METODE BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN SHOLAT DHUHA PADA ANAK HIPERAKTIF DI MI NURUL ISLAM NGALIYAN SEMARANG

Hidayatul Khasanah*  -  Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Indonesia
Yuli Nurkhasanah  -  Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Indonesia
Agus Riyadi  -  Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

This research aimed to describe the characteristics of hyperactive children and analyze methods of Islamic guidance and counseling in instilling discipline of Duha prayer in hyperactive children in MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang. This research is qualitative research. The data source is a teacher as well as a hyperactive child. Methods of data collection using interviews, observation, and documentation. The results showed that hyperactive children have discipline problems in implementing the Duha prayer in congregation. Islamic guidance and counseling methods used to embed discipline of Duha prayer for hyperactive children consisting of four methods: the method of habituation, role model, motivation and supervision.

***

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan karakteristik anak hiperaktif dan menganalisis metode bimbingan dan konseling Islam dalam menanamkan kedisiplinan shalat dhuha pada anak hiperaktif di MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru serta anak hiperaktif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama anak hiperaktif memiliki problem kedisiplinan dalam melaksanakan shalat dhuha berjamaah. Kedua, metode bimbingan dan konseling Islam yang digunakan untuk menanamkan kedisiplian shalat dhuha bagi anak hiperaktif terdiri dari empat metode yaitu metode pembiasaan, metode tauladan, metode nasehat (motivasi), dan metode pengawasan ketika shalat dhuha berjamaah berlangsung.

Keywords: guidence, counseling, discipline, Hyperactive children.

  1. Arifin, Pokok-Pokok Pikiran Tentang Bimbingan dan Penyuluhan Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1976
  2. Deiphie,Bandi,Layanan Perilaku Hiperaktif, Klaten: PT. Insani, 2009
  3. Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemah , Jakarta: Al-Jumanatul, 2004
  4. Departemen Pendidikan Nasional, RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia,(Edisi Ketiga), Jakarta: Balai Pustaka, 2005
  5. Hamdani, Bimbingan dan Penyuluhan, Bandung: Pustaka Setia, 2012
  6. Hamida, Abu, Indahnya dan Nikmatnya Shalat: Jadikan Shalat Anda Bukan Sekedar Ruku dan Sujud, Bandung: Pustaka Hidayah, 2009
  7. Hurlock, Perkembangan Anak Jilid I, Jakarta: Erlangga, 1989
  8. Imam Abu Zakariya Yahya bin Syarif, An-Nawawi , Terjemahan Riyadhus Shalikin Jilid I, Bandung: Al-Ma’arif, 1987
  9. Jamaludin, Syekh, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja Muslim, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar,2003
  10. MuhaiminAzzeet, Akhad , Bimbingan Konseling di Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2011
  11. Muhammad ibnu Ahmad Al-Ansori, Abdullah, Tafsir Al-Qurtubi, Jakarta: Manshuurah, 2001
  12. MunirAmin, Samsul, Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta: AMZAH, 2010
  13. Quraish Shihab,Muhammad, Tafsir Al-Misbah: pesan, kesan, dan keserasian Al-Quran , Jakarta: Lentera Hati,2008
  14. Rahim, Faqih,Aunur, Bimbingan dan Konseling dalam Islam, Yogjakarta: UI Press, 2001
  15. Rohmah, Elfi Yuliana, Psikologi perkembangan, Ponorogo: STAIN Ponorogo Press, 2005
  16. Samsul Munir, Amin, Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta: AMZAH, 2010
  17. Sutoyo,Anwar, Bimbingan dan Konseling Islam (Teori dan Praktik), Yogyakarta: Pastaka Belajar, 2013
  18. Syekh Jamaludin, Mahfudz,, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja Muslim, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar,2003
  19. Taylor, Erik, Anak yang Hiperaktif, Jakarta: Gramedia, 1992
  20. Tu’u, Tulus, Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta: Grasindo, 2004
  21. Wiramiharjo, Pengantar Psikologi Abnormal, Bandung: PT. Refika Aditama, 2008
  22. Zeviera, Ferdinand, Anak Hiperaktif Cara Cerdas Menghadapi Anak Hiperaktif dan Gangguan Konsentrasi, Yogyakarta: Ar-Ruzza, 2007

Open Access Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Dakwah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats

 

Indexed by


      

Jurnal Ilmu Dakwah
Published by Faculty of Da'wa and Communication UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +622214085031
https://fakdakom.walisongo.ac.id/
Email: ilmudakwah@walisongo.ac.id

ISSN: 1693-8054 (print)
ISSN: 2581-236X (online)
DOI : 10.21580/jid


This work is licensed under CC Atribution - Non Comercial - ShareAlike 4.0.

 
apps