METODE BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN SHOLAT DHUHA PADA ANAK HIPERAKTIF DI MI NURUL ISLAM NGALIYAN SEMARANG

Authors

  • Hidayatul Khasanah Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo
  • Yuli Nurkhasanah Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo
  • Agus Riyadi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo

DOI:

https://doi.org/10.21580/jid.v36.1.1623

Keywords:

guidence, counseling, discipline, Hyperactive children.

Abstract

This research aimed to describe the characteristics of hyperactive children and analyze methods of Islamic guidance and counseling in instilling discipline of Duha prayer in hyperactive children in MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang. This research is qualitative research. The data source is a teacher as well as a hyperactive child. Methods of data collection using interviews, observation, and documentation. The results showed that hyperactive children have discipline problems in implementing the Duha prayer in congregation. Islamic guidance and counseling methods used to embed discipline of Duha prayer for hyperactive children consisting of four methods: the method of habituation, role model, motivation and supervision.

***

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan karakteristik anak hiperaktif dan menganalisis metode bimbingan dan konseling Islam dalam menanamkan kedisiplinan shalat dhuha pada anak hiperaktif di MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru serta anak hiperaktif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama anak hiperaktif memiliki problem kedisiplinan dalam melaksanakan shalat dhuha berjamaah. Kedua, metode bimbingan dan konseling Islam yang digunakan untuk menanamkan kedisiplian shalat dhuha bagi anak hiperaktif terdiri dari empat metode yaitu metode pembiasaan, metode tauladan, metode nasehat (motivasi), dan metode pengawasan ketika shalat dhuha berjamaah berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Pokok-Pokok Pikiran Tentang Bimbingan dan Penyuluhan Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1976

Deiphie,Bandi,Layanan Perilaku Hiperaktif, Klaten: PT. Insani, 2009

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemah , Jakarta: Al-Jumanatul, 2004

Departemen Pendidikan Nasional, RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia,(Edisi Ketiga), Jakarta: Balai Pustaka, 2005

Hamdani, Bimbingan dan Penyuluhan, Bandung: Pustaka Setia, 2012

Hamida, Abu, Indahnya dan Nikmatnya Shalat: Jadikan Shalat Anda Bukan Sekedar Ruku dan Sujud, Bandung: Pustaka Hidayah, 2009

Hurlock, Perkembangan Anak Jilid I, Jakarta: Erlangga, 1989

Imam Abu Zakariya Yahya bin Syarif, An-Nawawi , Terjemahan Riyadhus Shalikin Jilid I, Bandung: Al-Ma’arif, 1987

Jamaludin, Syekh, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja Muslim, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar,2003

MuhaiminAzzeet, Akhad , Bimbingan Konseling di Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2011

Muhammad ibnu Ahmad Al-Ansori, Abdullah, Tafsir Al-Qurtubi, Jakarta: Manshuurah, 2001

MunirAmin, Samsul, Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta: AMZAH, 2010

Quraish Shihab,Muhammad, Tafsir Al-Misbah: pesan, kesan, dan keserasian Al-Quran , Jakarta: Lentera Hati,2008

Rahim, Faqih,Aunur, Bimbingan dan Konseling dalam Islam, Yogjakarta: UI Press, 2001

Rohmah, Elfi Yuliana, Psikologi perkembangan, Ponorogo: STAIN Ponorogo Press, 2005

Samsul Munir, Amin, Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta: AMZAH, 2010

Sutoyo,Anwar, Bimbingan dan Konseling Islam (Teori dan Praktik), Yogyakarta: Pastaka Belajar, 2013

Syekh Jamaludin, Mahfudz,, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja Muslim, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar,2003

Taylor, Erik, Anak yang Hiperaktif, Jakarta: Gramedia, 1992

Tu’u, Tulus, Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta: Grasindo, 2004

Wiramiharjo, Pengantar Psikologi Abnormal, Bandung: PT. Refika Aditama, 2008

Zeviera, Ferdinand, Anak Hiperaktif Cara Cerdas Menghadapi Anak Hiperaktif dan Gangguan Konsentrasi, Yogyakarta: Ar-Ruzza, 2007

Downloads

Published

2017-08-24

Issue

Section

Articles