MAU’IDZAH HASANAH DALAM AL-QUR’AN DAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM

Authors

  • Syihabuddin Najih Pondok Pesantren Al-Fadllu Djagalan Kaliwungu Kendal Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21580/jid.v36.1.1629

Keywords:

mau'idzah hasanah, implementation, islamic guidance and counseling

Abstract

Kajian dalam jurnal ini mencoba membedah maksud lafadz mau’idzah hasanah dalam Al-Qur’an yang bertujuan untuk mengetahui implementasinya dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam. Penelitian yang penulis pakai adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan metode tafsir maudu’iy (metode tematik). Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan ayat-ayat yang berkenaan dengan lafadz mau’idzah dalam Al-Qur’an. Pemahaman dari lafaldz mau’idzah menyimpulkan bahwa kesemuaan ayat tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda meliputi empat hal : pelajaran, peringatan, nasehat dan larangan. Mau’idzah hasanah dipahami sebagai salah satu teknik yang disampaikan dengan bentuk nasehat, sehingga implementasi dari mau’idzah hasanah merupakan wujud dari kegiatan dakwah secara langsung. Mau’idzah hasanah dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam memberikan kontribusi yang besar dalam upaya perbaikan diri dan kesadaran beragama bagi individu, dengan adanya penerapan tersebut diharapkan bisa menjadi pijakan dalam bimbingan dan konseling Islam agar pelaksanaannya dapat berlangsung baik dan dapat menghasilkan perubahan-perubahan dengan cara penyampaian yang berakhlakul karimah berdasarkan pedoman Al-Qur’an dan As-Sunnah.

***

The study in the journal is trying to dissect the intent of lafadz mau'idzah hasanah in Qur'an. It has aim to determine the implementation of guidance and counseling in the implementation of Islam. This reseachused qualitative in descriptive method of maudu'iyinterpretation (thematic method). This research was conducted by collecting verses relating to mau'idzahword in the Qur'an. Result of this research conclude that understanding of mau'idzah word concluded that the totality of the verse has a different function consists of four things: a lesson, a warning, advice and restrictions. Mau'idzahhasanah understood as one of the techniques presented in the form of advice, so that the implementation of mau'idzahhasanah is a form of proselytizing activities directly. Mau'idzah hasanah in the implementation of guidance and counseling Islam made a great contribution in improving ourselves and religious awareness for individuals.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, M., Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Agama, (Jakarta: Golden Terayon Press, 1982)

Aripudin, Acep, Pengembangan Metode Dakwah: Respon Da’i Terhadap Dinamika Kehidupan Beragama di Kaki Ciremai, (Jakarta: Rajawali Pers, 2011)

Ash-Shabuni, Syaikh Muhammad Ali, Penerjemah: KH. Yasin, Shafwatut Tafasir, (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, Jilid 2, 2011)

Ash-Shiddieqy, Teungku Muhammad Hasbi, Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nuur, (Semarang, Pustaka Rizki Putra, Jilid 2, 2000)

Ath-Thabari, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir, Penerjemah: Ahsan Askan, Akhmad Affandi, Benny Sarbeni, Anshari Taslim, Tafsir Ath-Thabari, (Jakarta: Pustaka Azzam, Jilid 2, 5, 9, 14, 19, 2007, 2008, 2009)

Az-Zharani, Musfir Bin Said, Konseling Terapi, (Jakarta: Gema Insani, 2005)

Az-Zuhaili, Wahbah, Penerjemah: Muhtadi, Tafsir Al-Wasith, (Jakarta: Gema Insani, Jilid 2, 2013)

Baqi,’Muhammad Fuad Abdul, Al-Mu’jam Al-Mufahros Li Alfadzil Qur’an, (Qahirah: Darelhadith, 2007)

Basith, Abdul, Wacana Dakwah Kontemporer, (Yogyakarta: STAIN Purwokerto Press dan Pustaka Pelajar, 2005)

Gunarsa, Singgih D., Konseling dan Psikoterapi, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1992)

Hamdani, Bimbingan dan Penyuluhan, (Bandung: Pustaka Setia, 2012)

Hamka, Tafsir Al Azhar, (Jakarta: Pustaka Panjimas, 1985)

Ismail, Ilyas dan Hotman, Prio, Filsafat Dakwah: Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011)

Khasanah, Siti Uswatun, Berdakwah dengan Jalan Debat Antara Muslim dan Non Muslim, (Yogyakarta: STAIN Purwokerto Press dan Pustaka Pelajar, 2007)

Ma’arif, Bambang Saiful, Komunikasi Dakwah: Paradigma untuk Aksi, (Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2010)

Machasin, Psikologi Dakwah: Suatu Pengantar Studi, (Semarang: Karya Abadi Jaya, 2015)

Muhyiddin, Asep dan Safei, Agus Ahmad, Metode Pengembangan Dakwah, (Bandung: Pustaka Setia, 2002)

Musnamar, Thohari, dkk, Dasar-Dasar Konseptual Bimbingan dan Konseling Islami, (Yogyakarta: UII Press, 1992)

Pimay, Awaludin, Paradigma Dakwah Humanis: Strategi dan Metode Dakwah Prof. Saifuddin Zuhri, (Semaranag: RaSAIL, 2005)

Prayitno, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)

----------, Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 2001)

Saputra, Wahidin, Pengantar Ilmu Dakwah, (Jakarta: Rajawali Pers, 2011)

Shihab, M. Quraish, Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, (Jakarta: Lentera Hati, Jilid 2, 6, 2002)

Shihab, Umar, Kontekstualitas Al-qur’an: Kajian Tematik Atas Ayat-Ayat Hukum dalam Al-Qur’an, (Jakarta: Penamadani, 2005)

Suparta, Munzier dan Hefni, Harjani, Metode Dakwah, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009)

Supena, Ilyas, Filsafat Ilmu Dakwah: Perspektif Filsafat Ilmu Sosial, (Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2013)

Suryadilaga, Alfatih, Metodologi Ilmu Tafsir, (Yogyakarta: Teras, 2005)

Sutoyo, Anwar, Bimbingan dan Konseling Islami: Teori Dan Praktik, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013)

Syakir, Syaikh Ahmad, Mukhtashar Tafsir Ibnu Katsir, (Jakarta: Darus Sunnah, Jilid 3, 2012)

Downloads

Published

2017-08-24

Issue

Section

Articles