah, (Jakarta: Media Dakwah, 2000).
- Pimay, Awaludin, Paradigma Dakwah Humanis: Strategi dan Metode Dakwah Prof. KH. Saifuddin Zuhri, (Semarang: Rasail, 2005).
- Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1984).
- Profil MTA., 2009, diterbitkan pada saat peresmian gedung MTA pusat di Kota Surakarta pada tanggal 8 Maret 2009.
- Surjadi, Dakwah Islam dengan Pembangunan Masyarakat Desa, (Bandung: Mandar Maju, 1989).
- Sanusi, Salahudin, Pembahasan Sekitar Prinsip-Prinsip Dakwah Islam, (Semarang: Ramadhani, 1964).
- Yakub, Ali Mustofa, Sejarah dan Metode Dakwah Nabi, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1997).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.