Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo - Indonesia
METODE BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN SHOLAT DHUHA PADA ANAK HIPERAKTIF DI MI NURUL ISLAM NGALIYAN SEMARANG
This research aimed to describe the characteristics of hyperactive children and analyze methods of Islamic guidance and counseling in instilling discipline of Duha prayer in hyperactive children in MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang. This research is qualitative research. The data source is a teacher as well as a hyperactive child. Methods of data collection using interviews, observation, and documentation. The results showed that hyperactive children have discipline problems in implementing the Duha prayer in congregation. Islamic guidance and counseling methods used to embed discipline of Duha prayer for hyperactive children consisting of four methods: the method of habituation, role model, motivation and supervision.
***
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan karakteristik anak hiperaktif dan menganalisis metode bimbingan dan konseling Islam dalam menanamkan kedisiplinan shalat dhuha pada anak hiperaktif di MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru serta anak hiperaktif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama anak hiperaktif memiliki problem kedisiplinan dalam melaksanakan shalat dhuha berjamaah. Kedua, metode bimbingan dan konseling Islam yang digunakan untuk menanamkan kedisiplian shalat dhuha bagi anak hiperaktif terdiri dari empat metode yaitu metode pembiasaan, metode tauladan, metode nasehat (motivasi), dan metode pengawasan ketika shalat dhuha berjamaah berlangsung.
Keywords: guidence, counseling, discipline, Hyperactive children.
- Arifin, Pokok-Pokok Pikiran Tentang Bimbingan dan Penyuluhan Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1976
- Deiphie,Bandi,Layanan Perilaku Hiperaktif, Klaten: PT. Insani, 2009
- Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemah , Jakarta: Al-Jumanatul, 2004
- Departemen Pendidikan Nasional, RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia,(Edisi Ketiga), Jakarta: Balai Pustaka, 2005
- Hamdani, Bimbingan dan Penyuluhan, Bandung: Pustaka Setia, 2012
- Hamida, Abu, Indahnya dan Nikmatnya Shalat: Jadikan Shalat Anda Bukan Sekedar Ruku dan Sujud, Bandung: Pustaka Hidayah, 2009
- Hurlock, Perkembangan Anak Jilid I, Jakarta: Erlangga, 1989
- Imam Abu Zakariya Yahya bin Syarif, An-Nawawi , Terjemahan Riyadhus Shalikin Jilid I, Bandung: Al-Ma’arif, 1987
- Jamaludin, Syekh, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja Muslim, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar,2003
- MuhaiminAzzeet, Akhad , Bimbingan Konseling di Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2011
- Muhammad ibnu Ahmad Al-Ansori, Abdullah, Tafsir Al-Qurtubi, Jakarta: Manshuurah, 2001
- MunirAmin, Samsul, Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta: AMZAH, 2010
- Quraish Shihab,Muhammad, Tafsir Al-Misbah: pesan, kesan, dan keserasian Al-Quran , Jakarta: Lentera Hati,2008
- Rahim, Faqih,Aunur, Bimbingan dan Konseling dalam Islam, Yogjakarta: UI Press, 2001
- Rohmah, Elfi Yuliana, Psikologi perkembangan, Ponorogo: STAIN Ponorogo Press, 2005
- Samsul Munir, Amin, Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta: AMZAH, 2010
- Sutoyo,Anwar, Bimbingan dan Konseling Islam (Teori dan Praktik), Yogyakarta: Pastaka Belajar, 2013
- Syekh Jamaludin, Mahfudz,, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja Muslim, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar,2003
- Taylor, Erik, Anak yang Hiperaktif, Jakarta: Gramedia, 1992
- Tu’u, Tulus, Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta: Grasindo, 2004
- Wiramiharjo, Pengantar Psikologi Abnormal, Bandung: PT. Refika Aditama, 2008
- Zeviera, Ferdinand, Anak Hiperaktif Cara Cerdas Menghadapi Anak Hiperaktif dan Gangguan Konsentrasi, Yogyakarta: Ar-Ruzza, 2007
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.