METODE DAKWAH MENURUT JALALUDDIN RAKHMAT DAN IMPLEMENTASINYA DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM (BKI)

Sri Maullasari*  -  PKBI Kota Semarang

(*) Corresponding Author

In line with the increasingly rapid development of the era, da'wah activities require a precise strategy and a clear concept. For this reason, it is necessary to have a systematic method or method that is used to deliver material or preach messages to mad'u. The author focuses on conducting studies between the methods of da'wah according to Jalaluddin Rakhmat and their implementation in Islamic guidance and counseling because they can be said to be interrelated. According to Jalaluddin Rachmat there are three methods of da'wah, namely: preaching with wisdom (bi al-hikmah), mau'idzah hasanah, and da'wah with good discussion (mujadalah billati hiya ahsan). The da'wah method according to Jalaluddin Rakhmat can be implemented in the guidance and counseling process as an effort to deepen the application of counseling communication skills. Al hikmah can be applied in the initial stages of counseling process trying to understand a client's problems. Mauidzhah hasanah can be applied in the middle stage, which is the stage of work where there will be advice so that clients can find various alternatives to the problems at hand. Mujadalah billati hiya ahsan can be applied in the final stage, namely the action stage which seeks to convince clients of solutions that will be taken independently.

****

Sejalan dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, kegiatan dakwah memerlukan sebuah strategi yang jitu dan konsep yang jelas. Untuk itu perlu sebuah metode atau cara yang sistematis yang  digunakan untuk menyampaikan materi atau pesan dakwah kepada mad’u. Dalam kajian ini penulis fokus untuk melakukan pengkajian antara metode dakwah menurut Jalaluddin Rakhmat dan implementasinya dalam bimbingan dan konseling Islam karena keduanya bisa dikatakan saling berkaitan. Menurut Jalaluddin Rakhmat terdapat tiga metode dakwah, yakni, dakwah dengan hikmah (bi al-hikmah), mau’idzah hasanah, dan dakwah dengan diskusi yang baik (mujadalah billati hiya ahsan). Metode dakwah menurut Jalaluddin Rakhmat dapat diimplementasikan dalam proses bimbingan dan konseling sebagai upaya memperdalam penerapan ketrampilan komunikasi konseling. Al-hikmah dapat diterapkan dalam tahap awal konseling, untuk memahami suatu permasalahan klien. Mauidzhah hasanah dapat diterapkan dalam  tahap pertengahan, yang merupakan tahap kerja dimana akan adanya nasihat-nasihat agar klien bisa menemukan berbagai alternatif atas permasalahan yang dihadapi. Mujadalah  billati hiya ahsan dapat diterapkan dalam tahap akhir, yaitu tahap tindakan (action) yang berusaha untuk menyakinkan klien terhadap solusi yang akan diambil secara mandiri.

Keywords: Metode dakwah; Bimbingan dan Konseling; Islam

  1. Adz-Dzaky, Hamdany Bakran. Konseling dan Psikoterapi Islam. Bandung: Rizky Press. 2000.
  2. Arifin, Isep Zainal. Bimbingan Penyuluhan Islam Pengembangan Dakwah Melalui Psikoterapi Islam. Jakarta : Rajawali Press. 2009.
  3. Arifin. Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Agama, Jakarta: PT. Golden Terayon Press, Jakarta. 1994.
  4. Aripudin, Acep. Pengembangan Metode Dakwah: Respon Da’i Terhadap Dinamika Kehidupan Beragama di Kaki Ciremai. Jakarta: Rajawali Pers. 2011.
  5. Aziz, Moh. Ali. Ilmu Dakwah. Surabaya : Kencana. 2008.
  6. Ma’arif, Ahmad Syafi’i. Membumikan Islam . Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 1995.
  7. Ma’arif, Bambang Saiful. Komunikasi Dakwah: Paradigma untuk Aksi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2010.
  8. Machasin. Psikologi Dakwah : Suatu Pengantar Studi. Semarang: Karya Abadi Jaya. 2015.
  9. Masyhur, Syaikh Mushthafa. Fiqih Dakwah. Jakarta: Al-I’tishom. Jilid 1. 2000.
  10. Mintarsih, Widayat. Konseling Lintas Budaya. Semarang : CV Karya Abadi Jaya. 2015.
  11. Mubarok, Achmad. Al Irsyad an Nafsiy Konseling Agama Teori dan Kasus. Jakarta : Bina Rena Pariwara. 2004.
  12. ---------------------- Psikologi Dakwah. Malang : Madani Press. 2014.
  13. Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Rosda, 2001.
  14. Munir, M. Metode Dakwah. Jakarta: Prenada Media, Cet ke II. 2006.
  15. Musfir bin Said Az-Zahrani. Konseling Terapi. Jakarta : Gema Insani. 2005.
  16. Pimay, Awaludin. Metodologi Dakwah Kajian Teoritis dari Khazanah Al-Qur’an. Semarang : Rasail. 2006.
  17. Psikologi Dakwah Suatu Pengantar, Jakarta: Bumi Aksara. 1993.
  18. Rakhmat, Jalaluddin. Islam Aktual. Bandung : Mizan. 1992.
  19. ------------------------- Islam Alternatif Ceramah-Ceramah di Kampus. Bandung : Mizan. 1986.
  20. Saerozi. Ilmu Dakwah. Yogyakarta : Ombak. 2013.
  21. Saputra, Wahidin. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. 2011
  22. Suhandang, Kustadi. Ilmu Dakwah: Perspektif Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. 2013.
  23. Sukayat, Tata. llmu Dakwah Perspektif Filsafat Mabadi’ Asyarah. Bandung : Simbiosa Rekatama Media. 2015.
  24. Suparta, Munzier dan Harjani Hefni. Metode Dakwah. Jakarta : Prenadamedia Group. 2015.
  25. Sutoyo, Anwar. Bimbingan dan Konseling Islami (Teori dan Praktik). Semarang : Pustaka Pelajar. 2014.
  26. Tasmara, Toto. Komunikasi Dakwah. Jakarta : Gaya Media Pratama. 1997.
  27. Umriana, Anila. Penerapan Ketrampilan Konseling dengan Pendekatan Islam. Semarang : CV. Karya Abadi Jaya. 2015.
  28. Yaqub, Ali Mustafa. Sejarah dan Metode Dakwah Nabi. Jakarta : Pustaka Firdaus. 2000.
  29. Ade Hidayat. Konsep Dakwah Menurut Jalaludin Rahmat (Studi Terhadap Prinsip-Prinsip Komunikasi Dalam Islam). 2016.

Open Access Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Dakwah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats

 

Indexed by


      

Jurnal Ilmu Dakwah
Published by Faculty of Da'wa and Communication UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +622214085031
https://fakdakom.walisongo.ac.id/
Email: ilmudakwah@walisongo.ac.id

ISSN: 1693-8054 (print)
ISSN: 2581-236X (online)
DOI : 10.21580/jid


This work is licensed under CC Atribution - Non Comercial - ShareAlike 4.0.

 
apps