PERAN MEDIA DAKWAH DALAM PEMBANGUNAN MANUSIA

Authors

  • Abdul Manaf Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Kendal

DOI:

https://doi.org/10.21580/jid.v38.2.3870

Keywords:

Media dakwah, media massa dan Pembangunan manusia

Abstract

In human development process, media is needed which will be a channel in the da'wa carried out. Da'wa as an effort to build the existence of human beings is an entry point that supports the success of it. The more suitable the da'wah media used, the more positive and successful the da'wah will be. Conversely, if the preacher is wrong in choosing a channel causing his missionary activity to fail. This brief article highlights the importance of the media as a missionary channel. The results of the analysis in this paper state that mass media as a da'wah channel has positive implications as a da'wa channel. In addition, mass media also has a negative contribution if it is not maximized by its use and errors in the selection of themes in da'wa.

****

Dalam pembangunan manusia dibutuhkan media yang akan menjadi saluran dalam dakwah yang dilakukan. Dakwah sebagai upaya membangun keberadaan diri manusia menjadi sebuah entry point yang mendukung keberhasilan terhadapnya. Semakin sesuai media dakwah yang digunakan, maka akan memberikan makna positif dan keberhasilan atas dakwah yang dilakukan. Sebaliknya, apabila pendakwah salah dalam memilih saluran menyebabkan aktivitas dakwahnya menjadi gagal. Tulisan singkat ini menyoroti tentang pentingnya media sebagai saluran dakwah. Hasil analisa dalam tulisan ini menyatakan bahwa media massa sebagai saluran dakwah mempunyai implikasi positif sebagai saluran dakwah. Selain itu media massa juga mempunyai kontribusi negatif apabila tidak dimaksimalkan penggunaannya dan kesalahan dalam pemilihan tema dalam dakwah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nugroho, Iwan dan Rochmin Dahuri. 2004. Pembangunan Wilayah Prespektif Ekonomi, Sosial dan Lingkungan. LP3ES. Jakarta

Kuncoro, Mudrajat, (2007), Otonomi Dan Pembangunan Daerah, Erlangga, Jakarta

Deddy T. Tikson. 2005. Indikator-indikator Pembangunan Ekonomi. http://ecozon.html. Diakses pada: Senin, 14 Juli 2017.

Riyadi dan Deddy Supriyadi Bratakusumah. 2005. Perencanaan Pembangunan Daerah. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi; Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada; 2008

Kuswandi, Wawan. 1996. Komunikasi Massa Sebuah Analisis: Media Televisi. Rineka Cipta. Jakarta.

Downloads

Published

2019-07-30

Issue

Section

Articles