METODE BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN SHOLAT DHUHA PADA ANAK HIPERAKTIF DI MI NURUL ISLAM NGALIYAN SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.21580/jid.v36.1.1623Keywords:
guidence, counseling, discipline, Hyperactive children.Abstract
This research aimed to describe the characteristics of hyperactive children and analyze methods of Islamic guidance and counseling in instilling discipline of Duha prayer in hyperactive children in MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang. This research is qualitative research. The data source is a teacher as well as a hyperactive child. Methods of data collection using interviews, observation, and documentation. The results showed that hyperactive children have discipline problems in implementing the Duha prayer in congregation. Islamic guidance and counseling methods used to embed discipline of Duha prayer for hyperactive children consisting of four methods: the method of habituation, role model, motivation and supervision.
***
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan karakteristik anak hiperaktif dan menganalisis metode bimbingan dan konseling Islam dalam menanamkan kedisiplinan shalat dhuha pada anak hiperaktif di MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru serta anak hiperaktif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama anak hiperaktif memiliki problem kedisiplinan dalam melaksanakan shalat dhuha berjamaah. Kedua, metode bimbingan dan konseling Islam yang digunakan untuk menanamkan kedisiplian shalat dhuha bagi anak hiperaktif terdiri dari empat metode yaitu metode pembiasaan, metode tauladan, metode nasehat (motivasi), dan metode pengawasan ketika shalat dhuha berjamaah berlangsung.
Downloads
References
Arifin, Pokok-Pokok Pikiran Tentang Bimbingan dan Penyuluhan Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1976
Deiphie,Bandi,Layanan Perilaku Hiperaktif, Klaten: PT. Insani, 2009
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemah , Jakarta: Al-Jumanatul, 2004
Departemen Pendidikan Nasional, RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia,(Edisi Ketiga), Jakarta: Balai Pustaka, 2005
Hamdani, Bimbingan dan Penyuluhan, Bandung: Pustaka Setia, 2012
Hamida, Abu, Indahnya dan Nikmatnya Shalat: Jadikan Shalat Anda Bukan Sekedar Ruku dan Sujud, Bandung: Pustaka Hidayah, 2009
Hurlock, Perkembangan Anak Jilid I, Jakarta: Erlangga, 1989
Imam Abu Zakariya Yahya bin Syarif, An-Nawawi , Terjemahan Riyadhus Shalikin Jilid I, Bandung: Al-Ma’arif, 1987
Jamaludin, Syekh, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja Muslim, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar,2003
MuhaiminAzzeet, Akhad , Bimbingan Konseling di Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2011
Muhammad ibnu Ahmad Al-Ansori, Abdullah, Tafsir Al-Qurtubi, Jakarta: Manshuurah, 2001
MunirAmin, Samsul, Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta: AMZAH, 2010
Quraish Shihab,Muhammad, Tafsir Al-Misbah: pesan, kesan, dan keserasian Al-Quran , Jakarta: Lentera Hati,2008
Rahim, Faqih,Aunur, Bimbingan dan Konseling dalam Islam, Yogjakarta: UI Press, 2001
Rohmah, Elfi Yuliana, Psikologi perkembangan, Ponorogo: STAIN Ponorogo Press, 2005
Samsul Munir, Amin, Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta: AMZAH, 2010
Sutoyo,Anwar, Bimbingan dan Konseling Islam (Teori dan Praktik), Yogyakarta: Pastaka Belajar, 2013
Syekh Jamaludin, Mahfudz,, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja Muslim, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar,2003
Taylor, Erik, Anak yang Hiperaktif, Jakarta: Gramedia, 1992
Tu’u, Tulus, Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta: Grasindo, 2004
Wiramiharjo, Pengantar Psikologi Abnormal, Bandung: PT. Refika Aditama, 2008
Zeviera, Ferdinand, Anak Hiperaktif Cara Cerdas Menghadapi Anak Hiperaktif dan Gangguan Konsentrasi, Yogyakarta: Ar-Ruzza, 2007
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the accepted article shall be assigned to the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to published articles.
In line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.